Tuesday, April 27, 2021

author photo


PojokReview.com - Bekerja dari rumah seperti yang dilakukan selama pandemi tentunya bisa jadi mengasyikkan. Agar lebih fokus, Anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan meja kerja di rumah Anda. 


Bagi yang memiliki rumah cukup besar, dan ada ruang kerja tentunya akan sangat mudah menempatkan meja kerja berukuran besar di ruang khusus. Tapi, bagaimana bila Anda tinggal di rumah minimalis yang cukup sempit misalnya? 


Kita anggap saja, rumah Anda adalah tipe standar 7x7 (luas 49 m) dengan dua kamar, satu ruang tamu, satu ruang tengah atau ruang santai, dan dapur plus ruang makan. Tentunya, Anda sudah tidak begitu punya banyak ruang untuk ruang kerja, bukan? 


Berikut tips membuat ruang kerja yang bisa Anda lakukan di rumah agar tetap nyaman saat bekerja.


1. Hindari ruang kerja ditempatkan di ruang santai atau ruang keluarga


Meski ruang keluarga atau ruang santai adalah ruang paling besar di rumah Anda, tapi jangan terpikir untuk menempatkan ruang kerja Anda di sana. Pertimbangkan bahwa tempat tersebut merupakan tempat di mana keluarga Anda berkumpul untuk santai sambil menonton televisi, anak Anda juga sedang bermain dengan bahagia, serta lain-lain yang bisa mengganggu fokus Anda.


Apabila memang masih ingin menempatkan ruang kerja di tengah ruang santai, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberi sekat, mungkin dengan triplek dan sebagainya untuk memberi batas mana yang ruang kerja tempat Anda tidak perlu diganggu, dan mana ruang santai.


2. Hindari ruang kerja ditempatkan di dekat dapur dan meja makan


Dapur juga bukan tempat ruang kerja yang tepat, kecuali bila pekerjaan Anda memang seorang koki. Apalagi berada di dekat tempat makan. Anda bisa terganggu dengan aktivitas dapur dan ruang makan, sehingga pekerjaan Anda tidak bisa dilakukan dengan fokus dan serius.


3. Pertimbangkan bagian bawah tangga untuk menjadi ruang kerja


Satu tempat yang cukup tepat untuk menjadi ruang kerja adalah bagian di bawah tangga. Khususnya bila rumah Anda bertingkat. 


4. Pertimbangkan ruang tamu menjadi kantor


Ini pilihan yang cukup tepat karena Anda bisa mempertimbangkan ruang tamu yang cukup lapang untuk menjadi tempat meja kerja Anda. Setidaknya, ketika menerima tamu biasa, maka ruang tersebut menjadi ruang tamu yang sesungguhnya. Tapi, ketika yang datang adalah "tamu" pekerjaan Anda, bisa klien bahkan investor, maka ruang tamu Anda justru berubah menjadi tempat rapat.


5. Berada di dekat jendela


Pertimbangkan meja kerja diletakkan di dekat jendela. Hal ini ditujukan agar sirkulasi udara menjadi lancar dan Anda bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup ketika bekerja.


6. Pilih meja kerja yang keren sebagai penghias ruangan


Agar ruangan menjadi terlihat menarik maka pilih meja kerja yang tepat dan mendukung interior ruangan Anda. Misalnya meja kerja Anda berada di ruang tamu, tentunya akan menjadi semakin baik bila mejanya juga artistik.


This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post