close

Friday, September 24, 2021

author photo



  • Awal Mula Jeans 


Jeans atau denim awalnya merupakan pakaian kerja: pakaian yang dibuat untuk para pria dan wanita yang memiliki banyak pekerjaan. Jeans merupakan  pakaian yang awet dengan desain yang sederhana dan konstruksi yang tidak rumit, murah dan cepat dibuat. Dan mereka sudah ada selama berabad-abad.


Jeans pria dan wanita pekerja ratusan tahun lalu lebih mengutamakan daya tahan dan fungsionalitasnya, bukan estetika dan tampilannya. Itu sebabnya jenas terbuat dari denim katun; kain yang tahan lama, serbaguna dan murah. Kantongnya ditempatkan dibagian yang memudahkan kita untuk menyimpang atau mengambil sesuatu dari dalamnya, mereka dijahit dengan benang yang tahan lama dan sering kali memiliki jumlah jahitan yang banyak, yang membuat jahitannya lebih kuat.


Levi Strauss & Co. memperkenalkan jeans dengan paku keling pada tahun 1873, tetapi pakaian kerja denim berwarna biru telah ada selama berabad-abad sebelum itu.

 

Levi Strauss & Co. diakreditasi sebagai pencipta jeans seperti yang kita kenal sekarang dengan pakaian kerja denim riveted mereka yang dipatenkan dan diperkenalkan pada tahun 1873. Namun Levi's terkadang disalah artikan sebagai penemu pakaian kerja yang seluruhnya terbuat dari denim katun berwarna biru. Ini merupakan kesalahpahaman sederhana atau mungkin penyederhanaan sejarah, karena  jeans biru telah dibuat jauh sebelum tahun 1873.


Pakaian kerja diwarnai biru menggunakan pewarna indigo, zat warna alami yang diekstraksi dari daun tanaman indigofera selama 5.000 tahun.  Versi sintetis indigo ditemukan pada tahun 1865 oleh ahli kimia Jerman, Adolf von Baeyer, dan diperkenalkan sebagai Pure Indigo oleh produsen kimia Jerman, BASF, pada tahun 1897. Saat ini, hampir semua denim diwarnai dengan pewarna indigo sintetis.


Celana katun twill juga sudah ada jauh sebelum jeans Levi's pertama. Tenun sudah ada sejak 12.000 tahun yang lalu, dan pendahulu mesin tenun berkecepatan tinggi yang digunakan untuk membuat sebagian besar denim saat ini ditemukan pada tahun 1700-an.


  • Jeans dan Kancing Paku Kelingnya

Salah satu masalah yang paling umum menganai pakaian tentunya adalah bahwa sudut saku dan bagian-bagian lain dari pakaian akan aus dan robek sebelum waktunya.


Pada bulan Januari 1871, seorang penjahit keturunan Latvia bernama Jacob W. Davis menemukan solusi sederhana dan elegan untuk masalah ini di bengkelnya di Reno, Nevada. Davis memasang paku keling tembaga ke sudut saku dan bagian-bagian lain di mana jeans sering sobek. Ini adalah penemuan jeans biru berpaku, dan paku keling masih merupakan fitur penentu terpenting dari jeans yang kita kenakan saat ini.


Penemuan Davis adalah kesuksesan instan dan para pesaing  mulai meniru ide jeans dan paku kelingnya. David tahu bahwa dia harus mematenkan desainnya, tetapi dia tidak memiliki $68 untuk membayar hak patennya. Jadi, dia bermitra dengan salah satu pemasok kainnya, yaitu Levi Strauss dari San Francisco, dengan perjanjian bahwa Strauss akan membayar tagihan paten sementara Davis akan pindah ke San Francisco untuk mengawasi produksi pada tahun 1872.


Levi Strauss & Co. menerima paten untuk membuat pakaian kerja denim riveted pada tanggal 20 Mei 1873. Hal ini memberi awalan yang baik bagi perusahaan dan menciptakan keunggulan kompetitif dan keunggulan penggerak pertama yang masih diuntungkan hingga saat ini. Sampai hak paten yang diterbitkan kembali berakhir pada tahun 1892, Levi's adalah satu-satunya pembuat yang diizinkan untuk membuat pakaian kerja dengan paku keling, dan perusahaan yang melanggar kebijakan hak paten aka dikenai tuntutan hukum. Selama 17 tahun itu, beberapa pesaing muncul dengan desain penguatan alternative agar jeans tidak mudah robek, tapi tak satu pun dari mereka yang sesederhana dan seanggun paku keling tembaga.


