Bagaimana Bila Tidak Ada Lagi Orang Miskin di Dunia?

Daftar Isi [Tutup]
    Komik Donald Bebek
    Komik Donald Bebek
    Sebuah cerita menarik di komik Donald Bebek, adalah ketika gudang uang milik pamannya, Paman Gober yang diangkat ke udara lalu semua uangnya terjatuh. Maka, hujan uang terjadi di seluruh kota.

    Hasilnya, tidak ada orang miskin di kota tersebut, semuanya kaya. Semuanya punya banyak uang.

    Lalu, Donald Bebek bertanya pada pamannya, apakah ia merasa rugi?

    Paman Gober sempat pusing sebentar, lalu menjawab "tenang, semua uang itu nantinya akan kembali dengan cepat."

    Paman Gober justru meminta Donald Bebek dan Trio Kwek-Kwek kembar tiga yang nakal itu untuk bercocok tanam. Mereka menanam jagung, wortel dan sayur mayur. Entah apa yang terjadi, Paman Gober yang sebegitu cinta dengan uangnya justru tenang-tenang saja.

    Satu kota sudah berisi orang kaya. Tidak ada satupun orang miskin di kota itu, dan semuanya sekarang kebanyakan uang. Beberapa penduduk kota mulai berpikir untuk membeli sepeda motor.

    Namun ketika mereka ke dealer, ternyata tutup. Pemilik dealer itu sudah tidak mau lagi bekerja, karena toh uangnya terlalu banyak. Ia dan orang-orang yang sudah punya motor, memilih untuk membeli mobil.

    Yah, toko atau dealer mobil semuanya tutup. Pemiliknya, pekerjanya dan tukang bersih-bersihnya sekalipun, semuanya sudah tidak mau bekerja. Uang mereka sudah terlalu banyak. Mereka justru sedang mencari mobil mewah.

    Toko yang menjual mobil mewah, bahkan toko apapun sudah tutup. Mini market terpaksa tutup karena para pekerjanya memilih berhenti bekerja yang melelahkan itu. Mereka sudah punya banyak uang.

    Maka tidak butuh waktu lama, kota itu malah menjadi seperti kota yang mati. Tidak ada yang pergi bekerja, tidak ada toko yang buka dan tidak ada apa-apa di jalanan. Semua memilih santai dan tidur di rumah.

    Sementara itu, kebun yang ditanam Paman Gober dan Donald Bebek sudah mulai panen. Paman Gober menjual hasil kebunnya, dan menjadi satu-satunya orang yang "masih bekerja" dalam situasi tersebut.

    Apa hasilnya? Yah, seluruh kota berdatangan ke sana dan membeli hasil kebun Paman Gober. Karena mereka butuh makanan, sedangkan petani dan penjual lainnya sudah lama berhenti bekerja. Mereka terus berbelanja di tempat paman Gober sampai akhirnya uang mereka habis dan mereka terpaksa kembali bekerja.

    Apa yang terjadi ketika uang mereka habis, dan kembali "miskin"? Kota perlahan-lahan kembali menjadi seperti biasa.

    Sesimpel itu ceritanya, tapi apa yang bisa kita ambil kesimpulan?

    Komik Donald Bebek
    Komik Donald Bebek (sumber Bukalapak)

    Pertama, dunia akan seimbang bila ada pasangan. Miskin dengan kaya, sehat dengan sakit dan sebagainya. Maka jangan percaya bila ada seorang calon pemimpin yang mengatakan "akan membasmi kemiskinan"

    Kedua, apa yang lebih merisaukan ketimbang semua harta hilang dalam sekejap? Tapi, yang dilakukan oleh Paman Gober adalah murni bisnis. Ia menganggap semua uang yang dibuangnya adalah "modal" dan berpikir bagaimana cara modalnya kembali dengan cepat. Beserta keuntungannya tentu.

    Ketiga, apa yang terjadi bila kita semua menjadi orang kaya? Tidak ada yang miskin di antara kita? Maka tidak ada lagi pekerjaan, karena tidak ada orang yang bisa dipekerjakan. Hal itu akan membuat keadaan kota justru mirip seperti kotanya Paman Gober, menjadi kota mati.

    Keempat, yah, pesan dan motivasi yang paling baik justru bisa kita dapatkan dari sebuah cerita. Kata-kata motivator kadang-kadang bisa menjerumuskan, tapi mengambil makna di balik sebuah cerita bisa menjadi inspirasi yang sangat baik.

    Tentu ada yang ingat dengan cerita dari komik Donald Bebek tersebut bukan? Ada banyak pesan lainnya, mulai dari motivasi diri, tips ekonomi, sosial, lingkungan dan sebagainya disematkan di dalam komik yang lucu dan menghibur tersebut.

    Bila Anda tertarik ingin bernostalgia dengan komik Donald Bebek ini, Anda bisa mencoba mencari dan membeli komik-komik ini lagi, di toko buku, maupun toko online.

    Tinggalkan Komentar