Jan 10, 2021

author photo

pojokreview.com - Anda mungkin sudah membaca banyak tentang SEO, peningkatan trafik, peningkatan penghasilan Google Adsense dan sebagainya. Pertanyaan paling mendasar, berapakah penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang blogger?


Nah, ada banyak cerita tentang blogger sukses di belahan dunia lainnya, termasuk di Indonesia. Bahkan ada yang menyebut rata-rata penghasilan blogger "menengah" alias medioker di Amerika adalah $1000 per bulan.


Seribu dollar itu, bila dirupiahkan berarti sekitar Rp15.000-an. Yah, Rp 15 juta tentunya untuk standar hidup di Indonesia sudah masuk kategori menengah ke atas. Apakah seorang blogger bisa memiliki penghasilan $1000?


Syarat Memiliki Penghasilan 1000$ per Bulan



Agar memiliki penghasilan sekitar 1000 dollar per bulan, maka ada banyak hal yang harus dipenuhi oleh seorang blogger. Berikut di antaranya.


Standar Kunjungan Minimal


1. Untuk Gajian Per Bulan


Kita hitung saja kemungkinan klik dari Adsense adalah 0,5%* yang berarti dari 1000 tampilan halaman (pageview) Anda hanya akan mendapatkan 5 klik iklan. 


*0,5 adalah rataan RKT (Rasio Klik Tayang) dari blogger seluruh dunia. Biasanya, angka paling besar adalah 1 - 1,5%. Angka tersebut didapat dari klik iklan dibagi tampilan halaman. Setiap blog tentunya akan memiliki RKT setiap harinya.


Dengan perhitungan seperti itu, jangan lupa mempertimbangkan harga CPC (cost per click) alias harga setiap klik di iklan Google Adsense di blog kita. Harga CPC di Indonesia sangat rendah kalau tidak mau pakai kata "menggenaskan". Per klik iklan rata-rata adalah Rp500, bahkan banyak blogger yang punya PPS (Penghasilan Per Seribu) Halaman yang rendah, maka harga CPC-nya juga ikut rendah.


Maka, setiap 1000 tampilan halaman, seorang blogger akan mendapatkan 5xRp500 alias hanya Rp2.500. Jadi, apabila Anda hanya memiliki tampilan halaman sekitar 1000 per hari, maka Anda hanya mendapatkan penghasilan; 


Rp2.500x30 hari = Rp75.000 per bulan.


Astaga! Bahkan untuk menarik "gaji" dari Google Adsense dibutuhkan minimal 100$ alias sekitar Rp1.300.000. 


Maka, untuk bisa gajian bulanan dari Google Adsense dibutuhkan sekitar; 


Rp1.300.000/Rp500 (biaya per click) = 2.600 klik per bulan.


Bila 1000 halaman mendapatkan 5 klik, maka untuk mendapatkan 2600 klik dibutuhkan sekitar 520.000 tampilan halaman per bulan. Kita anggap, per hari Anda membutuhkan tampilan halaman sekitar 17.500.


Tampilan halaman berbeda dengan kunjungan. Bisa jadi, seorang pengunjung membuka 4-5 halaman di blog Anda. Bisa jadi juga hanya membuka satu halaman. Sedangkan yang dibahas di atas ini bukanlah "pengunjung" tapi "tampilan halaman. Kita anggap saja bila rata-rata seorang pengunjung ke blog Anda membuka 2 halaman, berarti Anda membutuhkan sekitar 8.750 visitor per hari.


Standar Minimal yang Harus Dipenuhi Untuk Gajian per Bulan dari Google Adsense:


  1. Punya visitor 8.750 per hari
  2. Tampilan halaman 17.500 per hari
  3. Jumlah klik sekitar 87 klik per hari.


2. Untuk Gajian $1000 per bulan


Ketika Anda memiliki target penghasilan sekitar $1000 maka standar minimal yang sudah Anda penuhi untuk gajian per bulan ($100) harus meningkat sampai 10 kali lipat! Yah, Anda harus memiliki:


  • Visitor 80.750 per hari
  • Tampilan halaman 175.000 per hari
  • Jumlah klik iklan sekitar 870 klik per hari


Apakah itu cukup masuk akal bagi Anda?


Untuk bahan pertimbangan, situs berita nomor satu di Indonesia pada tahun 2015 adalah Detik.com. Di tahun itu, Detik.com menerima kunjungan per hari sebanyak 1.400.000 visitor. Tampilan halaman adalah sekitar 3.500.000 halaman per hari. Maka penghasilannya adalah sekitar Rp136 juta per hari.


