Friday, February 05, 2021

author photo
Cara Membuat Blog yang Menarik dan Terkesan Profesional
Cara Membuat Blog yang Menarik dan Terkesan Profesional

pojokreview.com - Ingin memiliki blog yang terkesan profesional, bahkan seperti website  profesional? Banyak yang ingin tahu cara membuat blog yang menarik dan terkesan profesional namun takut karena biayanya cukup besar.


Banyak yang ingin membuat blog yang menarik dan terkesan profesional namun tidak tahu caranya. Padahal, dengan blog yang menarik dan terkesan profesional, Anda bisa mengajukan kerjasama dengan klien, dan situs Anda bisa lebih terpercaya. Apakah benar membuat blog yang menarik dan terkesan profesional itu membutuhkan dana yang besar?


Namun, Anda ternyata bisa membuat blog yang menarik dan terkesan profesional hanya dengan Rp500 ribu saja, loh!


Bagaimana cara membuat blog yang menarik dan terkesan profesional hanya dengan Rp500.000? Ikuti step-stepnya berikut ini


Langkah-Langkah Cara Membuat Blog yang Menarik dan Profesional Murah Meriah


1. Buat Blog di Blogger


Ini pilihan yang paling murah dan gratis. Step pertama dari cara membuat blog yang menarik dan terkesan profesional adalah Anda hanya perlu masuk ke situs blogger.com lalu log in dengan akun email Anda. Tentunya, Anda sudah punya bahan untuk ditulis, bukan? Yah, tema blog menjadi hal yang terpenting, karena salah memilih tema membuat Anda akan menjadi berhenti di tengah jalan. Kelebihan lainnya adalah, Anda dengan mudah bisa mendapatkan hosting yang cukup besar dari Google yang bahkan bisa untuk menyimpan data di blog Anda sampai bertahun-tahun!


Kisaran dana: gratis. Sampai tahap ini, Anda masih tidak perlu mengeluarkan dana.


2. Beli Domain (.com dan sebagainya)


Setelah membuat blog, maka alamat blog Anda masih subdomain (www.blablabla.blogspot.com). Yah, tentunya blog Anda jelas terkesan gratisan bila Anda tidak membeli domain.


Anda bisa membeli domain murah di berbagai penyedia jasa beli domain murah. Salah satu yang direkomendasikan PojokReview adalah IDwebhost. Anda tinggal datang ke situs IDwebhost.com dan membeli domain di sana. 


Anda bisa membeli domain (dot)com agar lebih terkesan profesional dengan harga sekitar Rp130 ribu saja per tahun. Sedangkan bila Anda ingin yang lebih murah, bagi blog milenial, Anda bisa membeli domain (dot)xyz dengan harga sewa Rp9000 saja per tahun. Bila ingin tampak sebagai situs asal Indonesia, tentunya Anda bisa membeli domain (dot)id atau (dot)co(dot)id namun ada syarat yang harus dipenuhi seperti NPWP dan sebagainya.


Kisaran dana yang dibutuhkan: Rp9000 hingga Rp250.000. (Anggap saja Anda membeli domain (dot)com jadi biaya yang Anda keluarkan hingga tahap ini adalah Rp130.000)


3. Beli Template Premium


Bila Anda masih menggunakan template asli Blogger (ada banyak pilihannya) tentunya masih terkesan blog dan belum tampak menarik. Cara membuat blog yang menarik dan terkesan profesional yang selanjutnya adalah menggunakan template premium.


Menggunakan template gratisan tentunya bisa juga dan ada banyak pilihan. Tapi, tentunya banyak kekurangan. Lagi pula harga template premium juga tidak begitu mahal. Untuk template luar negeri rata-rata dibanderol seharga $9 hingga $29. Sedangkan di Indonesia, harga template premium adalah sekitar Rp150000 hingga Rp500.000.


Kisaran dana: Anggap saja Anda membeli template premium di Indonesia dengan harga Rp200 ribu. Anda ingin mendapatkan "hibah" template premium dari Pojok Review? Silahkan klik di artikel ini: Ini Alasan Kenapa Blog Anda Harus Pakai Template Premium


4. Hilangkan Navbar Blogger


Saat Anda membuat blog dari Blogger.com, maka akan muncul Navbar di sudut kanan atas. Tentunya, hal itu akan membuat tampilan menjadi kurang menarik, bukan? Nah, Anda bisa masuk ke Tata Letak lalu cari Navbar. 


