Sunday, June 06, 2021

author photo

PojokReview.com - Seorang remaja di Aceh yang sering bermain game online tiba-tiba merasakan tangannya bergerak sendiri seperti ketika sedang bermain game. Padahal, ia sedang duduk di rumah dan tangannya bergerak sendiri tanpa terkontrol. Keluarganya panik dan membawanya ke rumah sakit terdekat. Pada saat itu, nyaris semua anggota keluarganya mengira penyakit aneh tersebut disebabkan karena keseringan bermain game online.


Faktanya penyakit aneh itu memang ada dan cukup langka terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan saraf yang membuat tangan manusia bisa bergerak sendiri tanpa terkontrol. Ada banyak sebutan untuk penyakit ini, paling sering adalah Sindrom Tangan Alien (Alien Hand Syndrome). Penyebabnya jelas pada saraf, jadi bukan karena sering atau tidaknya seseorang bermain game online.


Sebutan lain pada penyakit Sindrom Tangan Alien adalah tangan anarkis (Anarchy Hand), Sindrom Dr Strangelove (Dr Strangelove's syndrome), atau Strangelovian Hand. Apapun sebutannya di berbagai daerah dan negara tersebut intinya cuma satu, sindrom tangan alien adalah ketidakmampuan manusia mengontrol gerak tangannya sendiri. 


Tangan tanpa sadar melakukan sesuatu yang justru melawan kehendak pemiliknya. Anda mungkin masih beruntung bila tangan Anda hanya mengancingkan baju, atau membuka kancing baju. Kadang-kadang, tangan penderita sindrom tangan alien ini bahkan memukul diri sendiri, mencekik, mengambil benda dan melemparkannya. Serta banyak hal lain yang justru membahayakan si pemilik tangan.


Apa Penyebab Sindrom Tangan Alien?




Sindrom tangan alien disebabkan oleh masalah pada otak, mungkin karena stroke, tumor, dan sebagainya. Berbagai penyakit yang menyerang otak seperti kanker otak, neurodegeneratif, aneurisma otak, dan sebagainya juga bisa mengakibatkan penyakit ini.


Ada juga beberapa kasus disebabkan karena operasi otak, misalnya untuk epilepsi dan sebagainya. Ada sayatan di corpus callosum otak membuat kemungkinan sindrom tangan alien bisa terjadi.


Namun, sayangnya hingga hari ini tidak ditemukan obat yang tepat untuk mengobati penyakit satu ini. Hanya satu kemungkinan untuk pengobatan sindrom tangan alien yakni terapi. Namun, terapi untuk sindrom tangan alien juga masih belum dikembangkan dengan sempurna, mengingat masih sedikitnya kasus ini.


Beberapa obat yang ditujukan untuk terapi kontrol otot dan terapi saraf kadang mungkin berguna. Namun, paling sering yang digunakan untuk mengurangi dampak penyakit ini adalah teknik pelatihan tertentu, seperti pelatihan visuospatial dan sebagainya.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post