Monday, January 18, 2021

author photo

pojokreview - Bila Anda ingin menjadi blogger (narablog) yang serius tentunya template menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan pertama kali. Template blog seperti wajah dari blog Anda. Apabila tampilannya sudah tidak menarik, maka pengunjung mungkin akan segera pergi dari blog Anda.


Namun, ada template blog yang gratisan dan ada pula template blog yang premium. Untuk di awal-awal, blogger (baik blogspot, maupun wordpress dan platform blog lainnya) akan memilih template gratisan. 


Sebenarnya, baik template yang gratisan maupun yang berbayar (template blog premium) bisa dikatakan tidak ada jaminan akan memengaruhi trafik kunjungan ke blog Anda.


Meski demikian, ada beberapa kelebihan dari template premium yang menjadikan kinerja blog menjadi semakin baik. Apa saja kelebihan menggunakan template blog premium?


Sebelumnya, berikut beberapa tips mengganti template blog yang mesti Anda perhatikan.


1. Mengganti Template Blog Sebaiknya Dilakukan di Tengah Malam


Bila blog Anda adalah blog berbahasa Indonesia, tentunya tengah malam adalah waktu yang tepat untuk mengganti template blog Anda. Kenapa?


Karena dengan mengganti template blog di tengah malam, maka para pengunjung Anda tidak akan kebingungan ketika template blog Anda "tiba-tiba" berantakan.


2. Jaringan Internet Kencang


Untuk mengganti template blog, maka Anda memerlukan jaringan internet yang lancar dan kencang. Hal itu diperlukan agar proses instalasi dan editing HTML bisa berjalan lancar tanpa hambatan.


3. Waktu yang Cukup Panjang


Anda memerlukan waktu yang cukup untuk merapikan blog Anda setelah ganti template blog. Karena, pertama kali ganti template maka blog Anda akan terlihat begitu "kacau". Yah, Anda perlu melakukan pengaturan ulang terhadap menu, logo, dan beberapa widget penting.


4. Back-up Template Anda


Ini sangat penting, karena Anda perlu menyimpan kode-kode penting atau apabila suatu hari Anda ingin kembali menggunakan template yang lama.


5. Simpan Kode Penting


Ada beberapa kode penting di blog lama Anda yang harus disimpan agar bisa diaplikasikan lagi di template blog yang baru. Beberapa kode Meta Tag seperti Google Analityc, Bing, Yahoo, juga kode Google Adsense, Javascript dan lain-lain yang Anda kira sangat penting bagi blog Anda, mesti disimpan terlebih dulu.


Anda bisa menyimpannya di Notepad jadinya tinggal di-copas saja ketika mengedit HTML template blog yang baru.


Sekarang, apabila Anda sudah siap melakukan menggunakan template blog premium, simak dulu apa saja kelebihan template blog premium dibanding template blog gratisan.


Kelebihan Template Blog Premium


1. Copyright Milik Anda


Biasanya di template blog gratisan, tentunya pembuat atau pemilik template akan menyisipkan teks yang berisi link. Sayangnya, itu tidak bisa dihapus.


Tentunya, blog Anda tidak terlihat profesional bukan? Nah, dengan membeli template premium maka tidak akan ada lagi footer link atau script rahasia yang sengaja disembunyikan pembuat template.


Jadi, di bagian footer (bawah blog) hanya akan tertera bahwa copyright tersebut milik Anda.


2. Mendapatkan Semua Fitur yang Ditawarkan


Dengan menggunakan template blog gratisan, maka tidak semua fitur yang ada di dalam template tersebut bisa diaplikasikan. Mungkin hanya 50 - 70% dari semua fitur yang bisa digunakan.


Hal itu dilakukan para pembuat template agar membedakan mana yang gratis dan yang premium. Tentunya, dengan membeli template premium Anda akan mendapatkan semua fitur yang ditawarkan pembuat template blog premium. Termasuk template yang responsive, berbagai fitur SEO dan kecepatan loading blog.


3. Mendapatkan Update Path dari Pembuat Blog


Seiring berkembangnya teknologi, maka akan ada pula banyak update untuk template blog Anda. Bila Anda memiliki atau mengunduh template blog gratis, maka Anda tidak akan mendapatkan update dari pembuat blog.


Berbeda bila Anda adalah pembeli template premium. Maka Anda akan mendapatkan update terus menerus di setiap waktu dari pemilik template.


4. Struktur Blog Lebih Rapi


Anda ingin mendapatkan struktur blog yang rapi, bukan? Termasuk ketika menyematkan banner tertentu. Nah, dengan template blog premium maka struktur blog Anda akan terlihat jauh lebih menarik dan tertata.


5. Menghargai Pembuat Template


Para pembuat template tentunya menghabiskan waktu berhari-hari untuk koding dan membuat sebuah template yang menarik. Nah, Anda akan menghargai kerja keras mereka dengan membeli template premium tersebut.


Harganya juga tidak begitu mahal. Bahkan ada template premium yang harganya $5 saja, meski tampilannya cukup sederhana. Termahal, ada yang dijual seharga Rp1 jutaan untuk tampilan yang rumit dan lebih sulit membuatnya.


Nah itu beberapa kelebihan bila menggunakan template premium. Tentunya, bila Anda ingin nge-blog dengan lebih serius, maka template premium mesti Anda perhatikan.


Mendapatkan Template Blog Premium dengan Gratis


Bagaimana bila pembuat blog tidak atau belum mampu membeli template blog premium? Tapi ingin sekali memiliki template premium?


Nah, kali ini PojokReview akan membagikan beberapa template premium yang kami miliki. Tentunya hal tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis.


Anda hanya perlu "membayarnya" dengan artikel. Tertarik ingin memiliki template premium secara gratis? Silahkan kirimkan email ke reviewpojok@gmail.com.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post