Wednesday, January 27, 2021

author photo
Makanan ikan hias

pojokreview.com - Anda memelihara ikan hias di rumah? Tentunya ikan hias dengan aquarium memberi kesan tersendiri bagi siapapun. Maka dari itu, wajar kalau di setiap rumah akan ada ikan hias.


Namun kali ini yang akan dibahas adalah makanan ikan hias. Makanan ikan hias terbagi jadi dua, yakni makanan basah dan kering. Keduanya memiliki kekurangan atau kelebihan sendiri.


Bila makanan kering, maka akan sangat sulit dicerna oleh ikan. Tapi kelebihannya, makanan ini tidak mudah rusak juga tidak diserang jenis parasit tertentu.


Hal berbeda dengan makanan ikan yang basah. Memang lebih mudah dicerna oleh ikan, tapi sayangnya lebih mudah terserang parasit.


Sedangkan dari ukurannya, makanan ikan tentunya juga terdiri dari berbagai jenis ukuran. Mulai dari yang paling kecil yakni 0,7 mm yang khusus untuk larva ikan (usia 1 bulan hingga 2 bulan). Ukuran berikutnya adalah 1 mm yang ditujukan untuk benih ikan.


Bila benih ikan berukuran hingga 5 cm ke atas, maka ukuran makanan yang pas adalah 2mm. Sedangkan untuk ikan budidaya, induk ikan dan ikan dewasa maka butiran makanan ikan akan berukuran 3 mm hingga 5 mm.


Berikutnya juga pertimbangkan frekuensi dan porsi dari pakan yang diberikan. Untuk ikan kecil, sebaiknya Anda berikan 6 kali sehari dengan porsi yang pas dengan mulut dan perut mereka. Sedangkan untuk ikan besar, Anda bisa memberikan dalam porsi lebih besar namun hanya 4 kali sehari.


Jenis Makanan Ikan


Jenis-jenis makanan ikan dibagi menjadi 4 yakni pakan utama, pakan tambahan, pakan alami dan pakan buatan.


Pakan Utama


Pakan utama diartikan sebagai makanan utama yang dibutuhkan oleh ikan untuk memenuhi kebutuhan harian tubuhnya. Yah, anggap saja seperti nasi bagi manusia. Makanan harian yang biasanya rutin diberikan pada ikan antara lain cacing darah, cacing sutra, kuning telur dan sebagainya.


Pakan Tambahan


Pakan tambahan merupakan pakan untuk melengkapi pakan utama agar menambah nutrisi bagi ikan. Biasanya, pakan tambahan berbentuk daun-daunan, limbah dari peternakan , sisa makanan yang akan dilemparkan saja ke kolam ikan.


Pakan Alami


Nah, ini adalah pilihan makanan yang datang sendiri alias ikan tersebut yang mencari sendiri. Hanya saja, mungkin cukup sulit menemukan pakan yang dimaksud ini di dalam aquarium. Pakan alami yang dibutuhkan ikan biasa ditemukan di ekosistem aslinya. Mulai dari jentik nyamuk, kutu air dan banyak jenis makanan alami ikan tersedia di ekosistem aslinya.


Pakan Buatan


Ini jenis makanan yang biasa kita temukan atau kita lihat dijual di pasaran. Ini yang menjadi pilihan utama bagi pemilik aquarium, atau ikan hias di rumahnya. Pakan buatan ini juga mengandung gizi yang sangat baik bagi ikan hias. Asalkan rutin dan tidak berlebihan memberikannya. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post