close

Thursday, September 30, 2021

author photo
Cara Meningkatkan Dua Kali Lipat Pengunjung Blog dalam Waktu 1 Bulan untuk Pemula
Tips dan Trik Meningkatkan Dua Kali Lipat Pengunjung Blog dalam Waktu 1 Bulan untuk Pemula


pojokreview.com - Judul artikel ini bisa jadi terkesan terlalu tendensius, bahkan terkesan seperti tipu-tipu. Tapi, penulis mencobanya sendiri di tiga blog yang berbeda. Hasilnya sama, dalam waktu satu bulan alias 30 hari, pengunjung blog meningkat hingga 2 kali lipat. Yah, meningkatkan dua kali lipat pengunjung blog dalam waktu satu bulan itu bukan hal yang impossible.


Maka, PojokReview akan membocorkan caranya, karena blogger tentunya membutuhkan trafik yang tinggi ke blognya. Terasa sangat sia-sia menulis sesuatu yang mungkin butuh riset yang lama, tapi pembacanya hanya satu atau dua orang saja. 


Meski demikian, harus dikatakan di awal bahwa tidak ada yang instan. Satu bulan yang dimaksud tersebut adalah waktu untuk menjadikan blog Anda bisa lebih banyak mendatangkan pengunjung, dan hasilnya akan terlihat di hari ke-31. 


Misi 30 Hari Meningkatkan Trafik Blog


Cara Meningkatkan Dua Kali Lipat Pengunjung Blog dalam Waktu 1 Bulan untuk Pemula
Mission possible: 30 hari meningkatkan trafik blog menjadi 2 kali lipat

Ada syarat yang harus dipenuhi, agar "misi 30 hari meningkatkan trafik blog" ini bisa dipenuhi. Berikut syarat-syaratnya:


  • Loading blog Anda tidak lamban, silahkan cek dulu di Google Page Speed. Bila ternyata proses pemuatan dari blog Anda terlalu lambat, coba lihat apa yang membuatnya lambat. Kemudian, benahi dengan baik.
  • Template blog Anda enak dibaca, mudah mencari artikel lainnya, juga tidak terlalu banyak widget. Juga memiliki font yang enak dipandang mata, juga dibaca. Sangat disarankan menggunakan template premium yang SEO Friendly.
  • Silahkan cek dulu kata kunci yang paling banyak menyasar ke blog Anda. Anda bisa memanfaatkan Ubber Suggest, atau lewat Web Master Tool. Atau, cari kata kunci baru yang sesuai dengan niche blog Anda.
  • Berdasarkan kata kunci tersebut, tentukan kata kunci ekor panjang (long tail keywords) untuk setiap kata kunci. Anggap saja, satu kata kunci akan memunculkan sekitar 5 long tail keywords. Anda bisa memanfaatkan sejumlah situs, atau ekstensi di Chrome untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak saran kata kunci ekor panjang. Dapatkan sehingga setidaknya 30 long tail keyword dari sekitar 5 atau 6 kata kunci andalan blog Anda.


Persiapkan kopi dan cemilan Anda, karena selama 30 hari ke depan, pekerjaan Anda akan cukup berat. Regangkan jari-jari tangan Anda, karena kerja mereka akan mulai terasa berat beberapa waktu ke depan.


Apakah syarat-syarat di atas sudah dipenuhi. Anggap saja itu tahap pemanasan, atau malah cuma tahap persiapan untuk kerja yang sesungguhnya. Baik kita mulai misi 30 hari menaikkan trafik ini. Berikut langkah-langkahnya:


Langkah-langkah Meningkatkan Dua Kali Lipat Pengunjung Blog dalam Waktu 1 Bulan untuk Pemula


Cara Meningkatkan Dua Kali Lipat Pengunjung Blog dalam Waktu 1 Bulan untuk Pemula
Langkah-langkah meningkatkan pengunjung blog dalam waktu 1 bulan

1. Mempersiapkan judul-judul untuk 60 artikel


Setelah Anda menentukan sekitar 5-6 kata kunci, dari situ Anda mendapatkan 60 kata kunci ekor panjang. Tentunya, kata kunci yang akan Anda targetkan tersebut mesti sesuai dengan tema (niche) dari blog Anda. Misalnya, Anda sedang mengeker kata kunci "Tips meningkatkan pengunjung blog". Maka dari kata kunci tersebut, Anda bisa mendapatkan setidaknya lima kata kunci ekor panjang. Cara yang paling mudah, gratis, dan cepat ialah mengandalkan "prediksi" dari mesin pencari. Misalnya, lihat gambar di bawah ini.


