Dec 9, 2020

author photo


PojokReview - Pantomime merupakan sebuah seni luar biasa yang belum populer di tanah air. Sehingga untuk menemukan keberadaannya cukup sulit, hanya ada segelintir komunitas yang berkiprah di seni keren ini dan menikmati keindahannya. Bagi seorang pantomime, mampu mengekspresikan perasaan melalui gerak gerik tubuh dan mimic adalah suatu kebanggan tersendiri. Bagi Anda yang mencintai dunia pantomime, ada baiknya mengetahui pantomime populer di Indonesia.

Hal ini agar Anda bisa belajar dari mereka yang pasti telah menghadapi pahit manis terjun di dunia pantomime. Nah, sebelum membahas pantomime populer di Indonesia, sebenarnya apa sih pantomime itu? Pantomime merupakan pertunjukan teater dengan mengandalkan isyarat tubuh dan raut wajah dalam berdialog.

Pantomime diidentikkan dengan adegannya yang humoris, sehingga menghasikan gelak tawa penonton, terutama jika melihat dandanannya yang lucu nan imut. Meskipun sebenarnya adegan di pantomime bisa saja menggambarkan sesuatu yang serius, sindiran kepada sekelompom orang misalnya.

Karena pantomime masih sangat sulit ditemukan, maka pantomimer populer di Indonesia jumlahnya tidak banyak. Jika Anda penasaran dengan pantomime populer di Indonesia, berikut kami sajikan satu nama luar biasa untuk Anda.


Sekilas Tentang Jemek Supardi




Bagi Jemek, lelaki kelahiran kota Jogja ini pantomime merupakan sebuah panggilan jiwa. Jemek Supardi dilahirkan pada tanggal 14 Maret 1953. Kehebatannya di bidang pantomime sudah tak perlu diragukan lagi, karena beliau telah menekuninya selama 30 tahunan. Tentu bukan sebuah angka yang sedikit.

Jemek memulainya pada tahun 1974, ia merasa seni teater cukup berat karena ada naskah yang dihafal, maka ia memutuskan untuk beralih ke pantomime dan mempelajarinya sendiri. Ia bahkan sama sekali tak pernah belajar dan mendapatkan ilmu tentang pantomime ini, ia hanya mengandalkan pengetahuannya lewat menonton acara pantomime yang digelar di Jogja.

Agar keahliannya semakin mantap, Jemek memutuskan untuk berpantomime di tempat-tempat terbuka, seperti jalanan, makam pahlawan, dan rel kereta. Semua tempat tersebut menjadi bukti bahwa ia amat mencintai dunia pantomime ini.

Bahkan, Jemek juga beberapa kali harus dicegat petugas karena menggelar acara pantomime nya. Ya meski demikian, aksinya tersebut justru membuat banyak orang memadati tempat dimana ia menampilkan kebolehannya.

Tidak hanya itu, Jemek juga ikut andil menampilkan pantomime nya ketika mahasiswa melaksanakan aksi menuntut Soekarno agar mundur dari jabatannya, karena ia berpendapat bahwa seniman, juga bisa ikut andil di berbagai kegiatan dengan menampilkan kebolehannya.

Paling tidak, ada 30 lebih karya yang telah dihasilkan Jemek. Tak heran jika ia menjadi seorang pantomimer paling populer di Indonesia.

Keikhlasannya menjalankan hobi sederhana yang luar biasa ini akhirnya menunjukkan dan membuka mata banyak orang, bahwa ia adalah sosok luar biasa yang telah mengharumkan nama Indonesia. Salah satu toko yang langsung memujinya adalah Emha Ainun Najib atau yang dikenal dengan Cak Nun.

Jemek memiliki prinsip hidup, asal hari ini ada makanan untuk dimakan, sudah cukup baginya. Jemek juga paham betul, bahwa jika hidup hanya mengandalkan dari uang pantomime, tentul bukanlah hal yang mungkin, sehingga ia mencari pekerjaan sampingan untuk sekedar bisa makan setiap harinya, tak lebih.

Indonesia membutuhkan sosok luar biasa seperti ini agar tetap tumbuh. Indonesia butuh sosok pantomime populer di Indonesia selanjutnya yang bisa mengikuti jejak Jemek ini, dengan tidak memiliki keinginan mengambil keuntungan sendiri.

Di tengah gersangnya panggung hiburan, harus ada sosok penerus Jemek si pekerja keras nan sederhana. Maka, jika Anda berkeinginan besar menjadi pantomime populer di Indonesia, Anda bisa mengikuti jejak Jemek yang awalnya hanya belajar dari panggung,lalu manggung di jalanan.

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post