close

Friday, July 16, 2021

author photo
spesifikasi minimal dan rekomendasi laptop Rp3 jutaan untuk Zoom

PojokReview - Angka penularan Covid-19 meningkat lagi. Bahkan ada pula varian baru dari virus Corona yang berbahaya dan lebih mudah menular. Hasilnya, Indonesia saat ini rangking satu di dunia untuk kasus penularan Covid-19 bahkan angka kematian akibat Covid-19.


Karena itu, belajar dari rumah adalah hal yang tak bisa dihindari. Tentunya, bagi siswa yang baru masuk SD, SMP, SMA, bahkan baru mulai kuliah di tahun ajaran baru ini mesti memiliki laptop atau notebook untuk memudahkan proses belajar mengajar lewat online (daring). Biasanya, proses belajar mengajar dilakukan via aplikasi Zoom


Nah, kali ini PojokReview akan mengulas apa saja spesifikasi laptop minimal agar bisa belajar daring lewat Zoom atau mungkin Google Meet tanpa nge-lag. Selain itu, berikutnya PojokReview juga akan memberikan rekomendasi laptop atau notebook murah Rp3 jutaan untuk belajar daring tanpa lemot.


Baca juga: Mau Jadi Youtuber? Ini Spesifikasi Minimal Laptop untuk Edit Video


Tentunya, di era pandemi saat ini, akan lebih baik membeli laptop atau notebook dengan harga terjangkau. Karena, nantinya masih perlu tambahan biaya lagi untuk kuota, atau mungkin bayar listrik, bukan? Jadi, Anda bisa mempertimbangkan laptop dengan harga Rp3 jutaan untuk belajar online yang direkomendasikan PojokReview di bawah ini.


Sebelumnya, simak dulu apa saja spesifikasi minimal yang harus dimiliki laptop untuk dapat belajar online tanpa lemot. Bisa juga dipertimbangkan untuk orang tua yang bekerja dari rumah atau meeting secara online.


Spesifikasi laptop untuk belajar online


Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih laptop yang tepat meski harganya murah, agar belajar online bisa semakin nyaman.


OS (Operating System)


Dilansir dari situs resmi Zoom, persyaratan minimal OS untuk ruang Zoom adalah Windows 10 atau yang lebih tinggi. Sedangkan untuk Macbook, OS minimal adalah macOS X dengan macOS 10.14 atau yang lebih tinggi.


Prosesor


Sedangkan untuk prosesor yang minimal diperlukan untuk Zoom adalah Intel Core i5 dual Core (atau CPU desktop) dengan kecepatan 2,5 GHz untuk layar tunggal. Sedangkan untuk layar ganda, minal yang dibutuhkan adalah Provessor Intel Core i7 Quad-core 2,8GHz (atau CPU dekstop).


Sedangkan untuk Mac, bila layar tunggal minimal Chip Apple M1, sedangkan untuk layar ganda minimal 3,2GHz 67core Intel Core i7 generai ke-8 yang bisa ditingkatkan (turbo Boost) hingga 4,6GHz. 


Baca juga: 4 Laptop Terbaik dari Berbagai Merek


RAM


Untuk layar tunggal minmal menggunakan RAM 4GB atau lebih tinggi. Sedangkan untuk hasil yang lebih baik, gunakan RAM 8GB. Akan lebih baik bila RAM tersebut memiliki slot ganda.


Sedangkan untuk Mac, minimal 8GB RAM untuk layar tunggal. Sedangkan untuk layar ganda atau tiga layar minimal menggunakan RAM 16 GB DDR4 dengan kecepatan 2666MHz.


VGA


Graphic Card yang dibutuhkan minimal untuk menjalankan Zoom dengan nyaman adalah Intel UHD Graphics 630 untuk layar ganda.


Bandwith


Kecepatan internet juga berpengaruh apabila ingin melakukan belajar online atau rapat dengan Zoom. Untuk layar tunggal minimal 2.0 Mbps ke atas. Untuk layar ganda minimal 2.0 Mbps naik 4.0 Mbps turun. Untuk tiga layar, minimal 20 Mbps naik 6.0 Mbps turun. Sedangkan untuk berbagi layar minimal 150 hingga 300kbps. VolP Audio minimal 60 hingga 80kbps.


