close

Monday, July 26, 2021

author photo
cara menghilangkan lalat kamar mandi
cara menghilangkan lalat kamar mandi

PojokReview - Sering melihat ada lalat kecil berjumlah cukup banyak ada di kamar mandi? Yah, lalat ini sering dikatakan sebagai lalat limbah, lalat toilet, atau lalat kamar mandi. 


Apapun nama Anda menyebutnya, mereka tetap makhluk kecil yang jorok dan membuat kamar mandi Anda menjadi tidak sehat. Anda mungkin sudah menggunakan berbagai cara, seperti menyemprotnya dengan racun nyamuk, lalu lalat ini sempat pergi sebentar.


Tidak lama kemudian, mereka justru kembali lagi. Hal itu dikarenakan lalat jenis ini sangat cepat berkembang biak, sehingga muncul lagi bahkan jumlahnya terus bertambah.


Lalat satu ini tentunya juga sering disebut dengan nama ngengat lalat, sedangkan di beberapa negara lainnya juga disebut dengan lalat pasir. Lalat ini juga disebut sesuai di mana mereka sering ditemukan, lalat westafel, lalat saringan, lalat saluran pembuangan, lalat toilet, lalat kamar mandi, lalat penguras, hingga lalat selokan. Yang jelas, nama latin dari lalat ini adalah Psychodidae yang termasuk dalam keluarga "lalat yang sesungguhnya". Sebagai bagian dari keluarga besar lalat, maka makhluk satu ini termasuk hewan yang bisa ditemukan di seluruh dunia, bahkan antartika sekalipun!


Meski lalat ini tidak berbahaya, tapi keberadaannya sangat mengganggu. Tidak hanya itu, kamar mandi juga terkesan jorok dan kotor apabila jumlahnya terlalu banyak. Setiap sudah diusir dari tempatnya dengan racun atau hal-hal lainnya, tidak butuh waktu lama, rekan-rekan lalat ini akan kembali memenuhi kamar mandi.


Namun ternyata ada banyak cara untuk menghilangkan lalat kecil kamar mandi ini dengan tuntas dan efektif. Tidak hanya itu, cara yang diberikan PojokReview di bawah ini juga sangat pas untuk mengusir serangga kecil lainnya yang kerap muncul di kamar mandi.


Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.


Menghilangkan lalat kecil kamar mandi dengan minuman bersoda


Cara menghilangkan lalat kecil toilet atau kamar mandi yang pertama adalah menggunakan minuman soda, atau cola. Cara kerjanya adalah buat lubang di bagian atas tutup botolnya dengan menggunakan paku berukuran besar. Intinya, lubang yang dibuat tersebut mesti muat untuk lalat kecil kamar mandi lewat.


Kemudian, langkah selanjutnya adalah pisahkan minumannya tiga per empat bagian, dan sisakan seperempat saja di dalam botol. Tinggalkan botol tersebut di sudut kamar mandi, atau di dekat tempat lalat tersebut berkerumun. Tidak butuh waktu lama, Anda akan melihat lalat-lalat berbondong-bondong masuk ke dalam botol yang Anda siapkan tadi.


Ketika dirasa lalat kecilnya sudah habis, maka buang botol tersebut. Cukup mudah, bukan?


Menghilangkan lalat kecil kamar mandi dengan kertas lem lalat. 


Cara menghilangkan lalat kecil toilet atau kamar mandi berikutnya ialah dengan menggunakan kertas lem lalat. Cara ini cukup praktis karena Anda tinggal meletakkan kertas lembar tersebut di dinding yang sering dihinggapi lalat tersebut, lalu perlahan lalat-lalat akan menempel dan terjebak di kertas lem tersebut.


Gunakan beberapa lembar kertas lem dan letakkan di tempat yang biasa lalat itu hinggap. Atau, letakkan di sudut kamar mandi. Kemudian, ketika lalat tersebut perlahan mulai berkurang dan kertas tersebut sudah penuh, segera buang dan ganti dengan kertas lem lalat yang baru.


Menghilangkan lalat kecil kamar mandi dengan cuka apel dan sabun cuci piring cair


Apakah di rumah Anda ada banyak cuka apel? Maka Anda bisa mempergunakannya untuk menghilangkan lalat limbah alias lalat toilet ini dengan cepat dan praktis. Cara menghilangkan lalat kecil toilet atau kemar mandi dengan cuka apel juga cukup mudah, caranya adalah mencampurkan sabun pencuci piring cair dengan cuka apel lalu aduk hingga merata.


Sekarang campuran kedua cairan tersebut akan menjaid racun yang mematikan bagi lalat-lalat kecil tersebut. Anda tinggal menyiapkan jebakan berikutnya. Anda bisa menyiapkan seperti corong dari saluran air ke botol atau mangkuk yang berisi cairan campuran cuka apel dan sabun cuci piring tadi. Berikutnya, lalat tersebut akan masuk satu per satu dan menempel ke cairan tersebut. Lalu, lalat limbah itu satu per satu akan mati.


Menghilangkan lalat kecil kamar mandi dengan ragi


Cara selanjutnya adalah menggunakan ragi untuk menghilangkan lalat kecil kamar mandi dan toilet. Cara kerjanya adalah dengan menyiapkan air panas setengah gelas, berikan ragi kering, kemudian satu sendok gula. Campurkan dan aduk hingga merata.


Kemudian, letakkan di dalam gelas atau wadah lain dan tutup bagian atasnya dengan plastik. Sekarang, gunakan paku untuk menusuk bagian pembungkus atas sehingga menjadi jalan masuk untuk lalat. Letakkan di tempat di mana lalat biasa hinggap, dan tunggu lalat-lalat tersebut habis dan perlahan mati.


Itu tadi beberapa cara menghilangkan lalat kecil kamar mandi dengan efektif dan tepat. Meski demikian, Anda mesti membersihkan saluran air, penyaring, dan sebagainya agar tidak bisa digunakan menjadi tempat lewat bagi lalat. 


Buang sejauh-jauhnya limbah atau kotoran yang ada di saluran air, agar tidak menjadi tempat berkembang biak lalat-lalat kecil ini lagi. Maka Anda akan terbebas dari serangan lalat kecil kamar mandi atau toilet ini. Selamat mencoba. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post