close

Saturday, December 18, 2021

author photo
tips memilih nama domain yang bagus


pojokreview.com - Dari sedemikian banyak faktor untuk memajukan, atau mengembangkan blog/situs, salah satu yang paling sering disebutkan ialah membeli atau menyewa Top Level Domain (TLD). Katakanlah, yang paling populer adalah dot com (.com) dan di Indonesia domain khusus seperti dot ID (.id), serta dot co dot id (.co.id) juga menjadi pilihan banyak orang. Selain tiga TLD tersebut, berikutnya yang paling banyak dipilih banyak blogger maupun pengembang situs ialah dot net (.net).


Ada beberapa pilihan domain yang murah meriah seperti dot xyz (.xyz), dot info (.info), atau khusus untuk organisasi yakni dot org berada di urutan berikutnya sebagai TLD yang paling populer. Namun, bukan domain itu yang paling penting. Terpenting ialah apa nama domain Anda? Biasanya, domain pilihan yang paling banyak dipilih (terutama oleh blogger) ialah nama pemiliknya itu sendiri. Seperti contoh, nama blog mantan kapten timnas Indonesia Bambang Pamungkas ialah bepe20.com. Meski demikian, banyak blogger memilih nama lain yang lebih menggambarkan niche (tema) utama dari blognya, juga mudah diingat.


Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mencari nama domain yang unik, dan bagus? Ada banyak perspektif untuk hal ini, namun dari pandangan pojokreview.com, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan untuk mencari nama domain yang tepat. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.


  • Niche blog/website Anda sangat menentukan apa nama domainnya. Nama situs seperti Bukalapak misalnya, akan sangat mudah diingat, singkat, sekaligus unik. Tapi, akan menjadi kurang unik apabila ternyata situs yang dimaksud merupakan situs yang mengulas pertandingan sepak bola, bukan? Yah, nama seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee menjadi keren dan bagus karena situs tersebut merupakan situs jual beli daring. Nama domain seperti TechnoBlog, akan sangat keren ketika digunakan untuk blog yang membahas teknologi, begitu juga niche lainnya. Jadi, anggap saja semacam prasyarat utama memilih nama domain ialah, cocok dengan niche yang dipilih blog/website tersebut.
  • Meski pendek, namun domain yang susah diingat tentunya akan kurang menarik. Misalnya, Anda memilih singkatan dari nama Anda sendiri. Kita anggap saja nama Anda adalah John Thomas Benjamin Lincoln. Kemudian, Anda memilih domain bernama JTBL. Tentunya akan sulit diingat, bukan? Jadi, bukan masalah panjang pendeknya, tapi apakah nama tersebut berkesan dan mudah diingat, itu yang menjadi prasyarat berikutnya sebelum memilih nama domain.
  • Anda tidak bisa memilih nama website yang sama dengan yang sudah ada. Bahkan, Anda bahkan sudah gagal terlebih dulu ketika akan membeli domain tersebut. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan nama domain tertentu, searching terlebih dulu nama domain tersebut di Google.
  • Hindari nama yang terlalu bertele-tele. Nama yang pendek, unik, berkesan, dan mudah diingat adalah pilihan paling tepat. Maka nama domain yang panjang, seperti misalnya "catatansenjadengansecangkirkopihangat.com" tentunya akan kurang menarik serta sulit untuk mendapatkan pelanggan karena terlalu panjang.
  • Bila perlu, masukkan keyword andalan Anda di nama domain. Misalnya, Anda lebih banyak membahas wisata di daerah Anda. Anggap saja, daerah Anda bernama Blablabla. Maka, akan lebih tepat bila Anda memberi nama domain Anda, "wisatablablabla.com".


Nah, bila Anda sudah menentukan apa nama domain yang tepat untuk blog atau website Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli domain tersebut secepatnya. Kenapa? Saat ini di salah satu penyedia jasa sewa domain untuk blog dan website, yakni ID Webhost (kunjungi idwebhost.com) sekarang sedang ada promo akhir tahun yang cukup gila-gilaan. 


Bayangkan saja, harga domain dot com saat ini hanya Rp99.000 saja, dari sebelumnya seharga Rp149.900. Domain .id disewakan per tahun dengan harga Rp249.000 saja. Sedangkan domain paling murah yakni dot XYZ hanya dihargai Rp14.000 saja. Tentunya, hanya Rp14.000 saja, Anda sudah bisa mendapatkan TLD yang akan berdampak baik pada perkembangan situs Anda, terutama di mata klien Anda. Untuk mendapatkan promo ini, silahkan kunjungi alamat : idwebhost.com.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post