Rekomendasi Laptop Murah harga Rp3 jutaan untuk Zoom atau Belajar Online lewat Platform Lainnya


Berikut deretan 7 laptop/notebook terbaik dengan harga Rp3 jutaan yang bisa untuk Zoom atau belajar online dengan platform lainnya. 


Axioo MyBook Go 10


rekomendasi laptop 3 jutaan untuk belajar online


Axioo Mybook Go10 adalah salah satu produk andalan dari Axioo yang dibanderol dengan harga yang terjangkau. Produk ini memiliki layar seluas 10,1 inch HD dengan resolusi 1280x800. Gambar yang terang dengan dukungan graphic card Intel HD Graphic.


Bagian dapur pacu diperkuat dengan Intel Apollolake N3350 Quad Core up to 1,92 GHz dan RAM sebesar 4GB. Sedangkan penyimpanan EMMC 64GB dan Micro SD hingga 64GB.


Baterai sebesar 3000 mAh 7.4V yang tahan lama menjadikan Anda bisa meeting dengan nyaman tanpa takut habis baterai. Untuk gambar, dengan camera depan 2Mpx dan Rear 5 Mpx menjadikan Anda bisa menampilkan wajah Anda dengan jelas di layar. Ditambah dengan OS Windows 10 yang menjadikan kinerjanya cukup meyakinkan.


Kelebihan lain dari produk ini adalah bagian layar bisa dilepas dari keyboardnya sehingga berubah fungsi menjadi tablet. Karena itu, layarnya adalah layar sentuh yang tentunya memudahkan kerja Anda. 


Terpenting, dengan tampilan yang keren serta bisa alih fungsi menjadi tablet, laptop satu ini dihargai cukup terjangkau. Produk ini bisa Anda dapatkan di Jd.id seharga Rp3.550.000.


Avita Essential


rekomendasi laptop 3 jutaan untuk belajar online


Produk berikutnya adalah laptop Avita Essential yang didesain ergonomis serta layar yang cukup lebar yakni 14 inch. Desainnya dengan bezel tipis yang makin membuat layarnya terkesan lebih lebar dan mewah, dan dukungan Intel UHD Graphics menjadikan kualitas gambar yang mumpuni.


Kinerja laptop satu ini semakin kencang dengan Intel Celeron N4020 yang ditanam di dalamnya, dengan dukungan RAM 4 GB. Selain itu, SSD hingga 128GB tentunya menjadikan penyimpanan lebih besar untuk kerja Anda. Laptop dengan harga Rp3 jutaan satu ini juga menyematkan OS Windows 10 Home terbaru.


Produk satu ini bisa Anda dapatkan di JD.id seharga Rp3.900.000.


Baca juga: Cuma Punya Laptop "Kentang"? Ini Rekomendasi Game Seru di Laptop Spesifikasi Kecil


Lenovo Thinkpad X131e


rekomendasi laptop 3 jutaan untuk belajar online


Ini adalah salah satu laptop paling murah di daftar ini, Lenovo Thinkpad X131E. Meski demikian, laptop seharga di bawah Rp3 jutaan satu ini tetap punya spesifikasi yang cukup untuk belajar daring atau meeting online lewat aplikasi Zoom.


Laptop satu ini didukung dengan prosessor AMD Vision E1-120 dan OS Windows 10. Layar cukup luas 11,6 inch LED anti-glare dengan resolusi HD 1366x762. Layar semakin cerah dengan dukungan AMD fusion E2-1800 dan AMD fusion E-300.


Selain itu, juga ada webcam HD yang bisa merekam video dengan resolusi 720P. Baterai juga tahan lama bisa mencapai 8,5 jam pemakaian. Produk satu ini diperkuat pula dengan RAM 4 GB dan storage HDD hingga 500GB dan SSD 128GB.


Produk ini dijual seharga Rp2.800.000 dan bisa Anda dapatkan di Jd.id. 


