Dipenjara di Sel Super Maximum Security dan Kemungkinan Hingga Ajal di Penjara; Fakta tentang Predator Reynhard Sinaga

Penjara HM (Strangeways) di Manchester


PojokReview - Nama Reynhard Sinaga mungkin sudah tidak asing di telinga pasca kasus perkosaan terbesar sepanjang sejarah dunia terjadi di Inggris. Sebelumnya, Reynhard sudah divonis hukuman 30 tahun penjara yang berarti ia akan mendekam hingga usianya nanti 62 - 65 tahun, saat bebas.


Namun ternyata para jaksa masih kurang puas dengan hukuman 30 tahun tersebut dan kembali mengajukan banding untuk menaikkan jumlah hukuman. Sebab, 30 tahun penjara tersebut dirasa masih belum cukup untuk menghukum pelaku dengan 159 kasus perkosaan di Inggris tersebut.


Berikut Pojokreview mengulas beberapa fakta menarik terkait hukuman yang dijalani predator seksual asal Indonesia tersebut.


1. Terancam Penjara Sampai Mati


Kabar teranyar yang datang dari pengadilan Manchester, Inggris adalah para jaksa sepakat untuk mengajukan banding hukuman "whole-life sentence" untuk Reynhard Sinaga. Apa itu whole-life sentence?


Ternyata, istilah penjara seumur hidup di Inggris merujuk pada hukuman 15 tahun keatas. Dengan demikian, hukuman yang diberlakukan pada Reynhard yakni 30 tahun sudah termasuk hukuman seumur hidup. Namun ternyata itu bukan termasuk "whole-life sentence". Wolf-life sentence berarti dipenjara sampai ia menutup mata, alias meninggal dunia.


Sistem hukum Inggris tidak mengenal remisi, namun kemungkinan bila mendapatkan hukuman 30 tahun berarti secara real, Renyhard akan menjalani hukuman selama 28 tahun untuk bisa bebas bersyarat.


Dengan demikian, Renyhard masih bisa keluar dari penjara di sekitar tahun 2045 mendatang ketika berusia sekitar 62-63 tahun. Usia Renyhard saat ini adalah 37 tahun dan ia sudah ditahan sejak tahun 2017.


Itulah yang ingin dihindari oleh para jaksa. Para jaksa ingin mengajukan banding agar Reynhard Sinaga baru bisa keluar dari penjara ketika ia meninggal dunia nanti. Alias, real hukuman penjara seumur hidup.


2. Dipenjara di Bangunan Berusia Ratusan Tahun


Renyhard Sinaga dipenjara di sebuah bangunan penjara yang telah diresmikan sejak tahun 1869, penjara HM Manchester. Penjara ini adalah penjara yang memiliki kemanan tingkat 1 untuk "kasus luar biasa" dengan menara yang sangat tinggi bahkan menjadi icon penjara tersebut.


Dindingnya sangat tebal, bahkan tidak bisa ditembus dengan apapun kecuali tank atau dinamit. Desainnya klasik khas Eropa abad ke-18. Penjara satu ini memiliki penjagaan yang sangat ketat, sehingga peluang untuk kabur dari penjara ini nyaris mustahil. Renyhard berada di tengah-tengah penjara itu dengan sel bertipe Super Maximum Security.


Penjara satu ini memiliki kapasitas 1.000 narapidana, namun di tahun 2005 tercatat ada sekitar 1.200 narapidana di dalamnya. Selain penjara, tempat ini juga menjadi tempat eksekusi hukuman mati yakni hukuman gantung pada abad ke-20. Ratusan eksekusi telah dilakukan di penjara ini hingga terakhir di tahun 1964 silam.


Penjara ini juga sering disebut dengan nama Penjara Strangeways.


3. Rumah Reynhard Hanya 4 Km Dari Penjara


Selain itu, nyatanya rumah dan lokasi kejahatan Reynhard Sinaga hanya berjarak 4 km saja dari penjara di Manchester tersebut. Apartemen Reynhard terletak di daerah Montana House yang terletak di pinggiran Manchester.


Tapi, meski jaraknya dekat bukan berarti Renyhard bisa pulang dengan enak yah. Sebab petugas penjara mengawasi setiap gerak-gerik penghuni di sel Super Maximum Security tanpa henti selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

No comments:

Powered by Blogger.