Cara Meningkatkan Dua Kali Lipat Pengunjung Blog dalam Waktu 1 Bulan untuk Pemula


Dari lima kata kunci ekor panjang tersebut, masing-masing menjadi tema atau premis dari satu artikel yang akan Anda tulis. Misalnya, dari lima kata kunci ekor panjang di atas, kita akan menulis lima artikel dengan judul masing-masing:


  • Cara meningkatkan pengunjung blog dalam waktu singkat
  • Tips meningkatkan pengunjung blog wordpress yang efektif
  • Cara menambah pengunjung blog dengan stabil
  • Dan lain-lain


Dan ingat, masih dalam tahap penyiapan artikel ini, maka Anda akan mendapatkan 60 judul artikel. Silahkan menulis dengan ketentuan berikut ini:


  1. Tidak salin tempel alias copy-paste! Ingat, bila Anda lakukan ini, maka bersiaplah blog Anda akan mendapat predikat yang kurang baik di mata mesin pencari.
  2. Kata kunci yang dimaksud jangan diulangi terlalu banyak. Maksimal, kata kunci yang Anda targetkan hanya diulangi sekitar 5 kali saja. Simak dulu tips SEO untuk pemula.
  3. Artikel tersebut mesti natural dan bukan hasil "spinner". Bisa saja Anda mencontoh artikel yang sudah ada, namun sebaiknya "modifikasi" sebaik mungkin. Selain itu, bila Anda mengutip, maka sertakan sumber asal kutipan tersebut.
  4. Bila Anda mengambil sumber, gambar, atau apapun dari blog/situs lain, sertakan sumbernya. Hal itu cukup baik terlihat di mata Google, dan terlihat kredibel. Asalkan tidak terlalu banyak link keluar dari satu artikel.


Jangan lupa untuk menyertakan judul besar (H1), sub-judul (H2), judul kecil (H3), di setiap artikel yang Anda tulis untuk hasil lebih baik. Pengaturan H1, H2, H3 tersebut ada di dashboard blog Anda ketika sedang menulis artikel.


Setelah semua sudah siap, maka sekarang waktunya bekerja.


2. Rutin menulis dan publikasikan artikel dengan terjadwal


Tulis setidaknya 2 artikel per hari. Lalu, publikasikan dengan penjadwalan. Di blog, baik itu wordpress, blogspot, maupun platform yang lainnya, akan disertai dengan fitur penjadwalan waktu publikasi artikel. Artikel Anda sebaiknya jangan terdeteksi plagiat. Anda bisa mengecek plagiarisme di artikel Anda lewat situs cek plagiarisme online yang gratis dan akurat.


Usahakan waktu penerbitan artikel terjadwal dengan baik. Misalnya, satu artikel terbit pada pukul 8 pagi, dan satu lagi pukul 8 malam. Atau, Anda bisa saja mengatur waktu sesuai keinginan Anda. Untuk hasil terbaik, satu artikel terbit di atas pukul 5 pagi, dan satu lagi terbit di atas pukul 5 sore.


Bagian ini memerlukan disiplin dan "etos kerja". Anda mesti meluangkan waktu untuk menulis artikel yang padat dan berisi, dengan panjang setidaknya 500 kata. Mungkin hal berbeda bila Anda memiliki budget berlebih, Anda bisa mengandalkan jasa penulis artikel, bila ada hari-hari yang Anda tidak sempat mengerjakan artikel Anda.


Cara yang bisa Anda gunakan adalah, ketika di hari yang cukup senggang di mana Anda bisa menulis setidaknya 5 - 8 artikel per hari. Maka, jadwalkan penerbitan artikel tersebut di hari-hari berikutnya. Sekarang, kita anggap Anda sudah selesai menulis sekitar 60 artikel yang dimaksud untuk proyek 30 hari meningkatkan trafik ke blog Anda. Namun, ternyata masih belum selesai sampai di situ. Mari masuk ke langkah berikutnya.


3. Sertakan minimal satu gambar dan atur "alt"


Setiap satu artikel, sematkan setidaknya satu atau dua gambar. Masing-masing gambar mesti di teks alternatif dan teks gambarnya. Misalnya, untuk di blogspot, Anda klik gambar yang sudah Anda muat atau unggah, lalu muncul jendela untuk edit gambar, lalu klik gambar gerigi di paling kanan. Selanjutnya, Anda akan masuk ke jendela pop up seperti di bawah ini. 


Cara Meningkatkan Dua Kali Lipat Pengunjung Blog dalam Waktu 1 Bulan untuk Pemula
Mengatur teks alternatif dan teks judul pada gambar

Nah, silahkan tulis teks alternatif yang mengandung kata kunci yang ditargetkan di artikel tersebut. 