Di konfigurasi Navbar, Anda pilih "off" yang paling bawah. Maka Navbar khas blogger akan hilang.


Kisaran dana: gratis. Berarti sampai di saat ini, Anda baru mengeluarkan dana sekitar Rp400 ribuan.


5. Hilangkan Logo Blogger


Tambahan lagi, di blog Anda akan muncul Logo Blogger. Nah, Anda tinggal masuk ke Tata Letak dan Cari "Logo Blogger" lalu klik hilangkan atau "off". Maka logo Blogger di bawah blog Anda akan menghilang.


Kisaran dana: gratis!


6. Atur Menjadi HTTPS


Setelah Anda melakukan aktivasi domain, maka di bagian atas (sebelah kiri alamat website) akan muncul seperti tanda tanya dan bila diklik akan muncul tulisan "situs ini tidak aman".


Nah, itu berarti domain Anda masih menggunakan "HTTP". Caranya, atur menjadi HTTPS. Anda tinggal masuk ke "Setelan" lalu gulir ke bawah sampai ketemu HTTPS.


Aktifkan ketersediaan HTTPS dan pengalihan HTTPS. Maka bagian atas blog Anda akan menjadi "Secure" atau "Aman".


Kisaran dana: gratis!


7. Atur Widget dengan Baik


Selanjutnya, Anda tinggal mengatur Widget disesuaikan dengan "tag" atau "label". Hilangkan juga arsip blog dan beberapa widget yang dibawa original dari Blogger. 


Kisaran dana: gratis!


8. Buat Logo dan Pavicon Blog


Untuk pembuatan logo, Anda bisa mencoba membuat sendiri, atau mengandalkan pembuat logo gratis. Nantinya, bila blog Anda sudah sukses, mungkin menjadi blog dengan penghasilan hingga $1.000 per bulan, bolehlah Anda mencoba jasa pembuat logo profesional. Jangan lupa logo Anda juga mesti dibuat menjadi Favicon yakni berukuran 16x16 pixel. Favicon adalah logo kecil yang ada di sudut kanan atas tab untuk blog Anda di Chrome atau Mozila. 


Tentunya sebelum Anda mengatur favicon sendiri, maka blog Anda akan memiliki favicon original dari Blogger yang khas dengan huruf "B" dalam kotak oranye. Anda bisa mencoba mencari pembuat favicon dengan kata kunci "favicon generator" atau "make favicon online"


Kisaran dana: Gratis. Tapi bila Anda punya dana berlebih dari Rp500.000 bisa saja Anda mencoba pembuat logo dan favicon profesional. Tapi, harganya tidak murah, loh.


9. Mulai Menulis dan Publikasikan!


Nah, sekarang situs Anda sudah siap. Anda tinggal menulis sesuai dengan tema blog Anda lalu publikasikan. Terpenting, posting secara rutin dan lakukan riset kata kunci dulu sebelum menulis artikel.


Tentunya di awal, Anda membutuhkan banyak artikel untuk menampilkan blog Anda. Meski memiliki template yang premium namun tulisan masih sedikit, tentunya tidak terkesan menarik. Nah, Anda bisa mencari jasa penulis artikel dengan modal Rp100.000. Anda bisa mendapatkan sekitar 5 artikel yang SEO friendly dengan kisaran jumlah kata 600 kata. Siapkan kata kunci yang Anda inginkan di 5 artikel pertama itu.


Bila Anda menggunakan jasa penulis artikel, tentunya sekarang Anda membutuhkan tambahan Rp100 ribu saja. 


Kisaran dana: Domain (dot com) ditambah Template Premium (Indonesia) + tambahan jasa lainnya di penyedia domain + 5 artikel pertama, berarti Anda hanya butuh Rp500 ribu, bukan?


Itu tadi 8 cara membuat blog yang menarik dan terkesan profesional dengan biaya hanya Rp500.000. Silahkan aplikasikan ke blog Anda.

This post have 2 komentar

  1. Makasih kak sangat bermanfaat untuk pemula yang mau buat blog

    ReplyDelete
Next article Next Post
Previous article Previous Post