Tips Membeli Efek Gitar Pertama Kali untuk Pemula

Daftar Isi [Tutup]
    efek gitar untuk pemula


    Pojokreview - Bila Anda ingin menjadi pemain gitar terutama gitar elektrik, tentunya Anda juga mulai mempertimbangkan untuk membeli efek gitar. Karena itu banyak yang mencari tips mencari efek gitar untuk pemula.


    Sebenarnya, terpenting adalah tone dari gitar Anda. Dengan kata lain, apa yang Anda butuhkan pertama adalah kemampuan jari Anda mencari tone atau nada. 


    Mencari efek itu bukan dibutuhkan untuk belajar gitar. Namun, apabila Anda sudah mendapatkan bentuk, scale dan tone Anda ketika bermain gitar, maka sudah bisa mulai mempertimbangkan melengkapi perlengkapan Anda dengan amply dan gitar.


    Pertanyaannya, bagaimana cara mencari efek gitar terbaik untuk pemula?


    Untuk memilih efek yang tepat Anda beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.


    Tips Memilih Efek Gitar untuk Pemula


    1. Perbanyak Referensi Musik


    Sebelum mencari efek gitar untuk pemula yang tepat, pertama perbanyak dulu referensi musik Anda. Bila perlu Anda juga banyak dengarkan musik lintas genre untuk mendapatkan inspirasi banyak warna suara yang menghidupkan suasana lagu.


    Lagu-lagu di luar negeri telah banyak melakukan eksperimen dan menghasilkan suara-suara baru. Nah, tentunya Anda bisa mendapatkan banyak referensi suara untuk mendapatkan kemungkinan efek yang akan dibeli.


    2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Musik Anda


    Setelah memperbanyak referensi tentunya Anda sudah mendapatkan suara apa yang Anda butuhkan. Selanjutnya, Anda mulai mencari tahu apa efek gitar yang tepat untuk keperluan Anda.


    Anda bisa membeli efek gitar distortion atau overdrive mungkin bila ingin bermain rock, alternatif atau metal. Tapi, tentunya akan sangat salah bila ternyata Anda memilih untuk bermain musik jazz.


    3. Baca Review atau Ulasan Terkait Efek Gitar yang Akan Dibeli


    Sebelum benar-benar membeli, tentunya Anda mesti mencari tahu dulu terkait barang Anda. Jangan sampai Anda membeli barang palsu atau kualitasnya kurang baik.


    Meski efek gitar untuk pemula, namun efek gitar tersebut akan menjadi efek pertama Anda. Nah, Anda akan mempelajari bagaimana memaksimalkan suara dari efek gitar tersebut sejak awal. 

    Jadi, sebaiknya memulai membiasakan dengan efek gitar berkualitas. Cari dulu review, ulasan dan sebagainya terkait efek gitar untuk pemula yang Anda cari. 


    Anda bisa memanfaatkan Youtube, blog musik, situs musik, majalah musik dan sebagainya untuk mengumpulkan informasi. Kalau memang sudah fix dan sesuai dengan keinginan Anda, baru beli efek gitar tersebut.


    4. Beli Efek Gitar yang Murah tapi Berkualitas Tinggi


    Anda bisa mencari efek gitar yang murah tapi berkualitas tinggi. Anda bisa mencoba efek gitar box pedal dengan harga Rp150.000 hingga Rp200.000 tapi sudah berkualitas tinggi.


    Lengkapi dengan adaptor, kabel jumper, dan sebagainya dengan harga yang terjangkau juga. Silahkan cek promo Bukalapak untuk mendapatkan efek gitar untuk pemula yang berkualitas tinggi.


    Baca juga artikel Tips Menyusun Efek Gitar Sendiri untuk Pemula agar Anda mendapatkan susunan efek yang tepat untuk menjadikan permainan gitar Anda lebih gahar.

    Tinggalkan Komentar