close

Tuesday, July 05, 2022

author photo
Ikan salpa Maggiore


PojokReview - Awal tahun 2022 ini, dunia dikejutkan dengan penemuan ikan Salpa Maggiore. Tidak hanya langka, tapi ikan ini juga unik. Keunikan yang terlihat jelas adalah seluruh tubuhnya transparan, seperti ubur-ubur. Tapi, bukan hanya itu keunikannya, berikut beberapa fakta menarik tentang ikan Salpa Maggiore ini.


1. Tubuh Transparan


Ini hal yang paling pertama terlihat ketika melihat ikan satu ini. Seluruh tubuhnya seperti terbungkus plastik transparan. Hal ini membuat ikan ini terlihat seperti ubur-ubur, namun badannya tidak "kenyal" seperti ubur-ubur, karena ikan satu ini secara umum memiliki tulang belakang. Karena itulah, ia termasuk ikan, karena termasuk vertebrata laut.


2. Memiliki tulang, insang, dan hati


Sebagaimana ikan pada umumnya, hewan ini juga memiliki organ dalam tubuh. Di antaranya ada insang, tulang, dan hati. Tulang dan insangnya juga tampak transparan, sedangkan hatinya tampak seperti bulatan kecil berwarna merah. Bila dilihat secara detail, Salpa Maggiore tampak seperti organ kecil (hati) yang berada di dalam kantong plastik transparan.


3. Ditemukan secara tidak sengaja


Pertama kali ikan ini ditemukan secara tidak sengaja. Adalah seorang nelayan bernama Stewart Fraser dan kedua anaknya yang sedang memancing, lalu menemukan Salpa Maggore mengambang di air. Tentunya, karena transparan, ikan ini akan sulit ditemukan orang biasa.


4. Tumbuh hingga 10 inch


Uniknya, ikan satu ini akan tumbuh hingga 10 inch, itu berarti ikan ini bisa tumbuh hingga 2 kali ukuran telapak tangan orang dewasa.


5. Hewan Aseksual


Ikan ini termasuk jenis aseksual, di mana ia mampu menghasilkan keturunan sendiri. Ia tidak kawin, tidak memiliki jenis kelamin, dan bertelur sendiri.




6. Tumbuh bersama kelompok besar


Ikan ini tidak suka hidup sendirian. Mereka akan bergabung bersama-sama dengan satu kelompok yang besar.


7. Berkomunikasi dengan arus listrik


Cara ikan Salpa Maggiore berkomunikasi dengan sesamanya ialah dengan menggunakan arus listrik. Hal itu menjadikan ikan-ikan ini ketika bersama akan membuat gerakan yang sinkron.


8. Sering mengapung di permukaan laut


Hewan ini sering sekali mengapung di permukaan laut untuk mencari makan. Biasanya, ikan-ikan ini akan ditemukan Samudra Selatan, atau di sekitaran area perairan Selandia Baru. Mengapung di permukaan laut membuat ikan ini akan sangat rentan dengan pemangsa, seperti burung laut hingga ikan lain yang berukuran lebih besar. Ikan ini tak punya cara lain untuk melindungi diri dari pemangsa, selain transparan. Yah, karena transparan maka ikan ini akan sulit dilihat oleh mata pemangsa.

1 komentar:

Next article Next Post
Previous article Previous Post