Kenapa Tomat Termasuk Buah dan Bukan Sayur, Bahkan Termasuk Berry?

Daftar Isi [Tutup]
    Tomat

    pojokreview.com - Sudah sejak kapan kebanyakan orang akan menyebutkan bahwa tomat adalah sejenis sayuran. 


    Di pasar, Anda hanya bisa menemukan tomat di pasar sayur. Anda akan kesulitan menemukan tomat di pasar buah.


    Ditambah lagi, tomat lebih sering dikonsumsi selayaknya sayuran, yakni dengan cara dimasak terlebih dulu. Sangat jarang menemukan orang yang menikmati tomat langsung seperti menikmati buah-buahan.


    Pertanyaannya, apa yang mendasari tomat bisa dimasukkan menjadi buah-buahan. Bahkan, tomat justru termasuk ke keluarga berry. Lebih hebatnya lagi, tomat adalah berry dan strawberry justru bukan berry.


    Membingungkan, bukan?


    Ciri-Ciri Botani Tomat Sebagai Buah


    Tomat dimasukkan dalam kategori buah karena beberapa hal. Antara lain karena mengandung air, memiliki biji dan tumbuh dari batang utama sebagai "buah". Bukan sebagai bunga, seperti strawberry misalnya.


    Buah berdasarkan ciri-ciri botani adalah bagian yang muncul lalu berkembang dari ovarium bunga yang kemudian melewati proses pembuahan. Selanjutnya, bagian ini muncul dan membawa biji di dalamnya.


    Nah, apakah tomat termasuk ke dalam itu? Yah jelas, tomat masuk dalam kategori buah berdasarkan ciri-ciri botani yang disebut di atas.


    Tapi bagaimana dengan mentimun, terung, labu dan beberapa jenis "sayuran" lainnya yang juga memenuhi ciri-ciri ini? Sebagaimana tomat, maka mereka juga termasuk buah.




    Bagaimana Ciri-ciri Botani Sayuran


    Suatu tumbuhan termasuk dalam kategori sayuran apabila ada bagian dari tumbuhan tersebut yang bisa dimakan dan memiliki rasa yang gurih. Namun, bagian yang bisa dimakan tersebut bukanlah buahnya, melainkan daun, tangkai, akar, umbi dan bunga. 


    Bagaimana, apakah tomat termasuk dalam kategori buah-buahan setelah melihat ciri-ciri botani dari sayuran di atas?


    Buah atau Buah Berry?


    Dalam definisi ahli botani, disebutkan bahwa tumbuhan yang bagian organ reproduksi tanaman benihnya bisa dimakan, serta berkembang dari ovarium yang dibuahi maka itu adalah buah. 


    Berdasarkan definisi ini, tomat termasuk dalam kategori buah.


    Namun dalam definisi buah berry, maka tomat juga termasuk dalam kategori buah berry. Dalam definisi ahli botani disebutkan bahwa buah berry adalah buah yang mengandung selulosa dan ada biji. Namun, semua bagian buahnya bisa dimakan.  


    Dari definisi ini, maka nyatalah bahwa tomat termasuk dalam kategori buah berry.


    Kenapa Tomat Berwarna Merah



    Ini yang menarik, karena zat warna merah tomat yang bernama likopen. Likopen di dalam tomat jauh lebih tinggi ketimbang likopen yang ada di jeruk misalnya. 


    Likopen memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti yang dijelaskan PojokReview dalam artikel Likopen untuk Tangkal Kanker.


    Meski demikian Anda bisa rutin mengonsumsi tomat dengan cara dibuat dulu menjadi saus. Hanya saja, cari saus dari brand ternama agar bisa mendapatkan manfaat terbaik dari likopen ini.


    Atau, Anda bisa membuat sendiri saus tomat dengan bahan-bahan sederhana di rumah. Simak artikel Cara Membuat Saus Tomat di Rumah untuk mendapatkan resep saus tomat yang nikmat dan kaya manfaat.

    Tinggalkan Komentar