Rekomendasi SSD Terbaik untuk Kinerja Komputer yang Lebih Optimal

HDD dan SSD, mana yang lebih optimal? (sumber foto: Konekinlah)

PojokReview - Untuk media penyimpanan keras (harddisk) di komputer atau laptop, dikenal ada dua jenis, yang pertama adalah HDD, singkatan dari harddisk drive. Kedua adalah SSD singkatan dari Solid State Drive/Disk. Apa perbedaannya?

Perbedaan antara HDD dan SSD terletak pada teknologi yang digunakan. Bila HDD menggunakan piringan, maka SSD sudah tidak lagi. HDD yang melakukan proses secara mekanik, memiliki sejumlah alat-alat di dalamnya. Sedangkan SDD, justru seperti flash disc, hanya berisi microchip dan sekumpulan memori.

Oleh karena itu, ukuran SDD juga lebih kecil ketimbang HDD, sehingga lebih efektif untuk dipasang di laptop, hingga tablet.

Pernahkah Anda mendapatkan masalah ketika membawa harddisk lalu terjatuh, kemudian harddisk tersebut rusak dan semua data hilang? Nah, hal tersebut tidak mudah terjadi di SSD. Meski terguncang, sampai jatuh, SSD masih memiliki kemungkinan untuk diperbaiki dan diambil datanya.

Ukurannya yang lebih kecil, kinerja yang lebih kuat dan optimal tentunya menjadikan SSD memiliki harga yang lebih mahal ketimbang HDD. Tapi, untuk kecepatan kerja yang fantastis untuk komputer Anda, tentunya SDD terbaik dengan harga terjangkau bisa Anda pertimbangkan.

Rekomendasi SDD Terbaik dengan Harga Termurah


DL SSD Crucial P1



SSD terbaik dengan harga termurah pertama adalah DL SSD Crucial P1. Dengan kapasitas 1 TB, dan fitur interface PCIe Gen, menjadikan kecepatan SSD ini mencapai 2000mb per detik.

Daya tahan SSD ini diklaim mencapai 40 tahun, loh. Harganya juga terjangkau, bisa Anda dapatkan dengan budget mulai dari Rp 1.750.000.


Adata XPG SX8200 Pro 1 TB



Rekomendasi SDD berikutnya adalah Adata XPG SX8200 Pro 1 TB. Yah, dengan dukungan ruang penyimpanan super luas, 1 terabyte, menjadikan kinerja komputer menjadi lebih aman. Ukurannya yang kecil, menjadikan SDD ini mudah dibawa ke mana saja.

Tapi, meski kecil, jangan ragukan kinerja produk yang hanya memiliki berat 8 gram ini. Kecepatan kerja read/write-nya sampai 3500mb per detik.


SSD Pioneer 960GB



Ini salah satu SSD dengan ruang penyimpanan hingga 1TB. Didukung dengan interface SATA 3.0 menjadikan kecepatan membaca dan menulis datanya mencapai 550mb/s.

Apalagi dengan desainnya yang ringkas, ditambah lagi dengan kapasitasnya mencapai 1TB, tentunya sangat mendukung kinerja Anda, bukan? Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 1.500.000.


WD Black 3D 500GB



SSD berikutnya adalah WD Black 3D 500 GB yang memiliki kinerja yang cepat, mencapai 560mb/s dengan kapasitas 500GB.

Ukurannya kecil, dengan dukungan interface SATA 6GB menjadikan Anda bisa mengerjakan tugas dengan multitasking di komputer Anda.

No comments:

Powered by Blogger.