Tuesday, April 27, 2021

author photo
Tips Mencari Pinjaman Online
Tips Mencari Pinjaman Online 


PojokReview.com - Sering kita dalam kondisi membutuhkan uang dalam waktu singkat karena hal-hal tertentu, namun akhirnya kesulitan untuk mencari pinjaman di bank. Dana cepat yang dibutuhkan bisa jadi untuk pendidikan, kesehatan, modal usaha, dan sebagainya. Salah satu solusi lain yang cukup cepat adalah pinjaman online. Namun banyak yang takut untuk meminjam online dikarenakan banyak hal, risiko, dan sebagainya. Kredit digital dianggap lebih berbahaya ketimbang kredit konvensional, pada faktanya tidak seperti itu.


Pinjaman online yang mulai berkembang di Indonesia dalam lima tahun terakhir bisa menjadi jawaban cepat untuk keperluan tersebut. Anda tinggal mengunduh aplikasinya di PlayStore, atau IoS dan sebagainya, lalu masukkan data sesuai KTP, unggah dokumen keterangan diri, berikutnya Anda tinggal meminjam dana yang dibutuhkan bermodalkan KTP. Kebanyakan orang-orang yang bermasalah dalam pinjaman online biasanya disebabkan oleh dua hal;

  1. Jasa pinjaman online yang tidak aman
  2. Peminjam menunggak bayaran melewati tenggat waktu yang sudah ditentukan

Hal itu bisa dihindari dengan mudah, dan Anda bisa meminjam dengan baik bahkan bisa mengajukan untuk meminjam lagi di masa mendatang. Untuk masalah menunggak bayaran, tentunya pinjaman apapun akan menjadi bermasalah bagi Anda. Karena itu, sebelum meminjam uang, pastikan benar bahwa Anda sudah mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan pengembalian pembayaran tersebut. Hindari peminjaman untuk benda atau hal yang tidak produktif, kecuali Anda benar-benar terdesak. Itupun juga harus dipertimbangkan bagaimana Anda akan mengembalikan pembayaran tersebut. 

Anda bisa saja menggunakan dana dari pinjaman online untuk beberapa kebutuhan yang non-produktif alias bukan untuk modal. Bisa untuk renovasi rumah, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Namun seperti sempat disinggung di atas tadi, Anda juga harus benar-benar memastikan ada dana yang digunakan untuk pengembalian hutang tersebut beserta bunganya tepat sebelum jatuh tempo. Karena itu, kata kuncinya adalah Anda harus benar-benar bijaksana dalam menentukan waktu untuk meminjam uang, serta besaran uang yang dipinjam.

Sedangkan untuk jasa pinjaman yang tidak aman, bisa Anda hindari dengan melakukan pengenalan atau pencarian informasi terkait penyedia jasa pinjaman online tersebut. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan antara lain;

1. Penyedia jasa pinjaman online terbukti dan tersertifikasi

Penyedia pinjaman yang Anda pilih mesti tersertifikasi dan dipastikan memiliki izin. Tentunya, penyedia jasa fintech (financial technology) lending tersebut harus mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Aplikasi penyedia jasa menawarkan hal lain

Penyedia pinjaman yang Anda pilih juga mesti tidak hanya sebagai pinjaman uang saja. Ada beberapa fitur lain yang dimilikinya, misalnya bisa digunakan sebagai tempat pembelian pulsa, menabung, dompet digital, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda memiliki akses untuk terus menggunakan aplikasi tersebut.

3. Mampu mengakomodir kebutuhan Anda

Tentunya pinjaman online yang baik harus mampu mengakomodir kebutuhan Anda. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda, maka tidak bisa disamaratakan. Harus ada hal yang berbeda antara pinjaman untuk masyarakat kecil, dengan perusahaan besar misalnya.

4. Berbasis teknologi

Saat Anda meminjam uang, dalam waktu kurang dari 1 jam, dana yang dibutuhkan harus sudah mengalir ke dalam rekening Anda. Hal itu memungkinkan Anda untuk segera menyelesaikan atau melakukan hal yang perlu Anda lakukan dengan dana tersebut. Karena itu, pinjaman tersebut harus berbasis teknologi yang mutakhir, dan aplikasinya terus diperbaharui mengikuti kemajuan zaman.

Aplikasi Fintech Lending JULO, Karya Anak Bangsa



Salah satu aplikasi fintech lending yang direkomendasikan adalah JULO. Aplikasi satu ini merupakan buatan anak bangsa dan mendukung perputaran ekonomi di Indonesia. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Kelebihan dari JULO adalah tidak hanya menyediakan pinjaman online, tapi juga bisa untuk transaksi e-commerce sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pembelian produk di online store terpercaya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menjadi dompet digital atau membantu top up dompet digital Anda. Anda juga mudah melakukan pinjaman tunai dengan kredit digital, serta melakukan transfer dana ke orang lain. Bahkan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pembayaran tagihan seperti listrik, BPJS, dan sebagainya.

Anda bisa melakukan pinjaman lalu melakukan pembayaran dengan cicilan ringan secara bulanan. Apabila Anda bisa meminjam dan mengembalikan dengan baik, Anda bisa mengajukan kembali pinjaman dengan sangat mudah. Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 350 ribu nasabah yang ada di seluruh Indonesia. 

Kenapa Harus Percaya JULO


Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih JULO sebagai aplikasi Fintech pilihan Anda. Pertama, Julo mengantongi lisensi ISO 27001 perihal keamanan data konsumen. Hal itu menjadikan Anda tidak perlu takut data pribadi Anda dicuri, atau disalahgunakan. Tidak hanya itu, Julo juga mengantongi izin penuh dari OJK sejak pertengahan tahun 2020 silam.

Aplikasi Fintech lending satu ini juga mendapat kepercayaan dan apresiasi tinggi di tingkat internasional. Sebelumnya, JULO menjadi jawara Indonesian Fintech Festival, kemudian menjadi pemenang UN Fintech Challenge. Ditambah lagi dengan keberhasilan mendapatkan titel pemenang Inclusive Fintech 50. 

Bila Anda membutuhkan dana sekarang, silahkan unduh JULO di smartphone Anda dan lakukan peminjaman. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post