close

Wednesday, November 30, 2022

author photo
Tips beli rumah


Pojok Review - Ada beberapa orang yang mengaku menyesal setelah membeli properti seperti rumah (perumahan), maupun apartemen. Alasannya selalu sama, yakni rumah yang dibelinya tidak sesuai dengan harapan. Sebenarnya, penyebabnya juga serupa, yakni tertipu dengan agen perumahan, properti, atau developer.


Sebenarnya, developer tersebut sedang "memperindah" kalimat agar para pembeli tertarik. Jadi, sebenarnya bukan sedang ingin menipu. Anda tentunya sering mendengar atau membaca pariwara tentang perumahan, dan akan sangat terbiasa dengan kata-kata seperti ini:


  • Hanya 5 menit dari gerbang tol 
  • Beli tanah, bonus rumah
  • Hanya 5 menit ke jalan utama
  • Sangat dekat dengan ...
  • Hunian ekslusif
  • Rumah minimalis
  • Rumah milenial
  • Jarak walking distance hanya 30 menit
  • Bisa Anda sulap menjadi guest house
  • Indent
  • Lokasi strategis
  • Rumah siap huni harga murah, mulai dari Rp500 juta
  • dan seterusnya.


Kalimat yang digunakan tersebut merupakan kalimat iklan, yang fungsinya untuk menarik pembeli, seperti Anda. Namun, mestinya Anda sudah mulai terbiasa dengan makna di balik kata-kata indah tersebut. Coba kita lihat satu per satu.


Hanya 5 menit dari gerbang tol


Ini berarti, rumah yang Anda akan beli berjarak sekitar 4-5 km dari gerbang tol. Jarak 5 menit tersebut adalah hitungan perjalanan dengan kecepatan maksimal yang aman (sekitar 60-65 km per jam) dan jalannya sepi atau kosong. Tentunya, jarak segitu adalah sekitar 4 hingga 5 km bukan?


Beli tanah gratis rumah


Ini berarti, tanah yang Anda beli jauh lebih berarti daripada rumah yang Anda dapatkan sebagai "bonus". Apa artinya? Yah, kemungkinan rumahnya sangat bobrok dan dalam kondisi yang jelek.


Hanya 5 menit ke jalan utama


Anda bisa langsung menebak artinya? Yah, itu berarti rumah yang Anda beli berada di dalam gang kecil, dan berjarak cukup jauh dari jalan utama.


Sangat dekat dengan ...


Kalimat ini berarti jarak dari hunian yang Anda beli adalah minimal 3 km dari posisi yang disebutnya "dekat".


Hunian ekslusif


Hunian ekslusif berarti ada satu wilayah/cluster/perumahan yang jumlah rumahnya sangat sedikit.


Rumah minimalis


Ini berarti rumah kecil yang kosong melompong.


Rumah milenial


Ini menjadi sebutan untuk hunian atau rumah yang letaknya di "tempat baru", cukup terpencil, berada di perbatasan, atau di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota.


Jarak walking distance hanya 30 menit


Walking distance atau jarak jalan kaki sekitar 30 menit. Yah, tentunya Anda tau kalau jalan kaki sekitar 30 menit, maka naik kendaraan seperti motor akan memakan waktu sekitar 5 menit. itu berarti, jaraknya sekitar 1,5 - 2 km.


Bisa Anda sulap menjadi guest house


Ini berarti, rumah yang Anda beli, sebelumnya adalah kos-kosan


Indent


Ini istilah yang digunakan untuk membeli rumah dulu (membayar) baru rumahnya dibuat.


Lokasi strategis


Ini adalah sebutan untuk perumahan yang letaknya masih terhitung di kota, namun cukup jauh di pinggiran.


Rumah siap huni harga murah, mulai dari Rp500 juta


Ini berarti, rumah termurah dengan fasilitas paling sedikit harganya adalah Rp 500 juta. Berarti, Anda harus menyiapkan uang jauh di atas itu untuk dapat rumah terbaik.


Itu hanya beberapa istilah pariwara yang digunakan oleh sejumlah agen developer untuk menggaet pembelinya. Karena itu, Anda mesti tahu, agar mendapatkan rumah sesuai dengan apa yang Anda inginkan, baik bentuk maupun lokasinya.


Anda bisa mempertimbangkan membeli atau menyewa apartemen, rumah, hingga tanah berdasarkan lokasi, serta sesuai harga yang sesuai dengan kemampuan Anda di beberapa situs penyedia layanan tersebut.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post