close

Tuesday, January 31, 2023

author photo
Universitas swasta di Jogja
Rekomendasi Universitas swasta di Jogja

Pojok Review - Tidak salah Jogja disebut sebagai kota pelajar. Tentu, sebutan tersebut bukan tanpa alasan. Total 136 perguruan tinggi, baik negeri maupun universitas swasta ada di Jogja.


Dengan biaya kos-kosan yang murah, makan, dan biaya hidup juga murah, Anda akan mendapatkan universitas terpercaya dan punya kualitas terbaik di Indonesia. Untuk perguruan tinggi negeri, mulai dari Universitas Gadjah Mada sampai kampus seni seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja bisa menjadi bahan pertimbangan.


Sekarang, bagaimana dengan universitas swasta di Jogja. Apa saja universitas swasta yang direkomendasikan bila ingin melanjutkan pendidikan di kota pelajar tersebut? 


Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum ke Jogja


Sebelum ke rekomendasi universitas swasta di Jogja yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan, sekarang perlu dicatat dulu bahwa Jogja merupakan kota pelajar. Bukan hanya karena banyaknya perguruan tinggi, tapi perlu dicatat bahwa orang Jogja itu minimal tamatan SMA/SMK sederajat.


Bayangkan saja, ketika Indonesia masih sulit dengan akses pendidikan dan banyak warga Indonesia masih buta aksara, masyarakat Jogja sudah melek aksara. Angka buta aksara di Jogja adalah yang paling rendah di Indonesia.


Tidak hanya itu, sejumlah SMA favorit memiliki siswa-siswa yang cemerlang. SMA favorit di Jogja antara lain SMAN 8, SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 5 Jogjakarta. 


Selain SMA masih ada SMK yang punya jurusan unik-unik untuk mendukung bakat dan kreativitas siswa. Ada SMK Tata Boga yang menjadi SMK terbaik di Jogja. Juga ada SMK Farmasi, SMK Musik, SMK Tata Busana, SMK Seni, dan sebagainya. Jadi, rencana untuk sekolah di Jogja bahkan sudah bisa dimulai sejak SMA/SMK.


Selain itu jurusan yang ditawarkan setiap kampus juga unik-unik dan jarang ditemukan. Sangat sulit menemukan jurusan Teknik Nuklir misalnya. Hal itu hanya ada di Universitas Gadjah Mada (UGM).


Jadi, apa yang harus dipersiapkan sebelum ke Jogja? Yah, persiapkan diri dengan sangat baik, buka lebar-lebar wawasan dan pengetahuan. Karena Jogja adalah tempat yang cukup kompetitif untuk masalah ilmu pengetahuan.


Universitas Negeri di Jogja


Ada cukup banyak universitas di Jogja termasuk di antaranya yang negeri. Dan perlu dicatat bahwa universitas negeri di Jogja itu juga terkenal ke seantero Indonesia. Misalnya ada UGM, UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), ISI (Institut Seni Indonesia) Jogja, UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Jogja, Sekolah Tinggi Pertanahan Negara (STPN), Poltekes Yogyakarta, Poltek ATK (Akademi Teknik Kulit) Jogja dan sebagainya.


Khusus untuk ISI Jogja, adalah kampus seni dengan jurusan teater terbaik di dunia (10 besar), dan itu menjadi yang terbaik di Asia. ISI Jogja melahirkan ISI, dan ISBI di seluruh Indonesia. Sedangkan UGM terus bersaing ketat dengan Universitas Indonesia (UI) di Jakarta sebagai dua kampus terbaik di Indonesia saat ini.


Tidak hanya itu, pesantren juga banyak ditemukan di Jogja. Baik itu pesantren modern, maupun tradisional. Juga ada banyak sekolah agama, tidak hanya untuk Islam, tapi juga sekolah Nasrani, dan sebagainya.


Bagaimana dengan tempat kursus? Sebagai bagian dari pendidikan (luar sekolah), kursus juga bisa dengan mudah ditemukan di Jogja. Bahkan, Anda bisa menemukan kursus atau lembaga pendidikan luar sekolah di nyaris setiap tempat di Jogja.


Universitas Swasta di Jogja


Sekarang kita kembali ke bahasan awal, apa saja universitas swasta di Jogja? Tentunya ada ratusan universitas swasta di Jogja dan PojokReview kali ini akan menyebutkan 8 universitas swasta di Jogja yang terbaik.


