Agar Bisa Gajian Per Bulan, Berapa Minimal Pengunjung Blog?

Daftar Isi [Tutup]

     


    pojokreview.com - Memonetisasi blog lewat Google Adsense memang sedikit rumit. Proses mendaftarnya saja sudah cukup sulit. Blog harus minimal berumur 1-2 bulan, serta ada syarat minimal kunjungan dan sebagainya.


    Meski dalam beberapa kasus ada banyak blog yang beruntung karena bisa diterima Google Adsense meski hanya memiliki beberapa postingan serta baru berumur tidak sampai satu bulan. Namun, artikel ini bukan membahas tips agar diterima Google Adsense, juga bukan tips agar bisa mendapatkan penghasilan.


    Artikel ini lebih berupa studi kasus yang memperkirakan berapa kemungkinan jumlah pengunjung minimal harian agar bisa mendapatkan gaji dari Google Adsense per bulan rutin.


    Syarat Minimal Gajian dari Google Adsense


    Seorang publisher dalam hal ini blog baru bisa mencairkan "gaji" dari Google Adsense apabila penghasilannya sudah melewati ambang batas minimal pembayaran.


    Ambang batas minimal pembayaran adalah $100 atau sekitar Rp1.300.000. Kita anggap saja, agar bisa mendapatkan gaji dari Google Adsense secara rutin, maka blog Anda harus mendapatkan penghasilan Rp1.300.000 ribu per bulan


    Studi Kasus: Berapa Kunjungan Minimal ke Blog untuk Gajian Rutin


    Daftar ke Google Analitycs Untuk Mendapat Angka Asli Pengunjung Anda


    Daftarkan dulu blog Anda ke Google Analitycs. Di sana, Anda akan mendapatkan angka asli dari pengunjung Anda.


    Dengan kata lain, jangan mengikuti data yang diberikan di blogger atau wordpress. Sebab, data di sana juga ditambah dengan kunjungan Anda sendiri, serta klik di pencarian Google.


    Misalnya begini, Anda memiliki kata kunci "mesin cuci 1 tabung". Ketika diklik di Google, maka halaman Anda akan muncul di Google Pencarian meski berada di nomor 10 ke atas, alias berada di halaman 2 dan seterusnya. Ketika alamat blog Anda muncul di pencarian, maka itu terhitung satu kunjungan di data blogger, meski pengunjung tersebut tidak meng-klik alamat blog Anda.


    Jumlah Klik Iklan Per Bulan Minimal Agar Bisa Gajian dari Google Adsense


    Setelah melihat jumlah kunjungan di Google Analitycs pahami dulu bahwa blog berbahasa Inggris memiliki nilai iklan per klik (Cost Per Click/CPC) lebih besar daripada blog berbahasa Indonesia. Bila berbahasa Inggris berada di angka Rp3000-Rp5000 per klik, maka blog Bahasa Indonesia nilai CPC hanya sekitar Rp500 - Rp1.700 saja.


    Dengan angka tersebut, kita ambil terkecil saja yakni Rp500 perak. Sebab, hanya sedikit saja blog berbahasa Indonesia yang nilai CPC-nya Rp1000. Kebanyakan, terutama blog pemula, angka CPC-nya di bawah itu.


    Bila satu iklan hanya dihargai Rp500 perak, maka butuh berapa klik iklan untuk menjadi Rp1.300.000?


    Itu berarti blog Anda harus mendapatkan sekitar 2600 klik iklan per bulan. 


    Jumlah Pengunjung Blog Per Bulan Agar Bisa Gajian dari Google Adsense


    Nah, bila blog Anda membutuhkan sekitar 2.600 klik, berarti berapa kunjungan minimal?


    Sebenarnya itu bisa dilihat di RKT Halaman bila Anda melihat di dashboard Google Adsense. RKT adalah Rasio Klik Tayang yang didapat dari jumlah klik dibagi jumlah kunjungan. RKT ini biasanya paling tinggi adalah 1%, hanya beberapa blog dengan teknik tertentu saja bisa 2%. 


