Tips Menyusun Efek Gitar Sendiri untuk Pemula

Tips Menyusun Efek Gitar Sendiri untuk Pemula
Tips Menyusun Efek Gitar Sendiri untuk Pemula
pojokreview - Anda sedang mulai belajar gitar elektrik, atau malah sudah memulai karir sebagai gitaris? Selain gitar, tentunya Anda memerlukan satu hal lagi untuk mendukung musik terbaik Anda di atas panggung, yakni efek gitar.

Nah, efek yang biasa digunakan oleh gitaris-gitaris ternama di Indonesia adalah efek digital dengan banyak pilihan suara. Ditunjang pula dengan sound yang baik, dan tentunya gitar yang berkualitas baik pula. Tapi, bila Anda adalah pemula dan memiliki budget terbatas, ada tips untuk menyusun efek gitar Anda sendiri yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Pertama, Anda bisa membeli efek pedal. Efek pedal ini (sering pula disebut dengan nama efek kodok) adalah jenis efek satu suara. Jadi, bila gitar tanpa efek adalah clean, ditambah efek ini memiliki suara lain. Ada pengaturan tertentu di efek tersebut yang bisa Anda setting sendiri untuk mendapatkan suara terbaik.
  • Kedua, dapatkan lebih dari satu efek pedal. Efek pedal terbaik harganya tinggi, tapi untuk kualitas sedang harganya masih cukup terjangkau, bahkan di bawah Rp500.000-an. Anda bisa menabung untuk membeli efek pedal yang lainnya. Tentunya, efek gitar yang Anda mesti miliki selanjutnya adalah efek gitar yang berbeda. 

Misalnya bila efek yang Anda beli pertama adalah jenis efek distorsi (distortion) mungkin efek selanjutnya adalah jenis overdrive, atau mungkin jenis flanger dan sebagainya.

  • Ketiga, tambahkan dengan pedal wah. Pedal satu ini mesti Anda miliki untuk menciptakan suara yang unik di musik Anda. Apalagi berpadu dengan efek flanger, atau reverb atau juga delay, tentu akan lebih mengesankan.
  • Keempat, setelah memiliki beberapa efek pedal dan wah, satukan di atas pedalboard. Ada beberapa produk pedalboard yang berukuran cukup kecil, standarnya 35 x 15 cm dan bisa menampung sekitar 5 efek.
  • Kelima, beli tambahan kabel jumper efek. Ada jenis kabel jumper yang berukuran lebih pendek untuk menyatukan antara efek dan efek lainnya. 
  • Keenam, susun dengan baik dan jangan lupa colokan untuk adaptornya. Karena efek tentunya tidak bisa menyala tanpa adaptornya. Kecuali bila bisa menggunakan baterai.

Nah, efek Anda sudah siap dan let's rock the stage!

Rekomendasi Produk Efek Gitar dan Perlengkapannya Berkualitas Murah


1. Efek delay


Produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah Shiny Classic Delay Guitar Effect Pedal Record Bypass. Produk ini dijual seharga Rp390.000.


2.Efek Distorsi



Produk yang bisa Anda coba adalah CBM Musik - Efek Gitar Joyo Jf-17 Extreme Metal Original. Produk ini dijual seharga Rp430.000.


3. Efek Overdrive


Untuk overdrive, Anda bisa mempertimbangkan Caline CP-43 Pegasus Overdrive Distortion. Produk ini dijual seharga Rp780.000.


4. Efek Fuzz


Ingin menambahkan efek fuzz di deretan efek Anda, Anda bisa mempertimbangkan Shiny Cuvave Fuzz Guitar Effect Pedal True Bypass. Produk ini dijual seharga Rp456.500.


5. Pedal Wah


Untuk pedal wah, Anda bisa mencoba produk Guitar Stereo Volume Pedal Guitar Effect Pedal 4 Chanel. Produk ini dijual seharga Rp1.093.500.


6. Pedalboard


Tentunya untuk menyusun efek-efek di atas, Anda membutuhkan pedalboard atau papan pedal. Salah satu yang harganya terjangkau namun berkualitas dan bisa Anda pertimbangkan adalah Pedalboard Flat Board Efek FB-1. Produk satu ini dijual seharga Rp220.000.


7. Kabel Jumper


Untuk menyatukan efek pedal di atas, Anda membutuhkan kabel jumper. Kabel jumper murah namun berkualitas baik yang bisa Anda coba adalah Kabel Jumper Efek Gitar 50cm Canare. Produk ini dijual seharga Rp38.000 saja.

No comments:

Powered by Blogger.