close

Tuesday, January 24, 2023

author photo
Kenapa harga CPC Adsense turun drastis di awal tahun?
Kenapa harga CPC Adsense turun drastis di awal tahun?

Pojok Review - Sejak awal tahun 2023, setelah melewati malam yang bergembira di tahun baru, ternyata kabar buruk menimpa para blogger yang mengandalkan penghasilan dari Google Adsense. Terhitung sejak tanggal 1 Januari 2023, harga per klik (Cost Per Click/CPC) di blog turun jauh, bahkan penurunan harga per klik tersebut menjadi sangat signifikan. 


Khusus untuk blog ini yang akun Google Adsense-nya bergabung dengan Pojok Seni, angka CPC bahkan turun hingga Rp200 perak per klik! Dengan kunjungan yang masih serupa, total per bulan kedua blog ini (Pojok Seni + Pojok Review) hanya mendapatkan sekitar Rp350 ribu saja! Alias hanya Rp10 ribuan per hari!


Kepanikan makin bertambah dengan tidak adanya kerja sama lain baik iklan maupun artikel berbayar terhitung hingga hari ini (tanggal 24 Januari 2023). Fenomena apa ini? Apakah bisnis blogger terancam gulung tikar?


Ketika mencoba memelajari lagi dan melihat sejumlah situs lain yang membahas tentang penurunan harga CPC Google Adsense, ternyata hal ini adalah hal yang lumrah. Pojok Review sudah mulai online sejak tahun 2017, dan Pojok Seni sebagai induknya sudah online sejak 2014, dan sejak itu sebenarnya setiap awal tahun selalu ditandai dengan penurunan harga CPC. 


Hanya saja, tahun 2023 adalah yang terparah sejak hampir satu dasawarsa terakhir. Sebenarnya, apa yang terjadi? Berikut analisa dari Pojok Review:


Advertiser Istirahat


Bulan Desember adalah bulan promosi habis-habisan bagi para advertiser (pengiklan). Ada banyak momentum di sana, khususnya Natal dan Tahun Baru. Karena itu, tidak sedikit advertiser yang akan membakar uang di akhir tahun. Terbukti, juga ada banyak penjualan, baik barang maupun jasa terjadi di akhir tahun. Apabila Anda adalah seorang advertiser, maka wajar saja bila Anda akan menghabiskan banyak uang untuk promosi gila-gilaan di akhir tahun. 


Apa yang terjadi?


Maka setelah itu, masuk ke fase "advertiser istirahat". Ada banyak advertiser yang mengerem pengeluaran untuk promosi, baik yang sekedar menurunkan, maupun sampai me-nonaktif-kan promosi setelah bakar uang di akhir tahun. Hal itu tentu berkaitan dengan neraca keuangan perusahaan advertiser itu. Karena itu, jumlah iklan menjadi sedikit, dan angka CPC menurun drastis.


Perlu diketahui bahwa advertiser lewat layanan Google Adwords bisa menentukan berapa biaya yang akan dihabiskan maksimal untuk iklan, bahkan bisa menghentikan campaign periklanan dan promosi kapan saja. Hal inilah yang memungkinkan harga CPC setiap awal tahun akan turun drastis.


Terasa Turun Karena Sebelumnya ada Peningkatan


Kembali lagi ke kebiasaan advertiser untuk melakukan promosi gila-gilaan ketika akhir tahun, maka blogger juga akan mendapatkan keuntungan dengan meningkatnya jumlah iklan dan harga CPC di blognya. Hal itu menjadikan penghasilan blogger juga akan ikut naik. Blog Pojok Seni misalnya, ketika Desember 2022 lalu mendapatkan penghasilan sebesar Rp1.300.000 dari Google Adsense. Namun, turun drastis ke angka Rp250.000 di bulan Januari hingga tanggal 24 Januari 2023. Karena terlalu jauh, selisih hingga satu juta rupiah, wajar saja kalau terasa shock berat. 


Faktanya:


  • Harga CPC di bulan Desember mencapai Rp1.000 per klik, dengan kunjungan halaman 50,2 ribu, mendapatkan klik sekitar 1,42 ribu (CTR 2,84 persen), maka penghasilan yang didapatkan per bulan adalah Rp1.420.000. 
  • Sedangkan harga CPC di bulan Januari adalah Rp200 per klik, dengan jumlah kunjungan yang sama dan klik yang sama hanya mendapatkan penghasilan Rp284.000 per bulan.

harga CPC Adsense turun drastis di awal tahun

Sangat shock dengan fakta itu, bukan?


Iya, terasa sangat shock karena terasa turun jauh penghasilannya. Itu berarti, akhir tahun adalah waktunya kerja keras untuk meningkatkan kunjungan ke blog, sehingga kemungkinan jumlah klik semakin besar. Hal itu tentunya berujung ke penghasilan Anda semakin besar. 


Karena apa? Yah, jawabannya adalah karena pada bulan Januari, penghasilan blog Anda akan turun drastis. Sangat jauh turun, sampai Anda benar-benar shock.


Kesimpulan


Jadi, apa yang menyebabkan CPC Google Adsense turun drastis pada awal tahun? Jawaban paling logisnya adalah, sebab advertiser melakukan promosi besar-besaran di akhir tahun. Setelah campaign (kampanye) tersebut selesai, maka waktunya mengerem promosi tersebut.


Itu artinya, jumlah iklan menurun, harga CPC juga menurun.


Artinya, penghasilan menurun! 


harga CPC Adsense turun drastis di awal tahun


Karena itu, belajar dari pengalaman, satu-satunya yang bisa dilakukan bagi blogger bisa menyelamatkan "neraca keuangan" blognya adalah dengan cara meningkatkan kinerja blog di bulan Desember. Kuasai kata kunci, buat artikel-artikel berkualitas yang SEO Friendly, dan datangkan lebih banyak pembaca ke blog Anda. 


Atau, dengan kata lain, raih penghasilan sebesar-besarnya di akhir tahun. Karena penghasilan itulah yang akan menyelamatkan Anda di awal tahun. 


Selamat mencoba.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post