close

Sunday, August 08, 2021

author photo
Dapat cuan tambahan dari blog lewat vira

PojokReview - Bagi seorang fulltime blogger, khususnya pemula, sebaiknya semua peluang yang bisa menghasilkan uang dari blog musti dimanfaatkan semaksimal mungkin. Selain mendapatkan penghasilan lewat Google Adsense, juga ada beberapa alternatif Adsense lainnya seperti:


  1. Penyedia CPC lain misalnya MGID (baca Review MGID: Alternatif Adsense Terbaik yang Musti Dicoba Blogger Bertrafik Tinggi)
  2. Publish artikel atau Content Placement (baca Rumus Menentukan Harga Iklan dan Content Placement di Blog)
  3. Iklan Mandiri (baca Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah, Ini Tips Memasang Iklan Mandiri di Blog)
  4. Dan sebagainya


Namun, seperti yang sudah dibahas dalam artikel Hal Penting yang Harus Anda Lakukan Bila Ingin Blog Menghasilkan Uang, bahwa membuat blog itu mudah, bahkan sangat mudah. Dua hal yang sulit bukanlah membuat blog, tapi memelihara blog, dan mendapatkan penghasilan lewat blog tersebut.


Dalam artikel ini, PojokReview akan mengulas tentang situs Vira yang bisa menjadi peluang untuk blog Anda mendapatkan penghasilan tambahan. 


Apa itu Vira.id


Vira.id adalah situs yang mempertemukan antara pengiklan (advertiser) dengan pemilik blog (publisher). Anda tetap menulis seperti biasanya, hanya saja pengiklan akan meminta dua kata kunci (keyword) yang akan diberikan tautan (backlink) ke situs milik pengiklan.


Tujuan para pengiklan tersebut adalah ingin memasang backlink di beberapa situs untuk meningkatkan keberhasilan kata kunci yang dituju berada di rangking 1 mesin pencari. Untuk satu (atau dua) backlink tersebut, Anda dibayar mulai dari Rp90.000 hingga Rp250.000.


Dana minimal yang bisa ditarik (withdraw) adalah Rp300.000 dan dana segitu biasanya didapat dari mendapatkan sekitar 3-4 content placement.


Seperti itu kurang lebih. Jadi, dengan mendapatkan 3-4 job saja per bulan, Anda sudah bisa menarik Rp300.000 per bulan. Bayangkan kalau Anda punya lebih dari satu blog, maka Anda bisa menarik hingga jutaan rupiah per bulan.


Apakah Vira.id terbukti membayar?


Yah. Untuk blog yang Domain Authority (DA) masih cukup kecil, penghasilannya mungkin masih cukup kecil juga. PojokReview misalnya, hanya memiliki DA 16, namun bisa punya penghasilan perbulan di atas Rp300 ribu per bulan. Untuk buktinya, lihat gambar (screenshoot) di bawah ini.


dapat cuan tambahan dari blog lewat vira


PojokReview menarik satu kali per bulan, tepatnya satu kali di bulan Juni, dan satu kali di bulan Juli. Dari data di atas, bisa dilihat bahwa dana diminta (cashout) pada tanggal 13 Juli 2021, dan cair pada tanggal 19 Juli 2021 sebesar Rp315.000.


Kebetulan, satu job di tanggal 18 Juli 2021 didapatkan setelah dana yang ada di saldo ditarik, jadi tidak ikut dicairkan di bulan Juli. Masih dari gambar di atas, PojokReview mencairkan Rp402.500  di bulan Juni, dan Rp315.000 di bulan Juli. B


Bisa dilihat bahwa penghasilan tersebut hanya di dapat dari 3 job saja! Masing-masing job (untuk bulan Juli) punya harga yang sama yakni Rp105.000. 


Bagaimana mendaftarkan blog ke Vira


Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke situs Vira.id lalu silahkan ajukan blog Anda untuk didaftarkan.


Berikut step-step mendaftarkan blog Anda ke Vira


  1. Masuk ke situs Vira.id (alamat https://vira.id/)
  2. Klik get started (menuju ke alamat https://vira.id/register)
  3. Isi data pada formulir (Email, Username, dan Password.)
  4. Pada Account Type klik Publisher/Write
  5. Klik Create Account maka Anda akan memiliki akun Vira.


Setelah punya akun, Anda masih harus mendaftarkan blog Anda. Ingat, Anda bisa mendaftarkan blog sebanyak apapun yang Anda miliki. Berikut step-step untuk mendaftarkan blog di Vira.


