close

Monday, June 14, 2021

author photo
Kejanggalan Bahasa Inggris


PojokReview.com - Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia, bahkan menjadi bahasa pertama di banyak negara. Nyaris lebih dari 60 negara di dunia menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara. 


Tahun 2010 lalu, tercatat lebih dari 380 juta penutur bahasa Inggris di seluruh dunia. Selain itu tercatat 250 ribu kata dalam Oxford Dictionary, belum termasuk bahasa "slank" dan bahasa "gaul" yang belum termaktub dalam kamus.


Meski demikian, ada sejumlah "kejanggalan" dalam bahasa Inggris yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut beberapa di antaranya:


1. Driveways dan Parkways. 


Parkways memiliki arti "jalan taman" yang memungkinkan Anda bisa berkendara (drive) di dalamnya. Sedangkan driveways adalah "jalan masuk" yang biasanya jalan masuk ke rumah seseorang. Biasanya, di "jalan masuk" ini Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda. Dengan kata lain, Anda bisa "park" di driveways, tapi tidak di "parkways". Tapi, Anda bisa "drive" di parkways, tapi tidak di "driveways". 


2. Recital and Play


Dalam bahasa Inggris, play berarti bermain. Namun, bisa juga diartikan sebagai pertunjukan drama. Nah, di dalam "play" itu, yang Anda lakukan adalah "recite" alias membaca (lebih dekat ke membawakan sebuah bacaan). Karena pada dasarnya "play" berdasar dari sebuah naskah drama (bacaan). 


Sedangkan recital juga berarti pertunjukan. Namun, pertunjukan yang dimaksud dalam "recital" lebih menjurus para pertunjukan musik (berdasar Cambridge Dictionary). Dengan kata lain, dalam "recital" yang Anda lakukan adalah "play" (memainkan), bukan "recite" (membacakan).


3. Tiptoe and Fingertip


Ketika Anda berdiri/berjalan dengan cara berjinjit, atau berjingkat maka disebut "tiptoe". Tip diartikan sebagai "ujung". Namun, Anda tidak akan menemukan kata "tipfinger" di bahasa Inggris, meski Anda menyentuh sesuatu dengan ujung jari tangan. 


Anda akan menemukan kata fingertips alias ujung jari (finger merujuk pada jari tangan). Sedangkan toe (merujuk pada jari kaki) juga memiliki "ujung" tapi tidak disebut "toetips". Melainkan tetap "fingertips".


4. Queue


Ada kata dalam bahasa Inggris yang menggunakan banyak huruf namun justru tidak berguna. Kata tersebut adalah "Queue" yang berarti antrian atau baris. Tahu cara membaca Queue? Yah, tetap "kiu" alias huruf Q saja. Empat huruf di belakangnya tidak ada yang membedakan cara membaca huruf Q (kju:) dengan Queue (kju:).


5. Jail and Prison


Kata Jail dan Prison sama-sama memiliki arti Penjara. Dengan kata lain, jail dan prison adalah dua kata yang sinonim. Tapi, ketika kata tersebut diberi tambahan -er di belakangnya, menjadi jailer (sipir) dan prisoner (narapidana), justru kedua kata tersebut menjadi antonim.


6. Shipment and Cargo


Baik shipment maupun cargo sebenarnya memiliki arti yang sama, yakni "muatan". Apa yang membedakannya? Yah, SHIPment berarti something that you transport with a CAR. Sedangan CARgo berarti "something that you transports with a SHIP". Seperti terbalik, bukan?


Itu beberapa kejanggalan dalam Bahasa Inggris yang mungkin tidak Anda sadari. Apakah ada kejanggalan lain yang Anda temukan, selain daftar di atas?

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post