close

Monday, June 14, 2021

author photo
Kardiologis sebut Christian Eriksen tidak bisa bermain bola lagi
Kardiologis sebut Christian Eriksen tidak bisa bermain bola lagi

PojokReview - Profesor kardiologi olahraga di University of St George, London, Sanjay Sharma memprediksi bintang Intermilan dan Timnas Denmark, Christian Eriksen kemungkinan besar akan gantung sepatu lebih cepat. Hal itu dikatakannya pada kantor berita Inggris dan Irlandia, PA. Dalam berita yang juga dimuat di Fox Sports tersebut, Prof Sharma menyebut bahwa serangan jantung yang diderita Eriksen menjadikan kondisinya tidak memungkinkan untuk bermain bola lagi di level profesional.


Sharma menyebut bahwa Eriksen dalam kondisi stabil dan kondisinya saat ini sangat membaik. Tapi, ia tidak menganjurkan Eriksen untuk bermain lagi karena sangat membahayakan dirinya sendiri. "Saya tidak tahu apakah ia akan bermain sepakbola lagi, walau saya menginginkan dia tidak melakukannya (bermain sepakbola lagi)," kata Sharma dikutip dari Fox.


Bila mengacu pada regulasi kesehatan untuk atlet di Inggris, Prof Sharma menyebutkan bahwa liga Inggris sangat ketat terhadap hal itu. Karena itu, berdasarkan regulasi kesehatan di Inggris, Eriksen dipastikan tidak akan bisa bermain. 


Profesor Shanjay Sharma
Profesor Shanjay Sharma

Tentunya, hal yang berbeda mungkin diterapkan di Italia, di mana Eriksen sedang bermain saat ini. Eriksen sendiri roboh di tengah pertandingan antara Denmar melawan Finlandia, Minggu (13/06/2021) lalu. Beruntung, kapten timnas Denmark Simon Kjaer menjadi penyelamat dengan memberikan pertolongan pertama pada Eriksen.


Kjaer datang dan melakukan tindakan penyelamatan dimulai dari memastikan Eriksen tidak menggigit atau malah menelan lidahnya. Hal itu bisa membuat pasien atau korban pingsan mendadak karena serangan jantung tertutup saluran pernapasannya.


Tindakan kedua yang dilakukan Kjaer adalah CPR atau Cardio Pulmonary Resuscitation (resutasi jantung paru). Bentuk tindakannya bisa kompresi dada (seperti yang dilakukan Kjaer) atau memberi napas buatan. Hal itu akan membantu tim medis menyelamatkan dan memastikan korban tidak meninggal.


Karena itulah, Christian Eriksen selamat dari bencana yang bisa saja merenggut jiwanya tersebut. Aksi heroik Kjaer tentunya bisa ditiru oleh siapapun, termasuk Anda, bila mendadak menemukan korban yang kolaps seperti kejadian Eriksen. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post