close

Tuesday, June 29, 2021

author photo
Tips pakai batik Indonesia yang casual dan modern
Tips pakai batik Indonesia yang casual dan modern

PojokReview.com - Batik merupakan kekayaan budaya Indonesia yang ditetapkan Unesco sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Sayangnya, sejak dulu batik Indonesia selalu identik dengan pakaian yang hanya bisa digunakan dalam acara formal.


Karena itu, dulu sangat jarang ditemukan batik Indonesia yang digunakan anak muda dalam situasi santai. Namun, para perancang busana mencoba merayakan kekayaan budaya Indonesia dengan membuat inovasi di bidang fashion menggunakan batik Indonesia. Semakin hari, semakin banyak batik yang didesain menjadi lebih modis, modern, dan tentunya sangat pas digunakan untuk anak muda di berbagai kesempatan.


Tampil menarik dengan batik tentunya adalah tampilan khas Indonesia. Warnanya yang unik, dipadu dengan pakaian modern, menjadikan tampilan semakin memukau. Tapi, ada tips menggunakan batik yang mesti diikuti untuk tetap dapat tampil keren dalam berbagai kesempatan.


Siapa bilang pakai batik hanya bisa untuk situasi formal?


Menggunakan batik tentunya bisa dilakukan dalam berbagai kesempatan. Banyak yang tidak ingin menggunakan batik sehari-hari, karena tampak terlalu tua atau justru tampak terlalu formal. Nah, berikut ini PojokReview akan memberikan tips menggunakan batik untuk anak muda yang casual dan mencuri perhatian.


Kenapa harus pakai batik? Karena kalau bukan kita yang melestarikan kekayaan budaya kita, siapa lagi? Selain itu, batik juga menjadikan tampilan Anda tampak unik dan memukau. Jadinya, bisa jadi pusat perhatian, sekaligus tampil eksotis.


Ditambah lagi, batik tidak hanya digunakan oleh orang Indonesia. Ada banyak pesohor luar negeri yang bahkan menyukai batik Indonesia. Sampai boyband kenamaan asal Korea Selatan, Exo juga pernah perform menggunakan batik Indonesia!


Apa saja yang harus dipertimbangkan agar bisa menggunakan batik namun tetap terkesan muda, stylish, dan casual?


Perhatikan pilihan warna


Agar terkesan casual dan mudah di-mix dengan pilihan pakaian lainnya, maka pilih batik dengan warna yang lebih cerah. Atau, pilihan warna pastel akan lebih terkesan tampak muda.


Warna batik kebanyakan lebih gelap, seperti warna cokelat tua, warna merah bata, hingga warna tanah. Karena itulah, batik akan membuat Anda terlihat lebih dewasa dan formal.


Kesan yang lebih casual dan anak muda justru bisa Anda dapatkan dengan batik yang warnanya cerah. Bisa berwarna yang terang, atau pastel.


Potongan batik yang modern


Bila Anda menggunakan gamis, atau kemeja, tentunya akan terkesan lebih formal dan dewasa. Untuk kesan yang lebih muda dan casual, Anda mesti memilih batik yang lebih modern potongannya. Bisa jenis dress, atau outer, sampai jumpsuit.


Cari yang sesuai dengan style anak muda saat ini dan padukan dengan pakaian modern lainnya. Bisa seperti t-shirt, tank top, dan sebagainya.


Pertimbangkan ukuran tubuh Anda


Agar tampak menarik, tentunya Anda mesti mempertimbangkan ukuran tubuh Anda sebelum memilih batik. Tips untuk yang bertubuh kurus adalah pilih yang membuat Anda terkesan berisi.


Tips batik tubuh kurus


Bila Anda bertubuh kurus, maka tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah hindari batik warna hitam karena akan membuat Anda jauh lebih kurus. Hindari juga batik yang ketat dan melekat di tubuh.


Anda bisa memilih jenis batik dengan motif horizontal alias garis ke samping. Hal itu akan membuat ilusi optik bahwa tubuh Anda lebih lebar.


Selain itu, padukan dua motif yang unik dan tambahan model juntaian atau berlayer-layer untuk menjadikan tampilan Anda semakin berisi.


Tips batik tubuh gemuk


Untuk pemilik tubuh gemuk, jangan pilih pakaian yang terlalu longgar karena akan membuat Anda tampak jauh lebih gemuk. Hindari juga yang terlalu ketat.


Anda juga mesti menghindari batik yang dibuat dari kain melar. Pakaian dengan tambahan warna hitam akan menjadikan Anda terkesan lebih langsing.


