Kain Tenun Sengkang, Kain Indah khas Bugis yang Sedang Populer

Kain tenun sengkang (sumber: serempak.id)

PojokReview - Kain tenun Sengkang adalah kain tenun yang berasal dari Sengkang, Sulawesi Selatan. Awalnya, daerah sekitaran Sengkang khususnya Kabupaten Wajo memiliki beberapa desa yang punya banyak penenun handal.

Para penenun inilah yang kemudian memproduksi sejumlah kain tenun sengkang dengan warna yang indah dan motif garis-garis yang khas. Wajar saja, karena daerah tersebut mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani ulat sutera dan pengrajin tenun sutra. Bahkan ada anggapan bagi suku Bugis, bahwa mereka akan kurang sempurna menjadi Bugis bila tidak pandai menenun.

Jadinya, kain tenun Sengkang terus ada sejak dulu hingga saat ini. Kain tenun sengkang biasa digunakan saat hajatan, hari raya dan sebagainya di daerah asalnya. Namun, bagaimana ceritanya kain satu ini bisa begitu populer di seluruh Indonesia saat ini?

Kain Tenun Sengkang: Oleh-oleh Khas Sulsel dan Masuk TV


Semua bermula ketika Provinsi Sulawesi Selatan melakukan promosi gencar untuk peningkatan pariwisata daerahnya. Saat itu, kain tenun yang sudah menjadi tradisi sejak ratusan tahun silam tersebut juga menjadi salah satu ikon wisata Sulsel.

Kain tenun Sengkang (sumber: Detik.com)
Alhasil, kain ini menjadi oleh-oleh khas Sulsel yang mesti dibawa pulang bila berkunjung ke sana. Hal itu membuat kain tenun satu ini mulai dikenal oleh banyak orang dari luar Sulsel bahkan dari luar Sulawesi. Berikutnya, sejumlah turis dari mancanegara juga mengetahui kain indah satu ini.

Ada makna tertentu terkait setiap motif di kain ini. Semua motif tersebut benar-benar khas, meski beragam. Ada motif Cobo, Makkalu, Balo tettong, Balo Renni, aksara Bugis dan ukiran khas Tana Toraja. Semuanya menggunakan benang sutera dengan warna-warni yang terang.

Ada juga yang membedakan mana motif untuk pria, juga perempuan. Termasuk membedakan mana yang lajang dan menikah.

Sampai akhirnya, ketika pandemi ini bermula maka siswa sekolah seluruh Indonesia diarahkan untuk belajar di TV. Nah, ada acara bertajuk belajar dari rumah yang disiarkan di TVRI memuat profil kain tenun sengkang ini. Maka dari situ, kain tenun sengkang kembali menjadi buah bibir banyak orang.

Nah, bila Anda kebetulan berkesempatan berkunjung ke Sulsel khususnya ke Sengkang, maka jangan lupa untuk membawa pulang kain tenun Sengkang ini sebagai oleh-oleh, yah.

No comments:

Powered by Blogger.