Atur ukuran gambar ke "ukuran asli". Untuk hasil terbaik, gambar yang Anda sematkan berkuran 640x440px dan ukuran gambar tidak lebih dari 500kb. Ukuran yang lebih berat dari itu akan membuat loading blog Anda terasa sangat berat.


Seperti aturan pada artikel, juga berlaku pada gambar. Gambar tersebut, darimana pun Anda mengambilnya, sertakan sumbernya. Kecuali, Anda berlangganan penyedia gambar seperti Shutterstock, Pixabay, dan sebagainya. Hingga langkah ini, Anda sudah menyiapkan gambar untuk setiap artikel yang akan dimuat per hari. 


Tapi, yah ini bukan langkah terakhir yang mesti Anda lakukan untuk menyelesaikan proyek ini. Mari masuk ke langkah berikutnya.


4. Sematkan internal link


Bila tadi Anda menyebutkan sumber berupa link atau tautan, maka itu berarti "link keluar". Nah, berikutnya sematkan internal link, alias link ke dalam blog Anda sendiri. Berarti, ke-60 artikel tersebut akan saling memberikan sumber ke halaman lainnya yang berkaitan. Untuk simpelnya, tadi satu keyword menghasilkan 5 longtail keyword. Nah, lima longtail keyword menjadi 5 artikel, di mana kelimanya saling bertaut.


Tebalkan satu kata kunci yang berkait dengan artikel lainnya, lalu hyperlink ke alamat postingan lainnya. Begitu saja cara kerjanya, cukup simpel bukan? Setelah hal tersebut dilakukan, maka lanjutkan ke langkah terakhir.


5. Daftarkan blog dan artikel ke webmastertool


Agar blog Anda terindeks dengan teratur oleh Google, maka daftarkan blog Anda ke webmastertool. Tentunya, akun yang Anda gunakan menggunakan alamat email Gmail Anda. Terus lakukan optimasi, periksa bila ada link yang jelek, halaman yang terganggu, dan sebagainya. Hal itu diperlukan untuk menjaga blog Anda tetap bisa di-crawl oleh Google dan kata kunci yang Anda targetkan bisa menembus halaman satu Google.


6. Promosikan artikel atau blog


Anda bisa mencoba mempromosikan artikel Anda di media sosial, atau di sejumlah media yang bisa dilintaskan ke blog Anda, seperti Viva, Kompasiana, dan sebagainya. Percuma saja Anda menulis artikel yang tidak Anda promosikan. Siapa yang akan membacanya? Lakukan hal tersebut ke semua artikel yang Anda buat selama 30 hari misi menaikkan trafik blog ini.


Bagaimana hasilnya?


Sampai di sini, silahkan beristirahat dan tunggu bagaimana hasilnya. Bila Anda beruntung, maka jumlah trafik Anda akan meningkat bahkan lebih dari 2 kali lipat. Sedangkan, bila Anda tidak begitu beruntung, berarti peningkatan trafik Anda minimal 2 kali lipat. Apabila misi yang Anda lakukan berhasil, maka lanjutkan pola yang sama di bulan-bulan berikutnya agar trafik blog Anda tetap terjaga. 


Tapi, bagaimana bila gagal?


Ada dua kemungkinan, pertama kata kunci yang Anda targetkan sudah terlalu banyak pesaing hingga sulit menembus halaman satu Google. Kedua, Domain Authority dari blog Anda terlalu rendah di mata Google sehingga kalah dengan blog yang lain. 


Bila kemungkinan pertama, maka Anda bisa mencoba menargetkan kata kunci lain yang masih tidak begitu banyak kompetitor. Tapi, bila kemungkinan kedua, maka lakukan lagi hal yang sama di bulan berikutnya dengan disiplin, dan terus buat artikel yang berkualitas, enak dibaca, serta bermanfaat. 


Apabila Anda berhasil, maka dengan disiplin melakukan hal yang sama, Anda akan mendapatkan lebih banyak trafik ke blog Anda. Tentunya, hal itu akan berdampak positif pada penghasilan Anda seperti Google Adsense, atau alternatif Adsense yang Anda gunakan di blog Anda. Jadi, sudah siap dengan misi meningkatkan trafik blog Anda? Selamat mencoba tips dan saran dari PojokReview.


Jangan lupa kirimkan ke PojokReview (bisa lewat komentar, atau kotak surat kami), apabila Anda berhasil atau tidak menerapkan langkah-langkah ini. Jangan lupa, bila sudah banyak trafik, Anda bisa mempertimbangkan banyak hal yang bisa meningkatkan pendapatan Anda melalui blog, yang sudah ditulis tim PojokReview lewat kanal "Tips Blog"

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post