Ketika hak patennya habis pada tahun 1892, paku keling menjadi fitur standar jeans. Saat itulah Levi's mulai mengkampanyekan klaim mereka atas penemuan tersebut. Selama beberapa dekade berikutnya, pembuat jeans San Francisco melabeli beberapa fitur desain jeans mereka, termasuk label Two Horse (pada tahun 1886), nama 'Levi's' dan guarantee ticket (pada tahun 1928), Red Tab (pada tahun 1936) dan The Arcuate (tahun 1943).


Hingga hari ini, jeans ditentukan oleh beberapa fitur penting yang tidak berubah sejak awal tahun 1870-an. Yang paling penting dari fitur ini adalah paku keling.


Tanpa paku keling, jeans biru mungkin tidak akan terlihat seperti sekarang ini. Dan tanpa hak paten untuk membuat jeans dengan paku keling, kecil kemungkinan desain Levi's akan mendefinisikan jeans yang kita pakai saat ini.


Selama 50 tahun pertama keberadaannya, jeans riveted dipakai sebagai pakaian kerja. Namun pada tahun 1930-an, dan terutama setelah Perang Dunia II, hal itu mulai berubah. Bagaimana Jeans bisa menjadi Fashion Statement?


Pada 1950-an, jeans menjadi lebih dari sekadar pakaian tahan lama yang cocok untuk bekerja; mereka menjadi cara untuk mengekspresikan pemberontakan dan pernyataan mode. Ekonomi Amerika pasca-Perang Dunia II, budaya tandingan yang muncul, dan kelahiran remaja memainkan peran sentral dalam transformasi ini.


Transisi jeans dari pakaian kerja ke fashion statement sebagian disebabkan oleh booming ekonomi Amerika tahun 50-an. Ketika para pria pergi berperang, wanita memasuki dunia kerja. Sebelum perang, sebagian besar keluarga mengandalkan satu penghasilan, biasanya penghasilan pria. Setelah perang, keluarga berpenghasilan ganda menjadi lebih umum.


Hal ini melahirkan konsep remaja; remaja dengan daya beli, banyak waktu luang dan kebutuhan untuk melakukan hal-hal yang berbeda dari orang tua mereka. Peningkatan pendapatan yang dapat dibelanjakan berarti generasi baby boomer, yang masih anak-anak di tahun 1950-an, tumbuh dengan pengeluaran yang berlimpah. Dan salah satu barang yang mereka beli adalah jeans.


Pada saat yang sama, ada pasokan jeans yang tinggi yang membutuhkan permintaan. Deindustrialisasi yang berkembang di Amerika berarti bahwa para pekerja tidak lagi perlu memakai jeans untuk bekerja. Itulah sebabnya para pembuat jeans dengan cepat mengambil kesempatan untuk beralih ke segmen mode dan rekreasi.


Tapi jeans sudah mulai beralih dari pakaian kerja ke mode di tahun 1930-an. Film barat Hollywood seperti Stagecoach dari tahun 1939, dibintangi oleh John Wayne yang mengenakan jins Levi's dengan gesper, mengidolakan mitos anti-pahlawan Amerika, si koboi. Meskipun tidak semua koboi mengenakan jeans biru, hubungan antara keduanya dengan cepat terjalin.


Hal ini menciptakan industri orang Timur kaya yang melakukan perjalanan ke barat untuk berlibur sebagai 'dude ranches’ untuk merasakan gaya hidup koboi. Dan tentunya mereka ingin memakai jeans biru. Pada saat yang sama, para intelektual dan mahasiswa S1 Pantai Barat, Selandia Baru juga mulai mengenakan celana jeans untuk mengungkapkan simpati mereka kepada para pekerja.


Pada dasarnya jeans menjadi statement yang dikenakan oleh orang-orang yang memiliki sikap dan anti kemapanan. Ini menjelaskan bahwa jeans menjadi bagian dari seragam pemberontak dan anti-pahlawan. Real-life outlaws adalah salah satu kelompok pertama yang mengadopsi denim sebagai pernyataan. Ketika Hell's Angels dibentuk pada tahun 1948 di California oleh para veteran Perang Dunia II, mereka mengendarai sepeda mengenakan jeans, seperti yang mereka kenakan saat tumbuh dewasa dan saat tidak bertugas selama dinas militer mereka. Jeans dengan cepat menjadi identik dengan kenakalan remaja. Jeans semakin diminati oleh para remaja di California, ketika penggunaan jeans dilarang di sekolah.


