Sunday, January 31, 2021

author photo

Ilustrasi foto pribadi di gadget

pojokreview.com - Seorang perempuan bisa saja mengambil foto atau video "pribadi" dengan banyak tujuan. Mungkin sedikit di antara mereka mengirimkan untuk pacarnya, tapi lebih banyak lagi karena mengambil foto di bagian tertentu karena tidak bisa melihat dengan langsung. Mungkin karena merasakan sakit, atau malah ingin memeriksa sesuatu.


Intinya, bisa jadi foto dan video di smartphone, handphone, laptop dan gadget pribadi lainnya tersimpan di galeri. Tentunya, Anda tidak ingin foto-foto tersebut tersebar dan dinikmati orang lain, bukan?


Faktanya, ada banyak kasus tentang foto dan video pribadi seorang wanita tersebar luas di internet. Ada banyak orang yang mungkin sedikit bingung, bagaimana caranya video atau foto pribadi miliknya bisa tersebar di media sosial, atau situs-situs tertentu.


Fakta mengejutkan muncul beberapa hari lalu, ketika percakapan antara teknisi service gadget (khususnya handphone) tersebar di internet dan viral. Dari percakapan tersebut, tampak bahwa teknisi service handphone menemukan banyak konten mulai dari foto hingga video yang sangat pribadi tersimpan di folder galeri.


Salah satunya diungkapkan oleh akun Twitter bernama @ndagels yang membagikan tangkapan layar percakapan antar teknisi konter service gadget tersebut. Awalnya, teknisi tersebut sedang memperbaiki handphone seorang perempuan cantik. Lalu, mungkin karena iseng, teknisi tersebut justru membuka isi handphone dan melihat ke dalam galeri.


Meski galeri tersebut terkunci, teknisi juga menemukan cara untuk membuka kuncinya. Jauh lebih mengerikan, bahkan untuk foto dan video yang sudah dihapus juga bisa dimunculkan lagi dengan cara-cara tertentu oleh para teknisi tersebut.


Akun @ndagels ini mencuit hal tersebut pada tanggal 30 Januari 2021, dan menjadi viral di dunia maya.


Ada banyak teknisi yang menceritakan bahwa mereka justru menemukan konten "syur" di dalam handphone yang sedang diperbaiki. Salah satunya yang ditampilkan dalam tangkapan layar tersebut.


Seorang perempuan cantik datang membawa iPhone-nya yang rusak bagian LCD. Setelah itu, teknisi segera mengganti LCD dan iPhone tersebut segera menyala. Oknum teknisi tersebut memeriksa galeri karena sedang suntuk dan akhirnya menemukan ada banyak foto dan video "syur" pribadi milik perempuan itu.


Tips Menghindari Pencurian Foto dan Video Pribadi


Ada beberapa tips yang mesti dipertimbangkan, khususnya untuk para perempuan yang pernah mengambil foto yang sangat pribadi di dalam gadgetnya. 


Tips Pertama


Hapus atau pindahkan foto-foto tersebut ke tempat penyimpanan seperti flash disc, memory card dan hard disk, sebelum Anda memperbaiki gadget Anda.


Tips Kedua


Tips pertama kadang-kadang masih kurang berhasil, karena oknum teknisi tersebut bisa saja mengambil foto yang sudah dihapus (bahkan dipindahkan) dengan cara-cara tertentu. Karena itu, berarti tips kedua adalah cari teknisi yang benar-benar Anda kenal dan percayai.


Tips Ketiga


Apabila Anda ingin mengganti handphone, hindari menjual handphone lama Anda. Bahkan akan sangat lebih aman bila Anda tetap simpan di rumah, bila perlu dimusnakan.


Tips Keempat


Hindari berfoto mesra, mengirim foto syur pada pacar dan sebagainya. Ini adalah cara paling aman agar Anda terhindar dari masalah di atas.


Berhati-hati dan Jauhi Kamera Ketika Sedang Bersama Pacar


Ketika Anda sedang bersama pacar, jauhi kamera atau smartphone Anda. Karena hal itu bisa membuat Anda baik sengaja maupun tidak, akan mengambil foto dan video tertentu.


Selain itu, artikel ini tidak untuk menjustifikasi bahwa semua teknisi service gadget akan berlaku sama. Tentunya, hanya oknum tertentu yang akan melakukan hal tersebut. Namun, akan sangat penting bagi Anda untuk tetap berjaga-jaga sebelum kejadian tersebut justru menimpa Anda dan orang-orang yang Anda kenal. 

This post have 4 komentar

  1. Harus lebih berhati-hati dan ya kalo aku si lebih memilih di smartphone ku tidak aku isi video/foto apapun yang bersifat sensitif termasuk ktp dan informasi lainnya, apa lagi foto tak senonoh lebih memilih untuk tidak mengfotokannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas Mayuf, selain "foto syur" terkadang foto KTP dan surat penting lainnya juga sangat berisiko untuk disalahgunakan.

      Delete
  2. Wah, dunia makin mengerikan aja, huffhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak Ummu Hanif, kadang selain foto pribadi, juga foto terkait identitas pribadi seperti foto KTP, SIM dan sebagainya juga rentan disalahgunakan. Memang mesti lebih hati-hati

      Delete
Next article Next Post
Previous article Previous Post