    Apa artinya? RKT yang hanya 1% itu berarti dari 100 kunjungan, hanya 1 klik. Dan itu rata-rata RKT blog di Indonesia. Bahkan kebanyakan justru berada di bawah angka tersebut.


    Kita anggap saja, RKT Anda masih sekitar 0,5% yang berarti, hanya ada 1 klik untuk 200 kunjungan. Maka untuk mendapatkan 2.600 klik, minimal Anda harus punya pengunjung sekitar 520.000 kunjungan per bulan.


    Jumlah Pengunjung Blog Per Hari Agar Bisa Gajian dari Google Adsense


    Bila Anda sudah mendapatkan angka kemungkinan bisa gajian rutin dari Google Adsense per bulan adalah 520.000 kunjungan dengan kemungkinan 2.600 klik iklan, maka tinggal dibagi 30 hari saja.


    Berarti, per hari Anda harus mendapatkan kunjungan sebanyak 17.334 pengunjung per hari. Itu adalah kunjungan minimal yang harus Anda dapatkan untuk mendapatkan gajian secara rutin. 


    Kita anggap saja, berarti blog Anda harus dikunjungi sebanyak 17.500 pengujung per hari. Apakah hal itu mungkin?


    Saran Tambahan


    Dari mana kita dapatkan angka 17.500 orang itu? Siapa saja mereka? Karena itulah ada teknik SEO, dan berbagai cara lainnya agar blog mendapatkan pengunjung ribuan.


    Bila ingin yang aman, maka buatlah banyak artikel. Misalnya, Anda membuat 5 artikel per hari maka satu artikel harus dibaca sekitar 3.500 kali. 


    Namun, ada beberapa tips lain seperti cobalah membuat blog berbahasa Inggris. Karena nilai dari CPC blog bule jauh lebih besar dan "mengesankan" ketimbang blog bahasa Indonesia.


    Ada beberapa blog bule yang hanya memiliki kunjungan 3000-an per hari, tapi sudah bisa gajian sampai Rp4 jutaan per bulan. Yah, itu karena nilai iklannya lebih tinggi ketimbang Indonesia.


    Apakah angka 17.500 pengunjung per hari adalah angka mutlak? Sebenarnya tidak juga, karena kita menghitung RTM halaman hanya 0,5%, serta CPC hanya Rp500 perak. Itu adalah jumlah terkecil.


    Seperti contoh salah satu blog yang jadi objek penelitian PojokReview, nilai CPC-nya Rp1150 pada bulan September lalu, dan di Oktober turun menjadi Rp750 perak. RTM-nya di bulan September adalah 1,2% namun di bulan Oktober hanya 0,58%. Dengan jumlah pengunjung yang sama, blog tersebut bisa gajian di bulan September. Tapi, justru penghasilan mereka tidak mencapai ambang batas pembayaran di bulan Oktober.


    Jumlah pengunjung mereka berkisar di antara 10 ribu sampai 12 ribu per hari. Dengan jumlah klik mulai dari 52 hingga 80 per hari. Jumlah tersebut tidak begitu berbeda di bulan September dan Oktober. Tapi, justru angka penghasilan mereka dari Google Adsense cukup berbeda.


    Jadi, masih ada faktor lain yakni keberuntungan. Oleh karena itu, angka-angka yang dipaparkan di atas masih berupa perkiraan. Ada yang jumlah pengunjungnya jauh di bawah itu, tapi mampu gajian berkali lipat dari Google Adsense. Tapi, ada juga yang sial, dengan pengunjung sampai 25 ribuan per hari, tapi penghasilannya menggenaskan.


    Meski demikian, tetap semangat yah. Siapa tahu bisa mendapatkan penghasilan sekarung dari Google Adsense.

    Tinggalkan Komentar