Dec 12, 2020

author photo
Proailurus, nenek moyang semua kucing

Berbeda seperti era modern, setidaknya era "sejarah" di mana manusia hidup berdampingan dengan kucing. Tapi di zaman pra-sejarah, nenek moyang kucing alias kucing purba adalah sosok yang sangat ditakuti manusia.


Bicara tentang "kucing purba" tentunya Anda akan mengingat nama Smilodon si gigi pisau. Tingginya mencapai 1,2 meter dan merupakan kucing paling besar bila dibandingkan dengan kucing besar lainnya. 


Juga ada Dinofelis, si kucing besar yang kerap memangsa manusia. Sayangnya, gigi Dinofelis tidak setajam Smilodon. Jadinya, dalam beberapa kasus Dinofelis tidak mampu membunuh manusia, selain hanya melukainya. Apakah kedua "kucing jahat" tersebut adalah nenek moyang kucing?


Ternyata bukan! Karena mereka adalah hasil evolusi yang mengarah ke "kucing besar" yang kemudian menjadi nenek moyang para kucing besar semacam singa dan harimau.


Tapi, mereka bukanlah kucing yang pertama. Bahkan, mereka mungkin tidak begitu dekat berkerabat dengan kucing yang saat ini tidur malas-malasan di rumah Anda. Nah, kucing yang paling pertama adalah Proailurus. 


Yah, Proailurus adalah nenek moyang dari seluruh kucing di dunia ini. Baik itu kucing besar semacam singa, harimau dan lain-lain, maupun kucing lucu di rumah kita saat ini.


Sama seperti kucing-kucing lainya, Proailurus merupakan family Felidae alias kucing. Ia adalah nenek moyang dari seluruh keluarga kucing di muka bumi ini. Ia adalah kucing "sejati" sebelumnya masih "setengah kucing" sebelum muncul Proailurus.


Penamaan Proailurus


Pro berarti sebelum dan ailuros berarti kucing. Dari penamaannya saja sudah ditegaskan bahwa Proailurus adalah makhluk yang hadir sebelum kucing-kucing lainnya.


Proailurus muncul sekitar 35 juta tahun lalu. Setidaknya di awal-awal muncul 3 spesies Proailurus yakni Proailrus Lemanensis, Proailurus Bourbonnensis dan Proailurus Mayor. Tubuh mereka lebih kecil dan pendek dan struktur tubuhnya benar-benar masih mirip dengan kucing yang ada saat ini. Kelebihan dari Proailurus adalah kemampuannya memanjat yang sangat baik, yah seperti kucing di rumah kita saat ini.


Pseudaelurus


Psuedaelurus


Penerus dari Proailurus adalah Pseudaelurus yang kemudian menjadi kucing pertama yang mencapai Amerika Utara. Pseudaelurus tidak terhenti seperti proailurus, tapi evolusi darinya terus berjalan. Bila Proailurus hanya menurunkan Psaedaelurus, maka Pseudaelurus akhirnyamenurunkan hyperailuructis, sivaelurus, styriofelis dan felinae. 


Nah, dari pseudaelurus inilah yang terus berevolusi hingga menjadi ribuan bahkan jutaan jenis kucing di dunia ini.

your advertise here

1 komentar:

Next article Next Post
Previous article Previous Post