Sedangkan target pertama Anda adalah 1000 dollar per bulan yang berarti hanya 0,1% dari pendapatan Detik.com


Bayangkan saja, untuk mendapatkan 1000 dollar per bulan, berarti Anda harus mendapatkan pengunjung sebanyak 2.422.500 dengan tampilan halaman sebanyak 5.250.000 per bulan.


Jumlah itu bahkan kalah dengan jumlah kunjungan dan tampilan halaman Detik.com selama 1,5 hari saja!


Jadi, apakah itu masuk akal?


Beberapa Tips yang Bisa Anda Gunakan untuk Mendapatkan $1000 dari Blog


Untuk lebih memperbesar kemungkinan mendapatkan penghasilan tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan. 


1. Aktifkan 4 - 5 blog


Daripada Anda menulis hanya di satu blog, secara gado-gado, lebih baik Anda membuat 5 blog dengan niche sendiri-sendiri. Anggap saja 5 blog Anda satu membahas traveling, satu kuliner, satu lifestyle dan fashion, satu tips blogger dan satu lagi blog opini membahas isu-isu terkini.


Anda membuat 5-10 tulisan per hari yang diupdate secara berkala di 5 blog Anda. Usahakan tetap adil, namun tetap ada "anak sulung" di antara 5 blog tersebut yang menjadi blog utama.


Dengan demikian, jumlah trafik yang harus Anda capai tadi menjadi lebih masuk akal. Bayangkan saja, bila dalam satu hari Anda harus mendapatkan jumlah klik iklan sebanyak 870 klik. Maka dengan 5 blog, per satu blognya mesti mendapatkan jumlah klik iklan sebanyak 174 klik. Jumlah yang cukup masuk akal, bukan?


Coba cek di akun Google Adsense Anda saat ini, berapa total klik per hari? Berapa lama untuk mencapai target tersebut?


2. Utamakan Trafik dengan Penerapan Teknik SEO


Sudah banyak yang membahas tentang teknik SEO alias optimasi mesin pencari. 


Mulai dari research keyword, sampai menulis artikel yang enak dibaca. Semuanya demi satu tujuan: trafik!


Utamakan trafik ketimbang yang lainnya. Hal itu akan membantu Anda mencapai target yang diinginkan.


3. Bila Punya Modal, Coba dengan Iklan


Ini cara untuk push trafik secara cepat. Meski harus dipelajari dengan baik, tapi Anda bisa mempertimbangkan menggunakan jasa iklan dari Google dan sebagainya untuk meningkatkan trafik.


4. Fokus dan Pantang Menyerah


Di atas tadi hanya dibeberkan angka-angka saja. Dan untuk mencapainya, diperlukan usaha yang tidak sedikit serta modal yang tidak kecil. Karena itu, Anda harus tetap menjaga semangat serta fokus agar tidak patah arang ketika terus gagal. 


Bisa dibilang, Anda akan mendapatkan target yang diinginkan tersebut dalam waktu yang cukup lama. Apalagi, bila tidak menggunakan iklan dan mengandalkan yang gratis seperti SEO misalnya. Tapi, bukan berarti "impossible" yah.


5. Dukungan Media Sosial


Media sosial tentunya tidak bisa dikatakan berpengaruh signifikan pada SEO. Tapi, manfaatkan media sosial Anda untuk branding blog. Atau promosi artikel terbaru dan sebagainya.


6. Penghasilan Sampingan


Beberapa penghasilan sampingan blogger alternatif Google Adsense misalnya penyedia jasa PPC lainnya. Seperti Adnow, MGID dan sebagainya sangat layak Anda coba. (baca selengkapnya di Alternatif Google Adsense untuk Blogger 2021)


Juga ada penghasilan lain seperti program affliasi dari Bukalapak dan berbagai marketplace lainnya.


Ada juga peluang iklan mandiri dan sampingan lainnya seperti content placement misalnya. Tentunya, Anda bisa mencoba segala kemungkinan dengan tujuan agar target Anda bisa tercapai. Yah, punya penghasilan $1000 per bulan.


Nah, apabila Anda sudah siap dengan berbagai rencana Anda, tunggu apalagi? Ayo wujudkan!


Apabila Anda sekarang sudah sukses menjadi blogger dengan penghasilan $1000 per bulan. Sekarang, apa target Anda selanjutnya?  

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post