close

Monday, September 27, 2021

author photo
Kamila Andini Putri Garin Nugroho


pojokreview - Wanita Indonesia tidak banyak yang bisa menggapai impiannya, karena setinggi apapun pendidikannya, ia akan berakhir di dapur-sumur-kasur. Kadang-kadang, ia malah dinikahi oleh seorang lelaki yang tak dikenalnya sama sekali. Pernikahan justru menjadi palang pintu yang menutup semua impian wanita itu. 


Itu adalah premis dari film bertajuk Yuni, karya Kamila Andini yang menyabet piala Platform Prize di  Toronto International Film Festival 2021, awal bulan lalu. Seperti yang dikatakan oleh Kamila Andini, film itu diangkat dari kisah nyata yang banyak terjadi dan menimpa remaja putri di Indonesia.


Yuni yang diperankan oleh Arawinda Kirana, ialah seorang gadis remaja yang punya mimpi besar. Tamat SMA, ia berhasrat untuk mewujudkan impiannya tersebut. Namun, berkali-kali lamaran dari seorang lelaki yang tak dikenalnya berdatangan. Ia menolaknya berkali-kali juga. Hingga sampai lamaran yang entah ke berapa, Yuni tetap bertahan untuk menggapai impiannya?


Film garapan Kamila Andini ini menjadi salah satu dari deretan karya sineas tanah air yang berhasil mencuri perhatian di luar negeri. Namun, siapa Kamila Andini?


Putri dari Sutradara Indonesia, Garin Nugroho


Kamila Andini adalah putri dari Garin Nugroho, sutradara film kenamaan tanah air. Darah seni dari ayahnya mengalir deras, menjadikan Kamila Andini diyakini akan menjadi penerus keberhasilan ayahnya untuk terus mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.


Film Yuni bukanlah film pertama dari Kamila Andini. Beberapa filmnya yang lain juga berhasil mencuri perhatian publik luar negeri.


Film Sekala Niskala (The Seen and Unseen) ditayangkan di Busan International Festival 2017, dan masuk dalam daftar panjang peraih penghargaan film terbaik di Berlin International Film Festival 2018. Selanjutnya, ada film Sendiri Diana Sendiri(Following Diana) terpilih dalam seleksi Toronto International Festival 2015 sebagai penutup ketiga dari Short Cuts.


Ditambah lagi, film bertajuk Laut Bercermin (The Mirror Never Lies) mendapatkan penghargaan Hongkong International Festival 2021. Film ini juga mendapatkan sejumlah penghargaan lain di tingkat internasional.


Karena itu, berbekal sejumlah keberhasilannya, tentu karya-karya Kamila Andini menjadi karya yang selalu ditunggu-tunggu pecinta film di Indonesia. Yah, kita tinggal menunggu penerus Garin Nugroho ini terus mengharumkan nama Indonesia dengan karya-karya berkualitas.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post