Rekomendasi Novel Bertema Psikologi yang Bisa Menambah Wawasan Anda

Daftar Isi [Tutup]
    Ilustrasi buku novel bertema psikologi (sumber: pojokseni.com)
    PojokReview - Profesi sebagai psikolog, atau praktisi di bidang psikologi, sedang banyak diminati saat ini. Tentunya, mempelajari psikologi atau ilmu yang mempelajari perilaku dan fungsi mental manusia berdasarkan riset ilmiah menjadi hal terpenting untuk menjadi modal.

    Bicara tentang psikologi, tentu tidak lepas dari nama Sigmund Freud, yang merupakan pendiri aliran psikoanalisis yang akhirnya menjadi bapak psikologi dunia. Konsepnya tentang tiga tingkatan kesadaran manusia, yakni sadar atau conscious, prasadar atau preconsicius dan tak sadar alias unconscious menjadi konsep paling terkenal dan dijadikan patokan untuk mengendalikan sebagian besar perilaku manusia.

    Mempelajari psikologi, atau setidaknya mengenal psikologi tentu bisa Anda dapatkan dari buku. Namun, ada beberapa buku fiksi dan sastra (novel) yang bertema psikologi bisa membantu Anda mengenali psikologi manusia yang unik lebih dalam, dengan cerita yang menarik tentunya.

    Berikut beberapa rekomendasi buku fiksi atau novel psikologi yang bisa Anda pertimbangkan.

    Rekomendasi Buku Fiksi atau Novel Psikologi


    All the Bright Places (Jennifer Niven)


    Seorang bernama Theodore Finch kerap terpikir untuk mati bunuh diri, karena sebegitu terobsesi dengan kematian. Cerita ini menjadi menarik ketika Finch bertemu dengan seorang bernama Violet Markey yang depresi dan sangat sedih karena kematian saudaranya.


    Sheila (Torey Hayden)


    Seorang gadis kecil bernama Sheila memiliki IQ di atas 180, alias sangat cerdas. Namun, kecerdasan IQ berdampak pada rendahnya kecerdasan emosional Sheila. Hasilnya, Sheila yang tak pernah menangis meski sangat sedih atau kesakitan sekalipun ini pernah nyaris membunuh seorang anak berusia 3 tahun dengan membakarnya. Buku ini menceritakan perjuangan seorang guru yang mengatasi masalah Sheila ini.


    Man's Search for Meaning (Viktor Frankl)


    Ini adalah sebuah novel otobiografi tentang penulisnya, Viktor Frankl yang merupakan seorang psikiater ternama. Buku ini menceritakan bagaimana seorang Viktor Frankl menyusun dan menemukan teorinya sendiri bernama Logoterapi. Alhasil, buku ini menjadi salah satu pegangan para pecinta dan praktisi psikologi di Amerika.


    Die Therapie (Sabastian Fitzek)


    Ini merupakan buku dengan genre psychothriller yang menceritakan tentang seorang psikiater yang kehilangan anaknya. Ia pergi ke sebuah pulau untuk mengobati rasa kesedihan karena meninggalnya anak perempuannya tersebut. Namun, kedatangannya ke sebuah pulau kecil untuk mengisolasi dan menenangkan diri tersebut justru mempertemukannya dengan seorang perempuan pengidap skizofrenia yang juga menyendiri di pulau terpencil tersebut.


    Silence of the Lambs (Thomas Harris)


    Ini merupakan salah satu novel yang sudah difilmkan dengan tokoh ikonik dr Hannibal Lecter yang jenius namun mengidap sakit kejiwaan, juga seorang kanibal (pemakan sesama manusia). Ia dipenjara karena tindakannya yang sangat berbahaya tersebut. Namun, seorang pekerja magang di FBI dikirim untuk menemuinya, demi meminta pertolongan dari kejeniusannya menyelesaikan sebuah kasus yang sangat rumit.

    Tinggalkan Komentar