close

Saturday, January 28, 2023

author photo
Universitas Swasta Termurah di Indonesia
Tips mencari Universitas Swasta Termurah di Indonesia yang berkualitas

Pojok Review - Kelas XII atau kelas 3 SMA sudah bersiap menyongsong semester II. Itu berarti, tidak lama lagi, sudah siap-siap untuk ujian akhir dan kelulusan. Mungkin, dalam beberapa waktu ke depan, adik-adik sudah mendapatkan kepastian di mana akan melanjutkan kuliah.


Nah, kebanyakan siswa berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke universitas negeri. Karena, selain berkualitas, biaya kuliah juga cukup terjangkau. Tapi, jangan salah, ada banyak universitas negeri yang biayannya jauh lebih tinggi dari universitas swasta, loh.


Karena yang ada di bayangan orang tua saat ingin memasukkan anaknya ke kampus swasta adalah biayanya yang tinggi, serta kualitas dari universitas swasta termurah di Indonesia tersebut yang masih belum diketahui.


Bila Anda fokus mencari universitas swasta terbaik, tentunya hal tersebut akan dibarengi dengan biaya yang cukup tinggi. Adakah universitas swasta terbaik namun biayanya termurah? Tentunya, Anda bisa mencari di deretan universitas swasta termurah dengan kualitas terbaik seperti yang akan diulas di artikel ini.


Sekarang, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan universitas swasta termurah di Indonesia, tapi berkualitas?


Baca juga: Rekomendasi 10 Universitas Swasta Termurah di Indonesia, di Bawah Rp 1 Juta/Semester!


Akreditasi Kampus


Ini yang paling pertama. Secara umum, ukuran untuk menentukan kualitas suatu universitas baik negeri maupun swasta adalah akreditasinya. Tidak hanya universitasnya, tapi juga jurusan dan program studinya. Bisa dikatakan, akreditasi kampus menjadi salah satu tolok ukur universitas terbaik, baik itu negeri maupun swasta.


Bagaimana cara mengecek akreditasi suatu kampus?


Otoritas yang berwenang menentukan dan mengeluarkan sertifikat akreditasi kampus adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Karena itu, informasi akreditasi suatu kampus bisa Anda lihat di situs resmi BAN-PT. Anda bisa mengecek akreditasi universitas negeri maupun swasta terbaik dengan melihat di BAN-PT.


Caranya, Anda bisa mengakses situs resmi BAN-PT di alamat banpt.or.id. Kemudian, setelah masuk ke situsnya, di tab atas, klik Data Akreditasi, lalu pilih Institusi (terkini) untuk akreditasi kampus, dan Program Studi (terkini) untuk informasi akreditasi prodi.


Anda bisa melihat ada kampus yang terakreditasi A, B, C, juga ada kategori Baik, Baik Sekali, dan Unggul. Setidaknya, pilih kampus yang terakreditasi B ke atas untuk memastikan kualitasnya.


Ranking Kampus


Selain akreditasi, Anda juga bisa mengecek kualitas dari kampus Anda dengan melihat rangking universitas terbaik di dunia, negeri maupun swasta. Ini menjadi ukuran bagi banyak calon mahasiswa untuk mengetahui deretan universitas swasta terbaik di Indonesia. 


Salah satu website yang bisa Anda gunakan untuk melihat informasi peringkat kampus adalah Ranking Web of Universities yang bisa Anda akses di alamat webometrics.info. Anda juga bisa melihat informasi rangking kampus di tingkat internasional, bila Anda ingin kuliah di luar negeri. 


Berdasarkan website tersebut, Harvard University masih berada di peringkat pertama dunia. 


Untuk level Asia Tenggara, National University of Singapore adalah universitas yang berada di peringkat utama (rangking 48 dunia).


Sedangkan di Indonesia, Universitas Indonesia kembali menjadi kampus dengan peringkat tertinggi di Indonesia (rangking 603 dunia). Tentunya, bila menggunakan situs berbeda, Anda bisa saja mendapatkan hasil berbeda pula. Hal itu disebabkan metodologi pengukuran dan objek yang diukur juga berbeda.


Sekarang, setelah melihat dua indikator tersebut, apa saja universitas swasta termurah Indonesia dan apa akreditasinya?


Rekomendasi Lima Universitas Swasta Termurah Terbaik Indonesia beserta Akreditasinya


Universitas Pamulang Banten (Akreditasi B)


Universitas Swasta Termurah di Indonesia Universitas Pamulang


Universitas swasta termurah di Indonesia yang paling direkomendasikan pertama adalah Universitas Pamulang. Universitas ini berada di Tangerang, Provinsi Banten.


