Tips Upgrade Gitar Murah Jadi Lebih Gahar

Tips Upgrade gitar murah jadi lebih gahar


PojokReview - Ada dua cara untuk mendapatkan gitar listrik terbaik dengan suara yang berkualitas tinggi. Pertama, beli gitar original dengan brand terpercaya seperti Ibanez, Yamaha, dan sebagainya. Rata-rata harganya di atas Rp3 jutaan sampai ada yang belasan juta.

Tapi, ada cara lain agar Anda bisa mendapatkan suara terbaik dari gitar Anda. Bila Anda membeli gitar murah, maka cara yang digunakan adalah upgrade gitar Anda. Spare part gitar elektrik tentunya dijual di mana-mana, jadi Anda bisa upgrade gitar Anda menjadi lebih gahar.

Nah, kali ini yang akan diulas adalah cara kedua. Membeli gitar yang murah lalu perlahan-lahan upgrade sampai menjadi gitar dengan suara yang mumpuni.

1. Beli Gitar Murah, Bukan Murahan



Membeli gitar murah, bukan berarti gitar murahan. Hindari membeli gitar "kw" alias palsu. Lebih baik membeli gitar dari brand asli Indonesia yang harganya cukup miring. Untuk jenis gitar "mahal" ada beberapa brand asli Indonesia seperti Rick Hannes, Prince,Radix dan sebagainya. 

Namun yang akan direkomendasikan adalah gitar Indonesia dengan harga terjangkau, yakni dari merek Rockwell. Ada dua jenis gitar yang bisa Anda pertimbangkan untuk "project" ini.

  • Rockwel RG-112 (kisaran harga Rp1,8 - Rp2 juta) 

Harga barunya memang sekitaran Rp1,8 juta sampai Rp 2 juta. Tapi, Anda bisa membeli yang second namun bentuknya masih bagus. Rata-rata produk satu ini dijual dalam kondisi second seharga Rp1 jutaan bahkan di bawah itu. Bila Anda beruntung, ada yang menjual  gitar Rockwel RG-112 second seharga Rp850.000 saja sudah bonus kabel jack, loh. (Bila Anda beruntung, coba beli di sini: Jual Gitar Rockwell RG-112 Second karena cuma 1 stock-nya)

Kelebihan gitar satu ini adalah dilengkapi dengan 2 pickup single G&B Richard Miller, serta 1 Humbucker G&B Richard Miller. Ada 5 way lever switch, serta bridge standar semi tremolo dilengkapi dengan handle-nya. Dengan demikian, suaranya begitu nyaring dan sudah cukup untuk pentas musik amatir. Kekurangannya adalah, ketika menggunakan handle tremolo terlalu sering, maka senarnya akan kendur sendiri. Jadi, sangat parah kalau hal itu terjadi saat pentas, bukan? Masa harus stel ulang senar gitar di atas panggung?

  • Rockwell Babyblues (kisaran harga Rp1,8 juta sampai Rp2 jutaan)

Bila ingin gitar dengan model vintage ala-ala Les Paul tapi warnanya cantik dan menggoda, maka Anda bisa pertimbangkan Rockwell Baby Blues. Anda ingin mendapatkan Babyblues dengan harga terjangkau? Caranya bisa dengan mencari produk second. Ingat, yang second bukan yang "palsu" yah. Bila Anda beruntung, ada yang menjual gitar satu ini dengan warna hitam yang keren seharga Rp1 jutaan saja di Bukalapak. (Mudah-mudahan produknya masih ada, jadi silahkan cek di pranala ini: Jual Gitar Listrik Rockwell Baby Blues hitam)

Kelebihan gitar ini adalah suaranya yang nendang berkat dua pickup humbucker Richard Miller. Ada 3 way lever switch, dan bridge tone-matic. Gitar satu ini juga memiliki body yang dibuat dari ash wood yang kuat dan tahan lama.


2. Beli Satu per Satu Spare Part Gitar



Kelebihan upgrade gitar adalah, Anda bisa "mencicil" dengan cara membeli satu per satu spare partnya. Jadinya, Anda bisa "menabung" membeli gitar dengan cara membeli spare part. Itu tentu akan lebih mudah ketimbang menabung uang untuk membeli gitar yang mahal, bukan?

Apa saja yang harus diganti? Berikut beberapa spare part yang akan berpengaruh pada suara gitar Anda.

  • Pick up

Pick up gitar di atas adalah dari jenis G&B Richard Miller yang sebenarnya sudah cukup standar. Tapi, bila Anda ingin mengganti dengan yang lebih Anda bisa mempertimbangkan seperti pick up Fender Squier atau yang paling mantap dan direkomendasikan adalah Seymour Duncan untuk gitar Rockwell RG-112. Pick up Fender Squire tentunya lebih murah, dan kualitasnya kalah dengan Seymour Duncan. Tapi, harga Seymour Duncan cukup mahal, bahkan lebih mahal dari gitar yang Anda beli di atas. Tapi, bila ingin menjadikan gitar Anda "setara" dengan gitar puluhan juta, maka pick up tersebut bisa dipertimbangkan.

