Penelitian di Swedia Ini Buktikan Siwak Lebih Manjur Ketimbang Sikat Gigi dan Odol Modern

Daftar Isi [Tutup]
    Siwak Lebih Manjur Ketimbang Sikat Gigi dan Odol Modern
    PojokReview - Banyak yang menganjurkan untuk kembali bersiwak di zaman modern ini. Tentunya akan ada yang berkata, siwak adalah sikat gigi yang jadul, tentunya dianggap "tidak level" bila dibandingkan.

    Tapi, penelitian dari Swedia bertajuk "Comparative Effect of Chewing Sticks (Miswak) and Toothbrushing on Plaque Removal and Gingival Health" yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Department of Cariology and Endodontology, Institute of Odontology, Karolinska Institutet, Huddinge, Sweden justru membuktikan hal yang sebaliknya. (Penelitian ini bisa dilihat di pranala ini https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15643758)

    Penelitian tersebut mengumpulkan 15 orang pria asal Arab Saudi berusia 21 - 36 tahun dan diminta untuk melakukan pembersihan gigi standar di dokter gigi. Setelah dilakukan pembersihan, maka kelompok tersebut dipisahkan, sebagian diminta menyikat gigi dengan sikat gigi dan odol modern, sedangkan kelompok yang lain hanya menggunakan batang miswak alias siwak.

    Apa hasilnya, setelah dilakukan penelitian, para peneliti sepakat bahwa bersiwak justru lebih manjur menjaga kesehatan gigi, ketimbang sikat gigi modern. Penyebabnya adalah, lebih alami. Berikut beberapa kelebihan menggunakan siwak.

    1. Lebih Ampuh Menghindari Gigi Keropos, Berlubang dan Membusuk


    Makanan manis dan mengandung gula akan sangat buruk dampaknya bagi gigi. Enamel gigi bisa hancur, sehingga muncul masalah gigi berlubang. Ketika ada sisa makanan yang tersangkut, maka bakteri berkembang biak lalu membuat gigi keropos, sampai membusuk.

    Siwak mencegah hal tersebut terjadi dengan meningkatkan pembentukan air liur di mulut. Air liur adalah cara paling alami untuk mencegah pembusukan di gigi dan melindungi dari kerusakan dan pembusukan.

    Sedangkan sikat gigi modern menggunakan floride untuk melakukan hal tersebut. Sayangnya, floride memiliki dampak negatif, yakni bisa membuat gigi menjadi keropos.

    2. Membersihkan Plak dan Melindungi Gigi Putih


    Plak adalah hal yang alami terbentuk di gigi. Oleh karena itu, agar plak tidak terbentuk, maka disarankan menyikat gigi dengan teratur. Siwak maupun sikat gigi modern sama-sama berfungsi untuk menghilangkan plak tersebut.

    Namun, siwak melakukannya dengan alami. Natrium klorida, natrium bikarbonar dan kalium oksida adalah zat alami yang dikandung siwak melindungi gigi tetap putih selama proses pembersihan plak.

    Hal berbeda dengan sikat gigi modern. Proses menghilangkan plak akan menjadikan gigi menjadi berwarna kuning. Lebih parah lagi, bisa menyebabkan penyakit gusi.

    3. Membunuh Bakteri dan Mencegah Bau Mulut


    Ada banyak bakteri yang berada di dalam mulut. Total hingga 700 jenis bakteri berada di dalam mulut, namun sebagian bisa berdampak buruk pada gigi, dan sebagian lagi justru membantu proses pencernaan makanan.

    Nah, siwak mampu melawan bakteri jahat dan tetap menjaga bakteri baik tetap berada di mulut. Ditambah lagi, siwak tetap menjaga produksi air liur tetap baik dan tidak kurang. Oleh karena itu, masalah bau mulut karena produksi air liur yang kurang bisa dihindari dengan bersiwak. Ditambah lagi, aroma alami dari siwak membantu memberikan aroma yang segar bagi mulut.

    4. Menahan Rasa Sakit


    Bila Anda sedang sakit gigi, justru menyikat gigi akan membuat Anda semakin nyeri. Tapi, tidak dengan bersiwak. Karena kandungan sifat alami di dalam siwak terbukti bersifat analgesik. Dengan demikian, ketika ada peradangan, nyeri gusi atau sakit gigi, rasa sakitnya bisa dikurangi bahkan hilang.

    5. Berfungsi Ganda


    Siwak tidak hanya berfungsi sebagai sikat gigi, tapi juga sekaligus sebagai odolnya. Tidak hanya itu, dengan serat-serat alaminya, siwak juga berfungsi sebagai dental floss. Ditambah lagi, karena mampu menghilangkan bau mulut, maka siwak juga berfungsi sebagai penghilang bau mulut. Maka ada berapa produk modern yang bisa dihemat menjadi satu produk dengan siwak?

    Namun, agar lebih mendapatkan manfaat alami dari Siwak, maka gunakan siwak yang sebenarnya. Bukan odol yang mengandung siwak, yah. Sebelumnya, simak dulu rekomendasi produk siwak terbaik versi PojokReview berikut ini.

    Rekomendasi Produk Siwak Terbaik dan Murah


    Kayu Siwak Miswak Original Pakistan


    Produk satu ini sangat pas untuk Anda memulai sunnah membersihkan gigi dengan siwak sebagaimana yang dilakukan Rasulullah SAW. Siwak ini mampu membunuh bakteri, mencegah infeksi, menghentikan pendarahan pada gigi dan memebrsihkan gigi. Lebih menarik lagi, karena ada kandungan vitamin C alami di siwak ini.

    Produk impor dari Pakistan ini bisa Anda dapatkan dengan harga per batangnya Rp 6.500 saja.


    Kayu Siwak Al Fazal Original Product 60pcs - Al Fazal Miswak 1Box


    Siwak yang satu ini dijual per kotak berisi 60 batang. Satu batang memiliki panjang kurang lebih 15 hingga 20 cm dan diameternya hanya 1 - 2 cm.

    Anda bisa mendapatkan satu kotak Siwak Al Fazal ini seharga Rp 125.500 saja.


    Siwak Holder Kayu Sewak Al khoir Siwak Miswak


    Berikutnya, yang direkomendasikan oleh PojokReview adalah Siwak Holder Kayu Sewak Al khoir Siwak Miswak. Produk satu ini dilengkapi dengan holder (pemegang) dan penyimpanan langsung. Panjang siwak dari produk satu ini adalah 15 hingga 18 cm.

    Dapatkan produk ini per batangnya Rp 9.500.


    Kayu Siwak Plus Holder atau Wadah Original Impor Pakistan Sewak Us Sunnah Miswak Zehbi Al Khair Huda


    Rekomendasi siwak berikutnya adalah Kayu Siwak Plus Holder atau Wadah Original Impor Pakistan Sewak Us Sunnah Miswak Zehbi Al Khair Huda. Satu bungkusnya berisi satu batang siwak yang dilengkapi wadah sekaligus holdernya sehingga bisa dibawa dan tetap bersih.

    Produk ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 12.500 per bungkusnya.

    Tinggalkan Komentar