Klasifikasi Kemampuan Water Resistant Pada Jam Tangan dan Rekomendasi Produk


pojokreview - Jam-jam original tentunya menyematkan fitur ketahanan terhadap air (water resistant) yang akan dituliskannya di bagian belakang case arloji. Kemampuan water resistant tersebut diuji dengan tekanan statik dan menunjukkan hasil seberapa tahan jam tersebut dengan air.

Dari uji tersebut, akan muncul hasil berupa keterangan dalam meter, atmosfer dan bar. Paling kecil adalah 3 Bar yang berarti 3 atmosfer (ATM) atau 30 meter.

Namun, bukan berarti dengan tekanan 30 meter berarti Anda bisa membawanya menyelam hingga 30 meter. Berikut keterangan atau klasifikasi dari water resistant di jam tangan.

1. 3 ATM/3 Bar/Water Resistant 30 Meter


Bila jam tangan Anda memiliki keterangan seperti di atas, berarti jam tangan Anda hanya tahan percikan air. Maka jam tangan satu ini tidak bisa dipaksakan untuk menerima tekanan air yang lebih berat.

Mungkin jam tangan jenis ini akan baik-baik saja, ketika Anda kehujanan dan menggunakan payung, lalu jam tangan Anda terciprat air yang memantul dari baju atau payung. Tapi bila menerima derasnya hujan secara langsung, tentu saja itu berisiko.

2. 5 ATM/5 Bar/Water Resistant 50 Meter


Bila jam tangan Anda memiliki keterangan seperti di atas, berarti jam tangan Anda bisa digunakan untuk berenang, terkena paparan air yang minimal. Tapi, usahakan itu tidak terlalu sering dan tidak terlalu lama durasinya.

Keterangan 50 meter water resistant tentunya bukan berarti Anda bisa membawanya menyelam. Itu terlalu berisiko dan bisa merusak jam tangan Anda.

3. 10 ATM/10 Bar/Water Resistant 100 Meter


Bila keterangan di jam tangan Anda seperti di atas, maka berarti jam tangan tersebut bisa digunakan untuk menyelam di permukaan (snorkeling) bukan menyelam di kedalaman (diving). Jam tangan ini akan oke-oke saja terpapar hujan, digunakan berenang dan snorkeling.

Tapi, tingkat kedalaman menyelam hanya di permukaan saja, alias di sekitaran pantai. Untuk menyelam lebih dari 10 meter, tentunya sebaiknya dihindari karena bisa merusak jam tangan.


4. 20 ATM/20 Bar/Water Resistant 200 Meter


Jam tangan ini cukup mumpuni untuk menyelam, namun sebaiknya maksimal kedalaman adalah 10 meter. Akan lebih baik bila hanya digunakan untuk snorkeling saja.

5. 30 ATM/30 Bar/Water Resistant 300


Ini adalah jam tangan yang pas untuk digunakan menyelam. Maka digunakan untuk berenang dan snorkeling tidak akan memberi masalah yang serius pada jam tangan ini. Meski sudah banyak pihak khususnya brand yang menyebut bahwa jam tangan ini bisa digunakan untuk menyelam, namun kemampuannya belum memenuhi standar yang ditentukan ISO 6425.

Berarti, untuk menghindari hal yang buruk, Anda jangan gunakan untuk menyelam lebih dari 10 meter.

6. Diver/ISO 6425


Ini adalah pilihan jam tangan yang sangat tepat untuk para penyelam. Jam tangan satu ini sudah memenuhi standar ISO 6425 sehingga bisa digunakan oleh para penyelam.

Tingkat kedalamannya biasanya akan tertulis di bagian belakang case jam.

Rekomendasi 5 Jam dengan Water Resistant Terbaik

Victorinox Swiss Army I.N.O.X Professional Diver


Jam tangan satu ini sudah diperkuat dengan fitur water resistant 200 meter atau 20 ATM/20 Bar. Dengan demikian, jam tangan ini memang ditujukan untuk bertarung di alam bebas, bahkan untuk snorkeling dan diving.

Kekuatan dari jam tangan ini juga berada di materialnya yang terbuat dari bahan-bahan yang kuat sehingga lebih tahan lama.


Nixon 51-30 Chrono


Produk pertama yang direkomendasikan adalah jam tangan dari Nixon. Brand jam tangan asal Amerika Serikat ini memang sering memperkenalkan jam tangan yang kuat ketahanan terhadap air, namun desainnya juga keren.

Salah satunya adalah Nixon 51-30 Chrono. Produk satu ini diperkuat dengan fitur Water Resistant 300 meter atau 30 ATM/30 Bar. Dengan demikian ketahanannya terhadap air sangat mumpuni. Tidak salah bila penyelam, scubadiving, adventure di alam bebas sampai diver sekalipun banyak yang menggunakan jam tangan ini.


G-Shock G-9300


Produk Selanjutnya adalah G-Shock, yang semua produknya memang didesain untuk berada di aktivitas berat, dan berkemungkinan besar membuat jam tangan Anda terpapar air.

Salah satu produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah G-Shock Mudman G-9300. Produk satu ini memiliki water resistant hingga 200 mater atau 20 ATM/20 Bar. Dengan demikian, produk jam tangan satu ini sangat pas untuk digunakan oleh Anda yang suka memancing, atau naik speedboat dan berenang.

Fitur lainnya adalah menyerap tenaga surya. Jadinya, ketika terpapar matahari, jam tangan ini akan mengisi baterainya menggunakan tenaga dari surya tersebut.

No comments:

Powered by Blogger.