Alasan Kenapa Anda Juga Mesti Menjaga Area Kulit Telapak Tangan


PojokReview - Anda tentunya memberi perlindungan pada berbagai area kulit di tubuh Anda, bukan? Salah satunya yang paling mendapatkan perawatan dan perlindungan lebih adalah kulit wajah, tubuh, tangan dan kaki. Tapi sayangnya, tidak banyak yang memerdulikan area kulit telapak tangan.

Padahal, telapak tangan justru adalah bagian tubuh yang paling banyak melakukan kontak dengan benda serta orang lain. Berikut beberapa alasan kenapa Anda justru harus melindungi dan menjaga area kulit telapak tangan seperti menjaga area kulit lainnya.

1. Telapak Tangan Paling Banyak Melakukan Kontak


Apapun pekerjaan Anda, maka kulit telapak tangan adalah yang paling sering terpapar dengan benda ataupun orang lain. Biasa untuk bersalaman, memegang peralatan baik yang lembut sampai yang kasar, serta melakukan kerja lain yang juga berat.

Karena itu perlu perlindungan lebih untuk kulit telapak tangan Anda agar tidak mudah rusak.

2. Telapak Tangan Memiliki Kulit yang Paling Tipis


Dibandingkan area kulit lainnya, telapak tangan justru memiliki lapisan kulit yang paling tipis dan sensitif. Bahkan, kulit telapak tangan disebut lebih sensitif ketimbang kulit tangan dan wajah misalnya. Tapi, justru kulit telapak tangan yang paling sedikit mendapatkan perlindungan.

3. Telapak Tangan Paling Sering Terpapar Sinar UV


Anda mungkin akan menggunakan tabir surya atau mungkin menggunakan topi untuk melindungi wajah Anda. Sedangkan area lain terlindungi pula dengan baju lengan panjang dan celana panjang. Jadinya, terlindungi dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Tapi bagaimana dengan telapak tangan? Sayangnya, area satu ini yang justru paling jarang mendapatkan perlindungan dari sinar UV. Padahal kulit telapak tangan juga menjadi gampang rusak, kering, pecah-pecah, sunburn bahkan hingga kanker kulit karena terlalu banyak terpapar sinar UV.

4. Telapak Tangan adalah Kulit yang Paling Cepat Proses Penuaan Dini


Anda juga melindungi seluruh bagian kulit tubuh Anda dari penuaan dini. Berbagai tanda penuaan dini seperti flek hitam, keriput dan sebagainya tentu akan membuat Anda panik dan segera melakukan perawatan.

Tapi bagaimana dengan telapak tangan? Faktanya, bagian telapak tangan justru merupakan bagian yang paling cepat menunjukkan penuaan dini. Tapi sayangnya, perlindungan dan perawatan untuk telapak tangan tidak sebaik bagian kulit lainnya.

5. Telapak Tangan Mesti Selalu Lembab


Telapak tangan merupakan bagian di tubuh yang memiliki kulit yang cenderung lebih tipis. Hal itu menyebabkan saluran minyak yang ada di telapak tangan juga lebih sedikit ketimbang di area kulit lain. Karena itu, kulit tangan mesti selalu lembab agar perlindungannya lebih maksimal.

6. Telapak Tangan Cenderung Lebih Cepat Mati Sel Kulitnya


Proses regenerasi kulit terus terjadi di tubuh Anda. Sel-sel kulit mati akan lebih cepat berganti dengan sel kulit baru, apabila Anda melakukan perawatan dengan tepat. Namun, perlu diketahui bahwa area telapak tangan cenderung memiliki sel kulit yang lebih cepat mati.

Jadinya, diperlukan perawatan tambahan agar sel-sel kulit tetap cepat berganti dan teregenerasi dengan baik.

7. Telapak Tangan Menjadi Tempat Pemindahan Virus dan Bakteri Penyakit


Di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) ini, penyakit juga sangat mudah menular lewat telapak tangan. Berbagai jenis penyakit dan bakteri lainnya juga akan sangat mudah menular lewat telapak tangan. Karena itu, selain harus terus dijaga kebersihannya, akan sangat baik bila Anda melindungi kulit tangan Anda.

Tips Menjaga Kulit Telapak Tangan



Hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjaga kesehatan telapak tangan Anda adalah menggunakan hand cream. Hand cream mampu melindungi kulit telapak tangan, melakukan regenerasi sel kulit mati, menjaga kelembaban, melawan proses penuaan dini dan lain-lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjaga kulit telapak tangan Anda.

1. Gunakan Hand Cream Berkualitas


Beberapa ahli lebih menyarankan menggunakan hand cream, ketimbang lotion yang berbahan dasar air. Lotion yang water base cenderung cepat menguap dan membuat kulit telapak tangan menjadi lebih cepat kering. Sedangkan hand cream yang oil base (berbahan dasar minyak) justru mampu mengunci kelambaban di tangan Anda.

Selain itu, hand cream yang berkualitas tinggi mengandung ceramide dan vitamin E yang sangat baik untuk menutrisi kulit Anda. Jadinya, kulit tetap terjaga dan lebih lembut.

Beberapa produk hand cream terbaik yang direkomendasikan bisa Anda dapatkan di Bukalapak atau di Jd.id.

2. Gunakan Sesaat Setelah Cuci Tangan


Akan sangat baik menggunakan hand cream sesaat setelah cuci tangan. Atau sesaat setelah tangan Anda basah karena air bersih. Sebab, hand cream mampu mengunci air di kulit telapak tangan jadi tetap terjaga kelembabannya.

3. Gunakan Ketika Tangan Anda Benar-benar Kering


Ketika terasa kulit Anda sudah sangat kering, maka itu juga menjadi penanda waktu terbaik untuk menggunakan hand cream. Jadi, jangan biarkan tangan Anda sampai terlalu kering sehingga bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. 

No comments:

Powered by Blogger.