  1. Setelah login dan berada di Dashboard, pilih My Blogs
  2. Pilih Add a blog dan isi formulir dengan data blog Anda.
  3. Klik submit


Selanjutnya, pihak Vira.id akan melakukan review terhadap blog Anda, bisa jadi hanya beberapa jam saja, bisa juga hingga beberapa hari. Apabila blog Anda di-ACC maka Anda sudah bisa memulai mencari job yang pas untuk blog Anda.


Sebagai ilustrasi:


  1. Pojokreview dengan DA/PA= 16/20 di-ACC dalam waktu 2 bulan.
  2. Pojokseni.com dengan DA/PA= 36/40 di-ACC dalam waktu 2 hari.


Tapi bila belum di-ACC, silahkan benahi blog Anda terlebih dulu. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membenahi blog antara lain:


  • Update konten secara rutin, bila perlu dijadwalkan seperti misalnya setiap hari satu artikel.
  • Tingkatkan DA/PA blog Anda. Khusus untuk pembahasan DA/PA blog akan dibahas secara detail di artikel lainnya.
  • Buat artikel/konten berkualitas, jangan copy paste dan apabila Anda mengutip dari blog/situs lain, sertakan sumbernya. Itu lebih baik ketimbang Anda hanya meng-copas tanpa menyertakan sumber, maka blog Anda akan dianggap sebagai spam.


Selanjutnya bila sudah di-ACC, maka Anda bisa melihat dashboard Vira untuk mulai mengerjakan job yang diperlukan. Anda bisa klik "Sponsored Content" lalu klik "Find task". Selanjutnya, Anda akan mendapatkan deretan "job" dari advertiser seperti gambar di bawah ini.


Dapat Cuan Tambahan dari Blog Lewat Vira.id


Seperti gambar di atas, Anda tinggal klik "Bid Now" lalu Anda akan masuk ke pengajuan blog (bila blog lebih dari satu), lalu pilih keyword yang ingin Anda masukkan ke artikel Anda. Tugas berikutnya adalah, Anda menulis blog Anda seperti biasa, namun disesuaikan dengan permintaan advertiser dan pilihan keyword yang Anda pilih.


Misalnya, klien adalah produk deodorant, lalu keyword yang dipilih adalah "menghilangkan bau keringat", maka Anda bisa menulis artikel tentang olahraga sehat di tengah pandemi, atau pilihan olahraga yang murah meriah, dan sebagainya. Kemudian sisipkan keyword yang diminta advertiser di tengah artikel Anda.


Setelah itu, jangan lupa ajukan lagi artikel yang sudah ditulis beserta keyword dan sudah "disisipi" backlink tersebut ke Vira. 


Proses berikutnya adalah advertiser akan mengecek artikel yang sudah dimuat di blog Anda tersebut apakah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, misalnya jumlah kata, dan peletakan "anchor text" tersebut. Apabila perlu direvisi, maka silahkan lakukan revisi.


Tapi bila Anda sudah menulis sesuai dengan permintaan klien, maka artikel Anda akan langsung di-ACC, maka saldo Anda akan bertambah.


Puluhan Job Per-Hari


Anda tidak perlu takut kehilangan peluang job, karena dalam satu hari saja setidaknya ada puluhan job yang muncul. Ketika Anda "bid" untuk satu atau lebih pekerjaan, maka advertiser akan memilih sesuai kebutuhannya. Biasanya, advertiser membutuhkan sekitar 10-15 blog.


Bayangkan saja, PojokReview yang hanya punya DA 16 bisa mendapatkan minimal 3 job per bulan. Jumlah tersebut adalah jumlah job minimal agar bisa terus pay-out per bulan. Bagaimana bila blog Anda punya DA yang lebih tinggi?


Sebagai contoh, PojokSeni.com yang punya DA cukup tinggi yakni 36, minimal mendapatkan 3 job dalam satu minggu. Berarti, dalam satu bulan, mendapatkan sekitar 12 job. Jumlah tersebut menjadikan PojokSeni.com bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp1.300.000 hingga Rp1.500.000 perbulannya, alias sama seperti jumlah penarikan Google Adsense per bulan.


Maka, peluang menambah cuan dari Vira tentunya mesti Anda coba.  

1 komentar:

  1. bermanfaat banget kak, kebetulan memang pengen daftar di vira, terima kasih infonya

    ReplyDelete
Next article Next Post
Previous article Previous Post