close

Saturday, July 31, 2021

author photo
cara menghilangkan noda luntur
Cara menghilangkan noda luntur

PojokReview.com - Noda luntur seringkali didapatkan ketika sedang mencuci. Ada banyak hal yang membuat baju terkena noda luntur. Namun, bila yang terkena noda luntur adalah baju putih, maka menghilangkannya terkadang sangat sulit. Apakah ada cara menghilangkan noda luntur yang efektif dan mengembalikan baju seperti sebelumnya?


Pakaian yang mudah luntur biasanya berbahan denim (jeans), atau yang punya warna cukup solid. Untuk mengetahui pakaian apa yang biasanya akan luntur, Anda bisa melihat di label pada pakaian. Pakaian yang mudah luntur biasanya akan meminta Anda untuk mencuci pakaian itu terlebih dulu sebelum digunakan.


Bila Anda bertemu label peringatan "cuci pakaian sebelum dipakai" maka kemungkinan besar pakaian tersebut mudah luntur. Maka, setiap akan mencuci, pisahkan pakaian lain dengan pakaian yang mudah luntur tersebut.


Agar lebih aman, hindari baju berwarna putih digabungkan dengan baju berwarna lain ketika direndam dan dicuci.


Namun, apabila sudah terlambat dan noda luntur mengotori pakaian yang lain, apa yang harus dilakukan?


Tips menghilangkan noda luntur di pakaian


Noda luntur juga sama seperti noda lainnya, masih bisa dibersihkan. Hanya saja, untuk baju berwarna putih, Anda tidak bisa menggunakan cara biasa untuk menghilangkannya.


Berikut beberapa cara yang digunakan oleh para profesional di usaha laundry untuk menghilangkan noda luntur. Ada beberapa bahan tambahan antara lain aseton, alkohol oles, pemutih, dan cuka makan.


Cara menghilangkan noda luntur dengan aseton


Aseton alias pembersih kuteks pada kuku memang dikenal sebagai zat yang paling efektif untuk melarutkan cat dan lem. Karena itu, aseton menjadi pilihan utama untuk menghilangkan noda luntur di pakaian. Tetapi, karena aseton adalah bahan kimia yang cukup kuat, maka Anda harus berhati-hati menggunakannya.


Aseton mesti dilarutkan dulu dengan air agar tidak terlalu pekat, lalu celupkan kain halus ke cairan aseton. Kemudian, usapkan tipis-tipis dan perlahan di noda luntur di pakaian. Lakukan hal tersebut sampai nodanya menghilang, lalu rendam dengan deterjen khusus, sebaiknya rendam dengan air hangat atau panas.


Cara menghilangkan noda luntur dengan alkohol


Cara berikutnya adalah dengan menggunakan alkohol oles yang biasanya disediakan di setiap rumah dalam kotak P3K. Cara menggunakannya, Anda perlu menuangkan alkohol tersebut ke baskom dan isi dengan air secukupnya.


Cara kerja berikutnya adalah masukkan kain lalu peras. Usapkan perlahan ke permukaan luntur tersebut hingga berkali-kali secara perlahan-lahan. Lakukan terus hingga noda perlahan menghilang. Setelah itu, baru rendam dengan deterjen khusus di air hangat.


Cara menghilangkan noda luntur dengan cuka


Selanjutnya, Anda bisa menggunakan cuka putih untuk menghilangkan noda luntur apabila Anda tidak memiliki aseton dan alkohol. Cara kerjanya, tuangkan segelas cuka putih ke baskom dan rendam pakaian di baskom tersebut kurang lebih 30 menit. Berikutnya, bilas terlebih dulu, baru dicuci lagi dengan deterjen khusus.


Tips tambahan untuk menghilangkan noda luntur di pakaian


Berikutnya, Anda bisa menggunakan pemutih untuk pakaian putih, atau deterjen khusus untuk pakaian berwarna. Khusus untuk pemutih, Anda bisa memilih pemutih berbahan oksigen (oxygen bleach) ketimbang berbahan klorin. Karena bahan klorin sangat baik untuk memutihkan pakaian, tapi untuk menangani pakaian yang terkena noda luntur, pemutih berbahan oksigen jauh lebih efektif.


Sedangkan untuk deterjen, Anda bisa mencari deterjen khusus yang mampu mengangkat noda dari pakaian dengan efektif. Gunakan air panas namun tetap disesuaikan dengan suhu maksimal yang mampu diterima pakaian.


Dengan cara-cara di atas, Anda bisa mengembalikan pakaian yang terkena noda luntur tersebut menjadi kembali seperti semula. Selamat mencoba.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post