Kangen Nonton Teater di Masa Pandemi? Ini 3 Pementasan Daring yang Bisa Anda Saksikan Gratis

Pertunjukan teater


PojokReview - Pandemi membuat sejumlah aktivitas menjadi lumpuh. Salah satu bidang yang paling terdampak adalah industri seni pertunjukan. Termasuk di antaranya pementasan teater.


Pementasan teater adalah sebuah pertunjukan yang didesain untuk disaksikan langsung. Ada interaksi tubuh secara langsung yang menjadikan penonton akan merasakan langsung apa yang dirasakan para aktornya.


Meski berkurang secara pengalaman, namun menyaksikan pementasan teater secara daring dianggap cukup mampu untuk menghapus dahaga para pecinta teater yang sudah lama tidak menonton pementasan teater selama pandemi. 


Berikut ini ada tiga pementasan yang akan ditayangkan secara daring dan langsung yang bisa Anda saksikan. Ketiganya akan diputar lewat akun Youtube Suara Teater Nusantara (Suasana) dalam tema Jejak Pertunjukan Nusantara.


Sebelumnya, ketiga pementasan ini telah melalui proses kuratorial. Dari beberapa pementasan yang dikirimkan, tiga pertunjukan ini yang mendapatkan kesempatan diputar dalam minggu ini.


Apa saja pementasannya?


1. Naga Pesisir oleh Teater Alamat



Pementasan Naga Pesisir ditulis dan disutradarai oleh Budi Yasin Misbach. Teater Alamat merupakan teater asal Jakarta yang menggelar pementasan ini tahun 2018 silam. 


Naskah Naga Pesisir menceritakan kisah di Teluk Naga, yang berada di kawasan pesisir Tangerang. Daerah tersebut menjadi pintu masuk pendatang asal Tiongkok ke Nusantara yang akhirnya tinggal di sini. Daerah ini juga menjadi salah satu contoh kampung yang heterogen namun hidup rukun dan damai.


Pentas ini sedianya akan diputar pada tanggal 16 Agustus 2020 dan tanggal 21 Agustus 2020 pada pukul 20.00 WIB.


2. Pelukis & Wanita oleh Teater Senyawa



Pementasan Pelukis & Wanita ditulis dan disutradari oleh Adhyra Pratama Irianto. Teater Senyawa merupakan teater asal Curup, Bengkulu yang menggelar pementasan ini secara keliling ke berbagai kota di Pulau Sumatera.


Naskah Pelukis & Wanita menceritakan seorang wanita yang mencari seorang pelukis yang mampu melukiskan dirinya dengan indah. Namun, meski telah sampai ke berbagai pelukis, ia hanya mendapatkan kesia-siaan.


Pentas ini sedianya akan diputar pada tanggal 17 Agustus 2020 dan tanggal 22 Agustus 2020 pada pukul 20.00 WIB.


3. Awal dan Mira oleh Sanggar Intra




Naskah Awal dan Mira adalah karya Utuy Tatang Sontani, dan pentas ini disutradarai oleh Wahyu Lazuardi. Sanggar Intra merupakan sanggar teater asal Gresik yang menggelar pementasan ini pada tahun 2019 lalu.


Cerita ini diangkat karena adanya stigma buruk masyarakat terhadap wanita penjaga kedai kopi yang dianggap negatif. Anggapan dan stigma negatif ini menjadikan psikologis korbannya menjadi kurang baik pula. Tidak jarang fisik wanita kerap menjadi objek komersil bagi para lelaki.


Pentas ini sedianya akan digelar pada tanggal 18 Agustus 2020 dan 23 Agustus 2020 pada pukul 20.00 WIB.


Cara Menonton


Untuk menyaksikan pentas ini Anda bisa terlebih dulu menghubungi kontak person Suasana di nomor WA/HP 0822-3342-3492. Atau, bisa juga menghubungi akun instagram @suarateaternusantara untuk informasi dan mendaftarkan diri menyaksikan pementasan ini.


Selanjutnya, pentas ini akan diputar secara live di akun youtube Suara Teater Nusantara. Nah, selanjutnya Anda akan bisa menyaksikan pentas ini secara gratis langsung di gawai Anda.


Yuk nonton teater lagi.

No comments:

Powered by Blogger.