HP14S - DK0073AU


rekomendasi laptop 3 jutaan untuk belajar online


Laptop yang direkomendasikan berikutnya adalah laptop dari brand HP, yakni HP14S - DK0073AU. Laptop super slim satu ini memiliki kinerja yang responsif dan mendukung belajar online dari rumah. 


Prosesor ADM A4 dual-core dengan dukungan RAM 4GB dan storage hingga 1TB tentunya menjadikan kinerjanya sangat cepat dan mumpuni. OS Windows 10 Home menjadikan aplikasi Zoom maupun Google Meet menjadi lebih aman bergerak di laptop satu ini.


Grafis di layar 14 inch nya juga sangat tajam. Resolusi 1366x768 menjadi sangat jelas dengan dukungan graphic card AMD Radeon R3 yang bersarang di dalamnya. Ditambah lagi baterainya lebih tahan lama, serta ada teknologi fast-charge yang disematkannya.


Produk ini dijual seharga Rp3.500.000 dan bisa Anda dapatkan di Jd.id.


ASUS X441MA-GA031T


rekomendasi laptop 3 jutaan untuk belajar online


Produk berikutnya adalah laptop Asus X441MA-GA031T. Laptop dari brand Asus satu ini punya banyak pilihan warna antara lain Rose Gold, Black, Silver, dan Blue. Tidak hanya tampilannya yang keren, tapi kinerjanya juga sangat pas untuk mendukung belajar dari rumah.


Laptop satu ini dibekali prosessor Intel Celeron N4020 dengan dukungan RAM 4GB DDR4 yang menjadikan kinerjanya semakin mumpuni. Ditambah lagi layar 14 inch HD menampilkan gambar berkualitas berkat grafik Intel HD Graphic di dalamnya. OS Windows 10 Home menjadikan Zoom bisa berjalan dengan baik di laptop ini.


Produk ini juga memiliki kapasitas penyimpanan mencapai 1TB HDD. Meski memiliki spesifikasi yang cukup baik, namun harganya masih terjangkau.


Produk ini dibanderol seharga Rp3.800.000 di JD.id. 


Lenovo IdeaPad 130-14AST 81H40000ID


rekomendasi laptop Rp3 jutaan untuk belajar daring


Produk laptop harga Rp 3 jutaan untuk belajar online lewat Zoom yang terakhir di daftar ini adalah Lenovo IdeaPad 130-14AST 81H40000ID. Produk besutan Lenovo satu ini merupakan laptop dengan prosesor AMD Dual core yang didukung dengan RAM 4GB DDR4 untuk kinerja yang cepat dan anti lemot.


Selain itu, dengan kapasitas penyimpanan 500GB HDD tentunya membuat Anda bisa menyimpan lebih banyak file tanpa takut kinerja laptop melorot. Layarnya cukup lebar yakni 14 inch dengan resolusi 1366x768. Gambar yang dimunculkan sangat jernih dengan dukungan kartu grafis yang terintegrasi di dalamnya.


Produk ini memiliki kamera depan 0,3 MP dengan dukungan single mic. Ditambah lagi mampu berselancar dengan cepat di dunia maya berkat wireless network protocol802.11 ac di dalamnya. 


Terpenting, harganya cukup terjangkau. Di JD.id, Anda bisa mendapatkan produk ini hanya seharga Rp 3.343.000.


Penutup


Itu tadi ulasan terkait spesifikasi minimal agar bisa belajar dari rumah dengan aplikasi Zoom atau Google Meet dengan lancar dan anti lemot. Meski demikian, perlu dicatat bahwa meski laptop Anda punya spesifikasi yang sangat tinggi sekalipun, tapi sinyal internet lemah tentunya percuma saja.


Jadi, pastikan bahwa Anda memiliki sinyal internet yang kuat agar mampu belajar dari rumah atau meeting online dengan lancar jaya. Tentunya, rekomendasi dari PojokReview di atas bisa dipertimbangkan menjadi gawai yang mendukung proses pembelajaran Anda dari rumah.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post