Khusus untuk Anda yang bertubuh gemuk, Anda bisa memilih motif yang terkesan ramai. Namun, tetap pilih motif yang kecil. Hindari motif yang besar-besar karena membuat Anda semakin gemuk.


Sebagai tambahan, gunakan pilihan baju atasan dengan leher berbentuk V. Dengan demikian, Anda akan terkesan lebih kurus.


Tips tambahan untuk tampil stylish dengan batik


Masih ada beberapa hal lagi yang bisa Anda pertimbangkan agar tetap terkesan lebih muda dan stylish ketika menggunakan batik.


Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan motif klasik, seperti batik lurik. Namun, pilihan warnanya juga modelnya mesti kontemporer. Hasilnya, Anda akan terlihat stylish.


Tips menggunakan batik agar terlihat muda berikutnya adalah lengkapi dandanan Anda dengan bawahan atau dalaman yang lebih modern. Anda bisa menggunakan celana palazzo misalnya, atau dilengkapi dengan aksesoris.


Pilihan tambahan tersebut mesti up to date, jadinya tampilan Anda terlihat lebih stylish dan mengikuti perkembangan zaman.


Batik Indonesia modern dengan brand Oedel

Oedel batik Indonesia


Salah satu brand batik yang inovatif dan cocok untuk anak muda adalah Oedel Batik Indonesia. Oedel batik memiliki visi untuk menjaga batik tetap sebagai urat nadi bangsa, karena setiap corak dan motifnya punya cerita yang unik dan memukau.


Brand batik yang berasal dari pulau Bali ini membuat batik tangan dengan melibatkan banyak pekerja kreatif, seperti pengrajin, penjahit, pembatik, desainer, dan tentunya pengantar barang. Lebih menariknya lagi, brand Oedel Batik ini menyisihkan keuntungan dari penjualannya untuk penghijauan dan penanaman pohon di hutan Indonesia.


Setiap batik yang dijual Oedel Batik Indonesia didesain mulai dari rancang pola di kain oleh desainer yang kreatif. Kemudian, proses dilanjutkan dengan mengoleskan lilin di kain batik tersebut. Jadi, bukan kain batik printing, yah.


Karena batik yang sesungguhnya adalah batik lilin atau malam. Batik printing hanya membunuh para pengrajin dan seniman batik di Indonesia, alih-alih menjaga budaya.


Proses berikutnya adalah mewarnai pola yang sudah diberi lilin panas. Baru terakhir setelah diwarnai, maka diberikan sealer agar warna batik bisa tetap tersegel dan ditunggu hingga kering.


Brand Oedel juga membuka kesempatan bagi Anda yang ingin belajar batik, mulai dari desain, aplikasi lilin, pewarnaan, segel warna. Bila Anda berada di Bali dan tertarik untuk mendapatkan kelas privat batik, Anda bisa menghubungi alamat email [email protected].


Rekomendasi batik dari Oedel Batik yang kekinian dan menunjang gaya Anda


Oedel memproduksi batik yang unik, kekinian, dan tentunya stylish. Mulai dari outer, kimono, shirt, tas, tali pinggang, hingga bikini! Beberapa jenis model dan motif batik, mulai dari batik Bali, batik Jawa, dan sebagainya tersedia di Oedel. 


Berikut beberapa produk dari Oedel Batik yang direkomendasikan untuk Anda, beserta di mana beli batik Oedel tersebut.


Rekomendasi Batik Indonesia yang Stylish dari Oedel Batik Indonesia


1. Top Shirt Merak Cokelat W


oedel batik Indonesia

Tampilan kemeja yang kekinian dengan tambahan ornamen kain diikat di bagian perut jadikan tampilan Anda semakin memukau. Sangat cocok dipadukan dengan jeans pendek untuk jadikan tampilan yang unik dan memukau.


Top Shirt Merak Cokelat W dijual seharga Rp200 ribuan bisa Anda dapatkan di Website Oedel.


2. Oedel Unisex Batik Shirt Gold Deer


oedel batik Indonesia

Shirt satu ini hadir dalam warna merah yang cerah di bagian tengah, dan putih di lengan. Kelebihannya, bisa digunakan baik untuk pria maupun wanita. Sangat pas dipadukan dengan bawahan celana panjang, seperti palazzo, jeans, dan celana dasar. 


Oedel Unisex Batik Shirt Gold Deer ini dijual seharga Rp225.000, bisa Anda dapatkan di Shopee.


3. Oedel Kimono Batik Lurik


oedel batik Indonesia


Ini sangat pas untuk menemani Anda hang-out ke Mall, atau kumpul bersama teman. Tampilan yang menarik dari kimono dengan motif batik lurik dan V-neck jadikan Anda terkesan seksi, memukau, sekaligus fashionable.


