Nov 23, 2020

author photo

 


pojokreview.com - Bila kata "cantik" didefinisikan tentunya akan menghasilkan banyak pendapat dan pandangan. Namun bagaimana bila kata "cantik" tersebut dijabarkan dengan spesifik dan empiris?


Sebuah klinik kecantikan ZAP Clinic bekerja sama dengan MarkPlus,Inc melakukan survey di tahun 2019 silam dengan mencapai 6.460 lebih responden dari berbagai wilayah di Indonesia.


Ribuan wanita tersebut berasal dari tiga generasi berbeda antara lain generasi X (39-65), Y (23 - 38) dan gen Z (13-22). Mulai dari Aceh sampai ke wilayah timur Indonesia disurvey dan menghasilkan kesimpulan bagaimana definisi cantik menurut mereka.


Sebelum masuk ke definisi cantik menurut penelitian tersebut, ada banyak fakta yang ditemukan lewat survey tersebut. 


Fakta Kecantikan di Indonesia




Pertama, para wanita di generasi Z kebanyakan akan berselancar di dunia maya dan sosial media untuk melihat sampel wanita cantik. Maka beauty influencer akan menjadi pertimbangan utama untuk jadi inspirasi dan panutan bagi mereka.


Kedua, para wanita di generasi Z dan Y menghabiskan lebih dari separuh uang belanjanya untuk belanja perawatan kecantikan.


Ketiga, wanita di generasi Z kebanyakan sering mendapatkan body shaming. Biasanya badan berisi dan kulit berjerawat menjadi pemicu utama.


Keempat, wanita di generasi Z kebanyakan berbelanja produk kecantikan secara daring.


Dengan fakta-fakta tersebut, bagaimana cantik menurut mereka. 


Definisi Cantik Menurut Wanita Indonesia



Meski hampir semua pepatah mengatakan bahwa cantik itu dari hati, atau mungkin cantik itu tidak terlihat mata. Namun, sepertinya bagi wanita Indonesia cantik itu tetap terlihat oleh mata.


Terbukti dari fakta-fakta yang disebutkan sebelumnya, menggambarkan bahwa keinginan mereka terlihat cantik menurut mata lawan jenisnya.


Oleh karena itu, kebanyakan dari mereka menganggap wajah yang cerah, glowing dan bersih menjadi patokan pertama kecantikan. Sebanyak 82,5% responden menyatakan itu.


Itulah kenapa belanja perawatan kecantikan mulai dari skin care, dan kosmetik tetap mendapatkan prioritas bagi wanita Indonesia.


Di tahun sebelumnya, hasil survey menunjukkan sebanyak 40,9% wanita mengakui bahwa cantik itu terlihat dari keseluruhan penampilan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Karena itu, fashion menjadi prioritas berikutnya setelah produk kecantikan.


Membersihkan diri, menjaga kecantikan dan sebagainya tentu menjadi hal yang penting bagi wanita saat ini. Seperti menggunakan sabun antiseptik untuk membersihkan tubuh dan wajah dari kuman agar terhindar dari masalah seperti jerawatan.


Jadi, apakah Anda sependapat dengan 80% wanita di atas? Atau, Anda punya pendapat lain? Silahkan berbagi di kolom komentar, yah. 

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post