close

Thursday, July 01, 2021

author photo
Vietnam berpeluang besar ke Piala Dunia 2022
Vietnam berpeluang besar ke Piala Dunia 2022

pojokreview - Menarik menyimak perjalanan tim nasional Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2022. Apalagi, ketika tim ini mencuri perhatian usai membantai Timnas Indonesia dengan skor telak 4-0 di awal Juni.


Sebelumnya, Vietnam keluar sebagai jawara piala Suzuki AFF setelah di partai final mengalahkan Malaysia dengan skor agregat 2-1. Selanjutnya, Vietnam berhasil menembus babak perempat final Piala Asia, sebelum harus takluk dengan kekuatan timnas Jepang dengan mayoritas pemain yang merumput di liga elit Eropa. Itupun dengan skor tipis 1-0.


Vietnam menjadi satu-satunya perwakilan AFF yang lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar. Vietnam lolos bersama Uni Emirat Arab, Australia, Iran, Saudi Arabia, Jepang, Korea Selatan, Suriah, Cina, Irak, Oman, dan Libanon. Selama fase grup di babak ketiga, Vietnam hanya satu kali merasakan kekalahan, yakni ketika bertandang ke Uni Emirat Arab. Itupun (lagi-lagi) dengan skor tipis 3-2. Sebelumnya, UEA juga harus takluk ketika bertandang ke kandang Vietnam.


Dari perjalanan tersebut, Vietnam mungkin sudah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu tim kuat di Asia. Tapi, bagaimana peluang Vietnam ke Piala Dunia?


Peluang Vietnam ke Piala Dunia cukup terbuka, meski harus berusaha keras. Ke-12 tim nasional tersebut akan dibagi ke dua grup, dan untuk langsung masuk ke Piala Dunia, Vietnam setidaknya harus mendapatkan posisi runner up di grup.


Posisi pertama dan kedua di setiap grup akan menjadi 4 negara yang mewakili Asia ke Piala Dunia. Sebagai tambahan, di antara 12 tim yang lolos tersebut ada Korea Selatan, Jepang, Australia, dan Saudi Arabia yang "langganan" menjadi wakil Asia ke Piala Dunia.


Yah, dari 12 tim yang lolos ke babak ketiga, hanya ada 4 tim yang lolos langsung. Itu berarti, akan ada 8 tim yang disingkirkan. Bagaimana bila Vietnam termasuk dalam 8 tim yang tersingkir tersebut?


Vietnam bisa mencoba meraih posisi ketiga untuk kemudian maju ke babak ke-4. Di babak ke-4 ini, juara ketiga dari kedua grup akan diadu lewat dua pertandingan kandang-tandang. Tim yang menang akan masuk ke fase playoff yakni bertanding dengan wakil dari zona lain.


Bagaimana kekuatan dan skuat timnas Vietnam


Timnas Vietnam saat ini berada di urutan 16 Asia, dan rangking 98 dunia. Vietnam bahkan berada jauh di atas Thailand, Filipina, Indonesia, dan Malaysia. Dengan urutan ke-16 Asia, berarti Vietnam adalah timnas nomor satu di Asia Tenggara.


Kelebihan Vietnam adalah tidak menggunakan pemain naturalisasi seperti sebagaimana rata-rata timnas lain di Asean. Selain itu, rata-rata pemain adalah jebolan liga Vietnam sendiri. Hanya ada dua pemain Vietnam yang bermain di luar Vietnam, yakni Dang Van Lam (kiper) yang bermain di klub divisi utama Jepang, Cerezo Osaka. Satu lagi adalah Nguyen Cong Phuong yang bermain di divisi II liga Jepang, yakni di klub Mito Hollyhock.


Untuk merobek jala lawan, Vietnam masih mengandalkan pemain muda terbaik Vietnam tahun 2010 dan 2011,  Nguyn Van Quyet. Pemain terbaik Liga Vietnam tahun 2018 ini sudah mengoleksi 14 gol sepanjang karirnya bersama timnas senior Vietnam. Para pemain muda, dengan rata-rata usia sekitar 25 tahunan bisa menjadi kekuatan tersendiri bagi Vietnam.


Ditambah lagi dengan pelatih berpengalaman yang ada di belakang keperkasaan Vietnam saat ini, Park Hang-seo. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan adalah mantan pemain tim nasional Korea Selatan di akhir tahun 1980-an dan menjadi asisten Guus Hidink di Piala Dunia 2002.


Terpenting, sejak 2018, Vietnam terus menunjukkan grafik yang meningkat. Terutama pasca menjadi jawara AFF dan perempat final Piala Asia. Apakah akan ada wakil dari Asia Tenggara ke Piala Dunia tahun ini? Kita tunggu saja.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post