Setelah itu, Hollywood mulai membentuk dan mencerminkan budaya remaja pemberontak. Dan bintang-bintang berpakaian denim memperkuat hubungan antara jeans dan pemberontak. The Wild One yang dibintangi Marlon Brando ditayangkan perdana pada tahun 1953. Penampilan Brando dan pakaian ikonik dari jeans Levi's 501, dengan jaket motor kulit hitam, dan sepatu bot insinyur telah menetapkan standar untuk estetika pemberontak hingga hari ini. Pada tahun 1955, James Dean membintangi Rebel Without a Cause. Mengenakan jins Lee 101, kaus oblong putih, dan jaket merah, ia menjadi perwujudan remaja pada saat itu.


Ketika jeans pertama kali mulai beralih sebagai mode, jeans dikenakan oleh pemberontak dan remaja sebagai fashion statement. Meskipun beberapa citra bad boy telah memudar hari ini, jeans masih belum memenuhi syarat sebagai pakaian formal. Mengenakan t-shirt putih dengan jeans biru telah menjadi tampilan ikonik sejak tahun 1950-an. Hal tersebut menggambarkan bagaimana jeans menjadi populer sebagai fashion item di AS. Tapi bagaimana celana ini menjadi pilihan favorit di Eropa dan Asia juga?

 

  • Jeans di Eropa dan Asia


Tentara Amerika adalah yang pertama mengekspor jeans. Sampai awal 1940-an, jeans biru yang kita kenal sekarang hanya tersedia di AS. Meskipun indigo berasal dari India dan denim berasal dari Eropa, celana yang terbuat dari denim dan dilengkapi dengan paku keling belum mencapai pantai Eropa dan Asia. Itu berubah ketika AS memasuki Perang Dunia II.


Banyak tentara Amerika mengenakan jeans biru saat tidak bertugas, banyak yang mulai terbiasa dengan jeans. Kemudian,  jeans menjadi semakin populer sebagai pakaian santai pada waktu itu. Belum lagi jika  berada di Angkatan Laut, denim adalah bagian dari seragam.


Dengan Marshall Plan dan program bantuan lainnya setelah perang, Eropa Barat dan Asia mendapat suntikan industri dan budaya AS. Kehadiran pasukan Amerika juga berarti bahwa orang Eropa dan Asia secara langsung terpapar dengan nilai dan komoditas Amerika, termasuk jeans yang dikenakan GI saat tidak bertugas. Selain itu ekspor budaya lainnya seperti film dan musik rock, pemuda Eropa dan Asia dengan cepat mengadopsi jeans biru, yang menjadi simbol perubahan.


Di Eropa, jeans telah menjadi fashion item yang populer pada akhir 1950-an. Tetapi jeans tersebut mahal dan sulit didapat. Untuk memenuhi permintaan yang meningkat, pembuat lokal mulai memproduksi jeans mereka sendiri, yang sangat mirip dengan jeans asli Amerika dalam hal desain. Di antara merek Eropa paling awal adalah Chipie di Prancis, Rifle di Italia, Lee Cooper di Inggris, Mustang Jeans di Jerman dan Gul & Blå di Swedia.


Di Asia, orang Jepang, khususnya, menaruh minat pada jeans biru. Tetapi peraturan impor menyatakan bahwa, hingga akhir 1950-an, jeans asli Amerika tidak benar-benar tersedia di Jepang. Untuk mendapatkan sepasang, kita harus mengenal seseorang yang bisa mendapatkannya untuk kita dari salah satu kantor PX di mana tentara dapat membeli barang dagangan Amerika. Atau, kita bisa mendapatkan celana jeans bekas Amerika dari pasar gelap yang dikenal sebagai Ameyoko di distrik Ueno Tokyo. Toko-toko ini mendapat pasokan dari gadis-gadis Panpan (pelacur di pangkalan militer AS) yang dibayar dengan jeans daripada uang tunai.


Pada awal 1960-an, jeans sangat diminati di Jepang sehingga segelintir pembuat lokal berlomba untuk merebut pasar. Sementara klaim Edwin untuk menjadi yang pertama tidak didukung oleh fakta yang sulit, penelitian W. David Marx untuk bukunya yang luar biasa Ametora membuktikan bahwa Big John kemungkinan besar adalah orang pertama yang memperkenalkan jeans biru buatan Jepang.


Tentara AS memperkenalkan jeans biru kepada dunia setelah Perang Dunia II. Karena permintaan, pembuat lokal segera mulai mereplikasi desain asli Amerika. Itu sebabnya jeans dari mana saja di dunia terlihat sama saat ini, termasuk di Indonesia.


Semakin lama, bahan denim untuk jeans ini terus berkembang. Tidak hanya celana, tapi sekarang baju, hingga jaket denim pria dan wanita juga sudah bermunculan. Hal tersebut semakin menegaskan transformasi jeans, dari pakaian pekerja hingga saat ini menjadi item fashion statement yang digunakan di seluruh dunia.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post