close

Sunday, May 31, 2020

author photo
Tips Menyusun Efek Gitar Sendiri untuk Pemula
Tips Menyusun Efek Gitar Sendiri untuk Pemula
pojokreview - Anda sedang mulai belajar gitar elektrik, atau malah sudah memulai karir sebagai gitaris? Selain gitar, tentunya Anda memerlukan satu hal lagi untuk mendukung musik terbaik Anda di atas panggung, yakni efek gitar.

Nah, efek yang biasa digunakan oleh gitaris-gitaris ternama di Indonesia adalah efek digital dengan banyak pilihan suara. Ditunjang pula dengan sound yang baik, dan tentunya gitar yang berkualitas baik pula. Tapi, bila Anda adalah pemula dan memiliki budget terbatas, ada tips untuk menyusun efek gitar Anda sendiri yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Pertama, Anda bisa membeli efek pedal. Efek pedal ini (sering pula disebut dengan nama efek kodok) adalah jenis efek satu suara. Jadi, bila gitar tanpa efek adalah clean, ditambah efek ini memiliki suara lain. Ada pengaturan tertentu di efek tersebut yang bisa Anda setting sendiri untuk mendapatkan suara terbaik.
  • Kedua, dapatkan lebih dari satu efek pedal. Efek pedal terbaik harganya tinggi, tapi untuk kualitas sedang harganya masih cukup terjangkau, bahkan di bawah Rp500.000-an. Anda bisa menabung untuk membeli efek pedal yang lainnya. Tentunya, efek gitar yang Anda mesti miliki selanjutnya adalah efek gitar yang berbeda. 

Misalnya bila efek yang Anda beli pertama adalah jenis efek distorsi (distortion) mungkin efek selanjutnya adalah jenis overdrive, atau mungkin jenis flanger dan sebagainya.

  • Ketiga, tambahkan dengan pedal wah. Pedal satu ini mesti Anda miliki untuk menciptakan suara yang unik di musik Anda. Apalagi berpadu dengan efek flanger, atau reverb atau juga delay, tentu akan lebih mengesankan.
  • Keempat, setelah memiliki beberapa efek pedal dan wah, satukan di atas pedalboard. Ada beberapa produk pedalboard yang berukuran cukup kecil, standarnya 35 x 15 cm dan bisa menampung sekitar 5 efek.
  • Kelima, beli tambahan kabel jumper efek. Ada jenis kabel jumper yang berukuran lebih pendek untuk menyatukan antara efek dan efek lainnya. 
  • Keenam, susun dengan baik dan jangan lupa colokan untuk adaptornya. Karena efek tentunya tidak bisa menyala tanpa adaptornya. Kecuali bila bisa menggunakan baterai.


Produk di atas ini rata-rata dijual mulai dari Rp155.000. Harga yang murah, cocok bila Anda adalah pemula yang baru mencari karakter suara yang paling tepat untuk Anda. Produk-produk tersebut bisa Anda beli di Shopee, atau klik link di bawah ini:




Nah, efek Anda sudah siap dan let's rock the stage!

Baca artikel cara menyusun efek gitar stompbox dengan susunan klasik di artikel berikut ini: Merangkai Efek di Pedal Board dengan Susunan Klasik

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post