close

Wednesday, June 30, 2021

author photo
mengetuk dada dengan jari bisa tingkatkan imun?




PojokReview - Di berbagai grup Whatsapp, Telegram, hingga di Twitter, saat ini sedang viral anjuran untuk mengetuk dada bagian tengah menggunakan jari sekitar 12 menit per hari. Tujuannya untuk membuat kelenjar timus (thymus) yang berada di rongga dada lebih terpicu dan sistem imun tubuh meningkat.


Video tersebut menyebar dengan luas hingga mungkin Anda juga sudah mendapatkan video sepanjang 2 menit tersebut. Tidak hanya video, beberapa artikel di blog juga menulis ulang anjuran mengetuk bagian tengah dada tersebut, atau istilah yang cukup terkenal adalah thymus thump.


Namun, apakah benar thymus thump alias mengetuk bagian tengah dada tersebut bisa meningkatkan sistem imun? Nyatanya, kabar tersebut masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. Sebab, hingga saat ini belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan thymus thump tersebut bisa meningkatkan imunitas, mengurangi kecemasan dan alergi, serta manfaat lain yang diklaim dalam video tersebut.


Faktanya adalah kelenjar timus tersebut aktif ketika usia seseorang masih di bawah 28 hari. Lalu, masih terus bekerja hingga remaja. Setelah itu, fungsi dari kelenjar timus itu sendiri sudah semakin menurun dan sistem imunitas tubuh sudah diatur oleh organ yang lain. Timus ini akan tergantikan dengan deposit lemak.


mengetuk dada dengan jari bisa tingkatkan imun?


Dari akun Instagram @blogdokter, dr I Made C Wirawan menegaskan bahwa mengetuk dada tidak akan meningkatkan kekebalan tubuh. Cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan menjaga pola hidup sehat, istirahat dan olahraga yang cukup, tidak stres, dan sebagainya. 


Begitu juga diungkapkan lewat website alodokter.com. Diungkapkan oleh dr. Saphira Evani lewat website tersebut, hingga saat ini masih belum ada penelitian medis yang memberikan bukti yang cukup terhadap tindakan tersebut dalam meningkatkan imunitas tubuh.


Viral di tengah pandemi


Video pendek yang beredar di berbagai platform dan media sosial tersebut tentunya mencuri perhatian. Apalagi, dengan kondisi di tengah pandemi dan penyakit mematikan yang sedang mengincar setiap orang, maka peningkatan sistem imunitas tubuh menjadi hal yang wajib dilakukan.


Tapi, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan, serta tidak stres, tentunya cukup sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Jadi, kalau ada yang lebih mudah, kenapa tidak?


Lalu, muncullah video yang mengatakan Anda bisa tetap sehat, dan memiliki sistem imunitas yang baik dan terhindar dari berbagai penyakit hanya dengan "mengetuk dada dengan jari". Sangat murah biaya, mudah dilakukan, dan dampaknya diklaim sangat besar.


Hal itulah yang membuat kabar burung itu begitu cepat menyebar ke mana-mana. Di Twitter saja, postingan tersebut sudah tersebar hingga ke 2 juta pengguna. Di Indonesia, sudah dibagikan sekitar 20 ribu orang. Itu belum terhitung jumlah video yang tersebar di Facebook, Whatsapp, Instagram, dan Telegram.


Jadi, lebih baik cek sekali lagi setiap informasi yang masuk, agar tidak termakan mentah-mentah setiap informasi palsu. Jangan-jangan si pembuat video pertama kali tertawa di kamarnya mendengar ada ribuan orang sedang kurang kerjaan mengetuk-ngetuk dadanya sendiri dengan jari di seluruh dunia. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post