5 Cara Paling Efektif Membasmi Rayap Kayu



PojokReview - Furnitur berbahan kayu memiliki banyak kelebihan. Selain tahan lama dan juga indah, kesan klasik dan vintage juga membuat desain interior menjadi lebih indah. 

Tapi, furnitur berbahan kayu punya satu ancaman. Bila kayu Anda berkualitas tinggi, maka ancaman hanya ada satu yakni rayap.

Rayap memang dikenal sebagai hama yang kerap memakan sekaligus bersarang di kayu. Masalahnya, baik perabotan maupun kerangka rumah kebanyakan terbuat dari bahan kayu.

Sebelumnya kenali dulu alasan kenapa Rayap bisa datang ke rumah Anda.

Ciri Tempat Rayap Tinggal



1. Rayap Tinggal di Tempat yang Gelap


Ini ciri khas pertama dari rayap, yakni tinggal ditempat yang gelap. Maka rayap kurang suka mendekati tempat yang terang. Alasan utamanya adalah karena rayap sangat lemah terhadap cahaya.

2. Rayap Tinggal di Tempat yang Lembab


Ini ciri selanjutnya, yakni tempat yang lembab. Meski demikian, rayap tetap suka dengan suhu yang hangat. Itulah kenapa justru rayap sulit ditemukan di kamar mandi.

3. Rayap Bermusuhan dengan Semut


Rayap tinggal dalam satu koloni. Nah, ternyata rayap sangat bermusuhan dengan semut, baik itu semut hitam maupun merah. 

4. Sarang Rayap Menjaga Ekosistem Alam


Yah, tidak ada satu mahkluk pun di muka bumi yang tidak memiliki nilai guna. Termasuk juga hama seperti rayap. Sarang rayap sangat berguna untuk menjaga tatanan serta kesehatan ekosistem alam.

5. Sarang Rayap dekat Dengan Sumber Air


Sarang rayap letaknya tidak pernah jauh dari sumber air. Karena itu, bila Anda menemukan sarang rayap maka bisa dipastikan dalam jarak kurang lebih 5 meter berarti ada sumber air. 

Bagaimana cara Membasmi Rayap Kayu


Meski demikian, tentunya Anda tidak ingin furnitur, perabotan dan kerangka rumah Anda jadi sarang rayap, bukan?

Rayap tidak hanya merusak, tapi juga membuat furnitur Anda menjadi tidak bisa dipakai lagi.

Berikut ini 5 cara paling efektif untuk membasmi rayap di rumah Anda.


1. Menjemur Furnitur


Untuk menghindari serangan rayap di rumah Anda, maka sesekali jemurlah furnitur Anda. Rayap sangat lemah terhadap cahaya dan terik sinar matahari, karena itu menjemur menjadi salah satu cara untuk membasmi rayap dengan cepat.

2. Semprotkan dengan Air Cucian Beras


Saat mencuci beras sebelum dimasak, maka akan ada air bekas cucian yang biasanya akan langsung dibuang. Nah, khusus bila rumah Anda dapat serangan rayap, air cucian tadi jangan dibuang.

Masukkan ke botol penyemprot, lalu semprotkan ke tempat yang sudah didatangi rayap. Cara ini bisa membuat rayap secepatnya pergi dari rumah Anda.

3. Singkirkan Kayu Kering di Sekitar Rumah


Anda memiliki taman atau pagar berbahan kayu? Maka bila Anda menemukan kayu kering yang tidak terpakai lagi, secepatnya disingkirkan. Jangan sampai kayu kering tersebut menjadi sarang rayap yang akhirnya masuk ke rumah Anda.

Apalagi bila kayu kering tersebut berada di atas permukaan tanah, bertumpuk dan lembab. Maka kemungkinan besar akan menjadi sarang rayap berikutnya.

4.Usir dengan Kapur Barus


Anda bisa membeli kapur barus, lalu letakkan di setiap sudut-sudut rumah berbahan kayu. Letakkan juga di lemari atau furnitur Anda. Aroma kapus barus, serta kandungan naftalena di dalam kapur barus akan menjadikan rayap pergi menjauh.

5. Gunakan Daun Salam atau Kemangi


Dua jenis daun yang kerap menjadi bumbu masakan ini punya aroma yang kuat. Manusia memang menyukai aroma dari dua daun ini, tapi tidak dengan rayap. Maka bila Anda menggunakan kedua daun ini, rayap akan menjauh dari perabotan Anda.

Nah, itu saja beberapa cara untuk mengusir rayap dari rumah Anda sekaligus menjaga perabotan kayu tetap tahan lama. Tapi, jangan tunggu sampai rayap menyerang baru cara di atas digunakan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Ditambah lagi, akan lebih baik bila perabot kayu Anda terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, Produk Mebel berbahan Jati dari Jepara misalnya, yang lebih kuat dan tahan terhadap serangan rayap tentunya bisa menjadi pertimbangan.

No comments:

Powered by Blogger.