Kenapa Universitas Pamulang (Unpam) paling direkomendasikan? Pertama karena universitas swasta satu ini berada di rangking 134 Indonesia, dan 6483 dunia berdasar Web Biometrics, serta memiliki akreditasi B dari BAN-PT. Untuk kategori rangking yang cukup baik, biaya kuliah di Unpam terhitung cukup murah. 


Sebab, sebagai "penghuni" ranking 134, Unpam memiliki biaya yang relatif lebih rendah dibanding beberapa perguruan tinggi lainnya yang berada di peringkat bawahnya (135 ke atas). 


Biaya kuliah reguler di Unpam adalah Rp1.800.000 per semester, yang bisa diangsur per bulan. Untuk informasi lebih lanjut, termasuk pendaftaran, Anda bisa berkunjung ke situs resminya: https://unpam.ac.id/


Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Akreditasi B BAN-PT)


Universitas Swasta Termurah di Indonesia Universitas Mercu Buana


Universitas Mercu Buana ada dua, satu di Jakarta dan satu lagi di Yogyakarta. Nah, bila yang di Jakarta dikenal sebagai kampus dengan akreditasi "Unggul" dari BAN-PT, tapi biaya per semesternya cukup tinggi yakni mencapai Rp9.200.000. Tidak hanya itu, kampus ini juga adalah kampus terbaik ke-11 di Indonesia berdasarkan Web Biometrics.


Namun, Universitas Mercu Buana yang dibahas kali ini adalah yang berlokasi di Yogyakarta. Universitas Mercu Buana di Yogyakarta terakreditasi B dan tercatat 9 program studinya terakreditasi A. Terpenting, sangat berbeda dengan "saudaranya" di Jakarta, Universitas Mercu Buana di Yogyakarta memiliki biaya yang cukup terjangkau. Sekitar Rp1.700.000 hingga Rp3 jutaan per semester.


Anda juga bisa mengambil skema pembayaran secara diangsur, serta mendapatkan sejumlah kemudahan seperti beasiswa tertentu. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resminya di alamat https://mercubuana-yogya.ac.id/.


Universitas Bung Karno (Akreditasi B BAN-PT)


Universitas Swasta Termurah di Indonesia Universitas Bung Karno


Bila Anda ingin kuliah di universitas swasta termurah Indonesia yang berada di Jakarta, maka Universitas Bung Karno (UBK) bisa menjadi pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. 


Biaya kuliah reguler di UBK adalah Rp6.800.000 per semester, yang sudah termasuk formulir pendaftaran, SPP 6 bulan, biaya UTS, UAS, KRS, BPP, Almamater, dan KTM. Biaya tersebut bisa diangsur dengan pembayaran per bulan, yakni sekitar Rp590.000 per bulan.


Universitas swasta termurah di Indonesia satu ini juga memiliki banyak program beasiswa untuk mahasiswanya. Selain itu, universitas swasta satu ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT.


Informasi terkait kampus ini bisa Anda cek di situs resminya: https://ubk.ac.id/


Universitas Selamat Sri (Akreditasi "Baik" BAN-PT)


Universitas Swasta Termurah di Indonesia Universitas Selamat Sri


Universitas satu ini terletak di Jawa Tengah, tepatnya daerah Kendal. Universitas satu ini dikenal sebagai kampus yang sangat terjangkau biaya kuliah, serta bebas dari uang gedung dan biaya SKS.


Anda bisa memilih untuk membayar biaya semester mulai dari Rp665.000 per semester untuk jurusan Non Teknik dan Rp715.000 untuk jurusan teknik. 


Kampus ini sudah terakreditasi dengan peringkat "Baik" dari BAN-PT. Selain memiliki 6 Fakultas dan 10 program studi, Anda juga bisa memilih kelas baik kelas pagi, kelas malam, maupun kelas akhir pekan. Ada juga berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa, mulai dari Beasiswa KIPK, Beasiswa PPA, dan Beasiswa Prestasi. 


Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa cek di situs resminya: https://uniss.ac.id/


Universitas Sawerigading Makassar (Akreditasi "Baik" BAN-PT)


Universitas Swasta Termurah di Indonesia Universitas Sawerigading


Selanjutnya ada Universitas Sawerigading yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Universitas satu ini mendapatkan akreditasi "baik" dari BAN-PT.


Biaya kuliah di Universitas Sawerigading Makassar cukup terjangkau, mulai dari Rp1.200.000 per semester untuk Fakultas Sastra, FKIP, Administrasi Publik, dan Teknik. Sampai yang tertinggi adalah Fakultas Hukum yakni Rp1.500.000 per semester.


Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs resmi kampus; https://unsamakassar.ac.id/.


Itu tadi deretan kampus swasta termurah dengan akreditasi baik (B ke atas). Tentunya, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi orang tua, maupun adik-adik yang ingin melanjutkan kuliah. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post