close

Wednesday, March 06, 2024

author photo
Lukisan Sleeping Lady with Black Vase
Lukisan Sleeping Lady with Black Vase menjadi latar di film Stewart Little.

Pojok Review - Apakah Anda ingat film berjudul Stewart Little yang dirilis pada tahun 1999 lalu? Sepuluh tahun berkelang setelah rilis perdana film yang disutradarai Rob Minkoff ini diputar di layanan streaming pada tahun 2009. 


Saat diputar di Netflix, seorang akademisi dan peneliti seni asal Hungaria bernama Gergely Barki menonton film tersebut bersama putrinya bernama Lola. Saat itu, ia secara tidak sengaja melihat properti yang digunakan oleh film tersebut adalah sebuah lukisan yang hilang.


Ia hampir ragu, namun ketika ia mengunduh film tersebut dan memotong bagian yang ia curigai tersebut, nyata terpampang sebuah mahakarya pelukis legendaris Hungaria bernama Robert Bereny berjudul Sleeping Lady with Black Vase.


Seperti dimuat Metro.co.uk dan Guardian, Barki kemudian segera mengirim email ke penata artistik di lokasi syuting film Stuart Little. Fakta yang didapatkan benar-benar mengejutkan.



Yah, lukisan itu adalah benar lukisan yang hilang setidaknya satu dekade terakhir karena dicuri. Lalu, desainer film tersebut mendapatkan lukisan itu di toko barang bekas di California dengan harga yang sangat murah.


Awalnya, lukisan tersebut dibeli oleh seorang kolektor lukisan di Hongaria. Kolektor lukisan tersebut berdarah Yahudi, dan menjadi korban amukan Nazi pada Perang Dunia Kedua. Lukisan tersebut diduga hilang saat itu, sekitar tahun 1940-an.


Tidak lama kemudian, lukisan itu muncul di lelang amal St Vincent de Paul, di San Diego, Amerika. Seorang kolektor bernama Michael Hempstead membelinya seharga $40 pada tahun 1990.


Lukisan tersebut dilaporkan hilang pada tahun 2000-an awal. Dan desainer set film tersebut menemukannya di sebuah toko barang bekas di California, lalu membelinya seharga $500. Desainer tersebut menggantungnya di kamar tidur, lalu tanpa sengaja memperkenalkannya pada dunia lewat film Stuart Little.


Musim salju menjelang malam natal, Gergely Barki diminta putrinya untuk menemani menonton film tersebut. Ia menemani putrinya dengan "mungkin" terpaksa, sebelum akhirnya ia mendapatkan sebuah penemuan yang mengejutkan dunia seni.


Lukisan Sleeping Lady with Black Vase
Lukisan Sleeping Lady with Black Vase dipajang di Galeri Virag Judit, Budapest, Hungaria (foto: Guardian)


Dari penemuan Barki, lukisan itu akhirnya dibeli seharga 110.000 euro atau setara dengan Rp1,8 Triliun sebelum akhirnya dipajang di Galeri Virag Judit, Budapest, Hongaria.


Tentunya, sebagai seorang akademisi seni, Gergely Barki sangat bahagia menjadi "rantai" perjalanan lukisan mahakarya Robert Bereny tersebut kembali ke Budapest. Tidak hanya Barki, tapi sejumlah aktor yang membintangi film Stuart Little juga mengaku mereka sangat terhormat ketika memainkan film tersebut dengan latar sebuah lukisan karya pelukis legendaris Hungaria.


Artikel ini dipersembahkan oleh Pojok Seni | Wadah Seni Nusantara

Baca artikel terkait seni secara komprehensif di 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post