Pickup yang direkomendasikan untuk Rockwell Baby Blues adalah EMG 81 85 yang dijual seharga Rp600.000 per biji. Karena Anda butuh dua, berarti total yang Anda butuhkan adalah Rp1.200.000. Atau, Anda bisa menggunakan pick up ini di salah satunya saja, sedangkan humbucker yang satu lagi tetap menggunakan yang standar.

  • Bridge

Kalau untuk Rockwell Baby Blues, maka bridge yang dibutuhkan adalah jenis tone-o-matic. Tapi untuk Rockwell RG-112 Anda membutuhkan bridge yang Anda butuhkan adalah bridge tremolo semi up down. Anda bisa mendapatkan bridge jenis ini dengan harga rata-rata Rp100 ribuan untuk yang custom, dan Rp250.00 sampai Rp500 ribu untuk produk dari brand gitar. (Bisa cek di sini beberapa bridge tremolo gitar terbaik yang bisa Anda pertimbangkan)

  • Cat Ulang Gitar

Bila gitar dalam kondisi lecet-lecet (biasanya kalau beli gitar second seperti itu kondisinya) tapi tidak terlalu parah, maka bagian mengecat ulang gitar tidak begitu perlu Anda pertimbangkan. Nah, khusus untuk pengecatan gitar Anda memerlukan cat khusus yang bernama conductive paint. Cat itu dibutuhkan untuk mendukung proses produksi suara dan menahan (conducting) suara tidak "keluar" di body. 

  • Dryer Putaran

Satu hal yang sering membuat setelan gitar menduduk kendur sendiri atau berubah-ubah adalah dryer alias putaran untuk menyetel gitar. Bila Anda mengganti dryer dengan yang lebih baik, tentunya masalah tersebut bisa dihindari. Produk yang cukup standar biasanya dihargai sekitar Rp75.000 sampai Rp150 ribuan.

  • Capasitor dan Potensio

Di bagian dalam, ada potensio dan capasitor yang sangat berpengaruh pada proses transmisi suara atau getaran suara. Semakin baik kapasitor yang dimiliki satu gitar, maka akan semakin baik pula gitar Anda. Potensio berguna untuk perubahan level suara juga menjaga tidak ada noise dari pickup. Khusus untuk capasitor, produk yang direkomendasikan adalah dari brand Orange Drop. Harganya biasanya cuma sekitar Rp70 ribuan, kok. Ada yang sekalian potensio dan kapasitor harganya Rp135.000.

Nah itu saja beberapa spare-part yang perlu diganti untuk meng-upgrade gitar listrik Anda menjadi lebih sangar. Bila dihitung total, maka modal yang Anda perlukan untuk menjadikan gitar elektrik second murah tadi menjadi "naik kelas" adalah sekitar (perkiraan untuk Gitar Rockwell RG-112) :

Gitar Rockwell RG112 Rp1 juta + Pick up Fender Squier (1 set) Rp250.000 + Bridge Tremolo Semi Updown Chrome Rp150.000 + Conductive Shielding Paint Rp170.00 + Dryer putaran senar gitar Rp60.000 +Potensio & capasitor Rp135.000 = Rp1.765.000.

Yah, sebenarnya gitar Anda dengan total harga Rp1.765.000 (kita bulatkan saja jadi Rp1.800.000) akan setara dengan gitar yang harganya Rp2,5 jutaan - Rp3 jutaan. Bukan itu saja keuntungannya, tapi Anda bisa mencicil satu per satu peralatannya.

3. Pasangkan Spare-part ke Gitar

Nah, setelah membeli gitar dan juga membeli spare-part-nya tentunya belum selesai kalau Anda belum memasangnya, bukan? Bila Anda sudah terbiasa dengan mesin, listrik, kabel-kabel, sholder dan sebagainya, Anda bisa memasangnya sendiri. Begini bagannya:

Bagan memasang pickup untuk Rockwell Baby Blues.


Atau, Anda bisa melihat berbagai tutorial instalasi spare-part gitar. Lebih aman lagi, bila Anda memberikan pekerjaan tersebut pada yang ahlinya.

4. Ganti Senar Gitar


Terakhir, Anda perlu senar gitar yang baru bukan? Yah, agar sesuai dengan spesifikasi gitar Anda yang terbaru, tentu Anda juga mesti mengimbanginya dengan senar gitar terbaik. Untuk senar gitar, Anda bisa lihat di artikel ini: Memilih Senar Gitar Terbaik.

Selesai, itu Tips Upgrade Gitar Murah Jadi Lebih Gahar. Cobalah nge-rock dengan gitar "baru" Anda.

No comments:

Powered by Blogger.