Wednesday, January 27, 2021

author photo


Akhir-akhir ini, kata insecure atau tidak percaya diri sangat ramai dilontarkan di kalangan masyarakat khususnya dikalangan remaja. Insecure sebuah kata yang sangat membuat seseorang pasrah terhadap keadaan,dan sebuah kata yang membuat seseorang down seketika. Lantas,apa sih yang membuat seseorang merasa “insecure atau tidak percaya diri”?
Banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang yang membuat dirinya insecure,seperti terpengaruh oleh omongan orang lain mengenai fisik kita,kurangnya kepercayaan terhadap diri sendiri,selalu membandingkan dirinya dengan orang lain serta kurangnya bersyukur atas apa yang Tuhan berikan. Setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing untuk tidak insecure, agar terhindar dari rasa insecure. Berikut 4 tips untuk menghilangkan rasa insecure pada diri kalian.


1.Bersyukur Itu Penting.


Tuhan menciptakan manusia dengan begitu sempurna, dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Ingat, untuk selalu bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepadamu. Jangan mudah pasrah oleh kekurangan yang ada pada dirimu sehingga membuat kekurangan itu menjadi faktor dirimu merasa insecure. Pertahankan kelebihan yang ada pada dirimu dan benahi kekurangan yang ada di dirimu.


2.Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain.


Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang sering dilakukan.Oleh karena itu,hal ini sangat memiliki pengaruh yang besar dalam diri seseorang sehingga membuatnya terus insecure. Adanya rasa “Iri” kepada orang lain,ingin menjadi seperti orang lain juga faktor yang sering muncul dibenak setiap orang sehingga rasa insecure tersebut sangat sulit dihilangkan. Mulailah cintai dirimu sendiri, jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, dan jadilah dirimu sendiri dengan kelebihan serta kekurangan yang kamu miliki. 


3.Fokus Pada Dirimu.


Menfokuskan pada diri sendiri,selalu membenahi di setiap kekurangan yang ada pada dirimu adalah hal sangat tepat untuk menjauhkan diri kita dari kata “insecure”. Teruslah perhatikan dirimu,dan mulailah semangati dirimu sendiri bahwa saat ini kamu baik-baik saja meski tak seorang pun yang menyemangatimu dalam posisimu saat ini dan tinggalkan orang yang membuatmu insecure dan manfaatkan waktu dengan orang yang dapat membuatmu semangat dalam menjalani hidupmu saat ini. Serta tingkatkan kemampuan yang ada pada dirimu agar kemampuan tersebut dapat membuatmu lebih bersyukur dan tidak mudah insecure.


4. Jangan Dengarkan Omongan Orang Lain.


Omongan orang lain mengenai fisik kita adalah pengaruh terbesar yang membuat kita merasa insecure dan down seketika. Jadi,apapun yang orang katakan mengenai fisikmu janganlah di masukkan ke dalam hati,dan jadikan omongan tersebut dapat membuatmu sadar akan artinya bersyukur atas keadaan yang sedang kamu alami,dan buktikan kepada mereka bahwa ada saatnya kamu akan berada di posisi yang kamu inginkan.

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan rasa insecure yang selalu terjadi pada diri kalian. Mulailah melakukan hal-hal kecil yang dapat menumbuhkan semangatmu sehingga kalian tidak lagi merasakan insecure dan stop insecure ubahlah pola mindsetmu dari yang tadinya insecure jadi bersyukur. Ingat, bahwa apa yang terjadi pada diri kalian itu adalah tujuan Tuhan untuk membuatmu lebih bersyukur dan itu merupakan cara Tuhan untuk menguji ciptaannya dalam menghadapi kehidupannya yang telah dijalani.


PENULIS : VIKE NUR AINI (MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI 2020 UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA)

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post