Kenapa hanya 8? Karena 8 universitas swasta di Jogja satu ini memiliki rangking 100 besar di Indonesia. Ada beberapa lagi universitas seperti Amikom Yogyakarta, Universitas Alma Ata, dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta berada di 101 - 200 besar Indonesia. Namun, untuk pilihan yang terbaik, tentunya universitas yang berada di 100 besar Indonesia adalah pilihan yang cukup tepat untuk Anda. Ada beberapa di antara daftar di bawah ini termasuk universitas swasta yang mahal, tapi beberapa di antaranya juga termasuk universitas swasta dengan biaya murah.


Rangking yang diambil merujuk pada 2 jenis rangking yakni Unirank dan Kemdikbud, yang keduanya sudah diperbaharui tahun 2022 lalu. Apa saja? Ini daftar universitas swasta di Jogja yang terbaik berdasar rangking (100 besar Indonesia).


1. Universitas Islam Indonesia (UII)


Ini universitas tertua di Indonesia yang berdiri pada tanggal 8 Juli 1945. Wakil presiden pertama Indonesia, Moh Hatta adalah salah satu sosok yang mendirikan universitas ini bersama Moh Roem (ingat perjanjian Roem Royen?), Abdoel Kahar Moezakir, Abdul Wahid Hasyim, dan Moh Natsir.


Peringkat

  • UniRank: 21
  • Kemdikbud: 25 


2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

 

Universitas yang satu ini merupakan universitas yang berafliasi dengan Muhammadiyah. Berdiri sejak 1 Maret 1981, kampus yang berada di Bantul ini menjadi tujuan calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.


Peringkat

  • UniRank: 28
  • Kemdikbud: 35


3. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)


Universitas Ahmad Dahlan dulunya adalah IKIP Muhammadiyah Yogyakarta. Itu berarti, sama seperti UMY, kampus ini juga terafiliasi dengan organisasi Islam terbesar nomor dua di Indonesia, Muhammadiyah. Kampus ini berdiri pada tanggal 19 Desember 1994 dan terletak di Umbulharjo, Kota Yogyakarta.


Peringkat 

  • UniRank: 41
  • Kemdikbud: 52 


4. Universitas Atma Jaya Jogja

 

Universitas ini merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi Jogja. Didirikan oleh kaum "awam" Katolik (disebut Wikipedia seperti itu) pada tanggal 27 September 1965 oleh Agustinus Suhardi, Oey Liang Lee, AJ Liem Sioe Siet, Leo Sukoto, dan Sutijoso.


Peringkat 

  • UniRank: 45
  • Kemdikbud: 38


5. Universitas Sanata Dharma Jogja


Sama seperti Atma Jaya, kampus ini juga merupakan universitas Katolik. Lebih sering disebut sebagai Sadhar, ketimbang USD untuk menyingkatnya. Sejak tahun 1993 berubah menjadi universitas, dari sebelumnya IKIP sejak tahun 1965.


Peringkat

  • Unirank: 53
  • Kemdikbud:43


6. Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa


Berikutnya ada Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa yang berada di Umbulharjo, Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1955 oleh tokoh pendidikan legendari Indonesia, Ki Hajar Dewantara.


Peringkat

  • UniRank: 94 
  • Kemdikbud: 158


7. Universitas Kristen Duta Wacana 


Sebelumnya, kampus ini bernama Sekolah tinggi Theologia Duta Wacana yang didirikan tahun 1962. Sejak tahun 1985, kampus ini beralih menjadi universitas. Kampus ini terletak di Gondokusuman, Kota Yogyakarta.


Peringkat

  • Unirank: 97
  • Kemdikbud: 99


8. Universitas Mercu Buana Yogyakarta 


Kampus satu ini berdiri sejak 1 Oktober 1986 dan terletak di Bantul. Untuk kategori universitas swasta, meski berada di nomor 8 untuk kategori Jogja, namun kampus ini juga berada di nomor 10 versi UniRank Kampus ini tercatat sebagai salah satu universitas swasta dengan biaya termurah namun berkualitas. (Baca di artikel ini: Ini Daftar Universitas Swasta Termurah dan Terbaik di Indonesia)


Peringkat

  • UniRank: 100
  • Kemdikbud: 108


Itu tadi deretan universitas swasta di Jogja yang direkomendasikan untuk Anda. Bila Anda adalah orang tua yang ingin menguliahkan anak, tentunya universitas di atas bisa dipertimbangkan. Termasuk juga, bila Anda adalah siswa yang akan kuliah. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post