 Oedel Kimono Batik Lurik ini dijual seharga Rp200.000, bisa Anda dapatkan di Tokopedia.


4. Oedel Batik Tanktop Tombak


oedel batik Indonesia


Ingin tampilan yang seksi, unik, dan eksotik? Oedel Batik Tanktop Tombak bisa menjadi pilihan yang pas untuk gaya Anda. Tampilan yang seksi, serta paduan warna kuning, biru, dan motif yang menarik jadikan tampilan Anda semakin memukau.


Oedel Batik Tanktop Tombak ini dijual seharga Rp150.000, bisa Anda dapatkan di Shopee.


5. Oedel Batik Top Bintik


oedel batik Indonesia


Ingin menggunakan batik tapi terkesan chic dan berjiwa muda? Nah, Oedel Batik top Bintik ini adalah pilihan yang pas untuk gaya Anda. Hadir dalam paduan warna biru dan putih dengan motif yang menarik. Tentunya, sangat cocok untuk pilihan gaya Anda yang lebih chic dan girly.


Oedel Batik Top Bintik ini dijual seharga Rp175.000, bisa Anda dapatkan di Tokopedia.


6. Oedel Unisex Batik Shirt Lurik Bali Batik


oedel batik Indonesia

Ingin tampil gaya dengan kemeja yang santai? Oedel Unisex Batik  Shirt Lurik Bali Batik bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Apalagi bila Anda bertubuh kurus, akan terkesan berisi dengan kemeja satu ini. Anda bisa memadukannya dengan celana panjang berwarna gelap untuk tampilan yang menarik.


Oedel Unisex Batik Shirt Lurik Bali Batik dijual seharga Rp180.000, bisa Anda dapatkan di Shopee.


7. Oedel Tanktop Batik Iin


oedel batik Indonesia


Sedang mencari tank top untuk musim panas atau bersantai di pantai? Kenapa tidak mencoba Oedel Tanktop Batik Iin satu ini? Desain yang unik dengan warna cerah menjadikan Anda semakin seksi dan chic. Untuk kesan yang lebih girly, Anda bisa padukan dengan celana pendek dengan warna yang senada.


Oedel Tanktop Batik Iin dijual seharga Rp100ribuan , bisa Anda dapatkan di Instagram Oedel Batik


8. Overall Dress Batik Indonesia Oedel Green Tosca


oedel batik Indonesia


Berikutnya ada pilihan overall dress untuk Anda yang ingin tampil seksi dan girly. Paduan warna hijau tosca dengan putih menjadikan Anda tampak lebih bersinar dan cerah. Tentunya Overall Dress Batik Indonesia Oedel Green Tosca bisa membuat Anda mencuri perhatian di manapun berada.


Overall Dress Batik Indonesia Oedel Green Tosca  dijual seharga Rp200ribuan, bisa Anda dapatkan di Instagram Oedel Indonesia.


9. Kardigan Batik dan Celana Pendek Batik Oedel Kartini Set


oedel batik Indonesia


Sedang mencari outwear yang casual, maka produk satu ini bisa dipertimbangkan. Anda bisa tampil menarik dan seksi dan bisa Anda padukan dengan pakaian dalaman yang senada.


Kardigan Batik dan Celana Pendek Batik Oedel Kartini Set dijual seharga Rp350.000bisa Anda dapatkan di Shopee.


10. Oedel Batik Indonesia Bundle of Pipit Merah


oedel batik Indonesia


Ini pilihan bila Anda ingin tampil ayu dan anggun, sekaligus seksi dan unik. Oedel Batik Indonesia Bundle of Pipit Merah adalah pilihan pakaian dengan warna merah yang cerah, sangat menjadikan Anda tampil lebih muda dan terkesan ceria.


Silahkan cek di Instagram Oedel Indonesia untuk mendapatkan pakaian yang cantik ini.


Di mana beli batik Oedel Offline?


Bagi banyak orang, khususnya untuk membeli pakaian, maka lebih memilih untuk datang ke tokonya. Jadi, bisa langsung dicoba sebelum dibeli. Khusus untuk batik Oedel, di mana beli batik tersebut secara offline?

Selain pembelian di online shop di atas, Anda yang berdomisili di Bali bisa datang langsung ke butik Oedel Batik Indonesia di Mall Seminyak Village lantai dasar. Mall Seminyak Village terletak di jalan Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Atau, informasi lebih lanjut bisa Anda lihat di situs resmi Oedel Batik Indonesia (https://www.oedel.id).

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post