Wednesday, March 24, 2021

author photo
Belajar SEO untuk Pemula
Belajar SEO untuk Pemula 

pojokreview.com - Kalau Anda aktif menjadi blogger, pasti setidaknya pernah satu kali dalam hidup Anda mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization) alias optimasi mesin pencari. Teknik SEO ini digunakan oleh satu blog atau website agar bisa menang di persaingan kata kunci. Dengan kata lain, SEO ini menjadikan blog kita lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Bisa jadi Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. Tapi, bagaimana cara belajar SEO untuk pemula?


Kenapa harus SEO? Yah jawabannya, karena kita ingin tulisan kita ditemukan di mesin pencari. Kalau tidak ada yang menemukan, terus kenapa ditulis? Itulah kenapa sudah sangat jarang para master-master SEO di dunia maya yang membuat blog seperti buku diary. Padahal, awalnya tujuan blog adalah menjadi pengganti buku diary, loh!


Lantas bagaimana cara belajar SEO yang mudah untuk pemula? Pada dasarnya tidak ada yang mudah. Namun, setidaknya sebelum Anda beralih ke yang lebih tinggi, atau level advance, maka setidaknya Anda tahu dulu dasar-dasar SEO. Artikel tentang SEO itu sudah seabrek-abrek ada di dunia maya. Anda bisa menemukannya dengan sangat mudah. Cara paling mudah adalah mengetik kata kunci "belajar SEO" di mesin pencari.


Untuk yang paling dasar, coba kita ujicoba dengan masuk ke laman pencarian Google.



Kemudian kita ketik satu kata kunci. Anggap saja kita ketik kata kunci, "cara belajar SEO untuk pemula".



Lalu, kita klik situs yang ada di nomor 1, 2, dan 3 untuk sampel. Kebetulan untuk kata kunci Cara Belajar SEO untuk Pemula, yang berada di rangking teratas adalah "jagoanhosting.com". Kemudian di rangking kedua adalah "niagahoster.co.id". Kebetulan keduanya adalah penyedia jasa domain dan hosting. Sedangkan di nomor tiga ada Panduanim.com.


Sekarang coba lihat dari situs tersebut, berikut screenshoot dari laman yang berada di rangking satu.


Jagoan Hosting





Coba baca dulu artikel di situs yang berada di rangking satu tersebut. Kemudian, baca juga artikel yang ada di situs Niagahoster dan juga Panduanim.


Apa kesamaan dari tiga situs tersebut?


Kata kunci "Belajar SEO untuk Pemula" itu ada di judul


Coba lihat judul mereka:


  • Jagoanhosting: 7 Cara Cepat Belajar SEO untuk Pemula
  • Niagahoster: Belajar SEO Terbaru untuk Pemula (Update 2021)
  • Panduanim: Belajar SEO: Panduan untuk Pemula dalam Memahami dan Menerapkan SEO


Dengan kata lain, bila Anda menginginkan satu kata kunci tertentu, pastikan kata kunci yang Anda inginkan ada di judul artikel Anda. Bagaimana mungkin Anda bisa mengeker kata kunci "Jualan Baju Bayi", bila judul artikelnya: "Fulan, Anakku yang Cantik dengan Bakat Modelingnya" padahal yang ingin diceritakan adalah baju bayi yang digunakannya dan ingin dijual.


Kata Kunci "Belajar SEO Pemula" ada di link-nya


Coba lihat link mereka: 



Apa yang sama dari link mereka itu? Yah, ada "SEO" di sana. Jagoanhosting memiliki kata kunci yang lengkap, yakni Belajar-SEO-Pemula di link-nya. Itu mungkin yang menyebabkan laman tersebut berada di pencarian teratas. Berikutnya, Niagahoster menyematkan Belajar-SEO di linknya, sedangkan Panduanim menyematkan "SEO" di linknya.


Lihat Kata Kunci Disebutkan di Paragraf Awal-awal


Coba lihat paragraf awal-awal dari artikel mereka.


  1. Jagoan Hosting: Mau Belajar SEO? Tapi masih belum tahu bagaimana cara cepat untuk memahami Teknik SEO Pemula? Tenang! Disini kamu akan belajar bagaimana cara cepat untuk menguasai Teknik Optimasi Search Engine.
  2. Niagahoster: Tidak ada kata berhenti untuk belajar SEO. Mengingat algoritma Google yang selalu berubah, strategi SEO pun harus selalu diperbarui. Jika tidak, sulit untuk bersaing di halaman pencarian.
  3. Panduanim: Apakah anda memiliki website dan membutuhkan banyak pengunjung dalam jangka panjang? Kalau iya, anda wajib tahu dasar SEO. SEO adalah teknik yang harus anda kuasai (dan aplikasikan) sebagai pemilik website untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Tapi pemula biasanya takut dengan SEO.


Lihat bagaimana kata kunci "Belajar SEO untuk Pemula" bisa disematkannya di dalam artikel tersebut? Selain itu, coba baca full artikelnya, seberapa banyak Anda akan menemukan kata kunci tersebut diulang (secara natural) dan tidak tampak "dipaksakan" berulang?


Yah, kata kunci "belajar SEO untuk pemula" disematkan alami di dalam artikel tersebut. 


Jadi, dari pembelajaran dengan metode pengamatan ini apa yang bisa kita simpulkan?


  • Sematkan kata kunci yang dikeker di judul dengan variasi yang baik
  • Kata kunci usahakan tetap berada di link
  • Kata kunci ditanamkan secara natural di dalam artikel.


Tapi, sepertinya belum cukup. Coba lihat sekali lagi, apalagi yang sama dari tiga artikel sampel di atas?


  1. Artikel di Jagoanhosting terdiri dari 600 kata, dengan tulisan yang rapi dan minim typo. Juga ada judul 2 (H2), judul 3 (H3) serta daftar (list) dan sebagainya.
  2. Artikel di Niagahoster juga terdiri dari (lebih) 600 kata, dan tulisannya juga rapi dan minim typo.
  3. Artikel di Panduanim terdiri dari (sepertinya) lebih dari 1000 kata lengkap dengan ilustrasi dan hal lainnya. 


Apa artinya? Yah, artikel harus berisi, punya banyak data, dan padat. Selain itu, silahkan cek "plagiarisme" dari artikel di atas. Hasilnya 0! Itu berarti, para penulis tidak copas dari blogger atau penulis lainnya.


Jadi, syarat tambahan yang harus dipenuhi.


  • Artikel harus menarik dan original
  • Artikel setidaknya lebih dari 600 kata


Apa sudah cukup sampai di situ? Belum. Lihat lagi, bahwa artikel tersebut rata-rata menyematkan gambar sebagai ilustrasi pendukung. Dan gambarnya juga diberi "judul" dan judulnya adalah, yah lagi-lagi "kata kunci".


Maka setidaknya, dengan metode pengamatan di atas, kita sudah tahu apa saja dasar SEO yang harus dipelajari untuk pemula, bukan?


Nah, setidaknya untuk di awal-awal, coba dulu lakukan hal di atas. Apabila sudah terbiasa dan menjadi rule menulis di blog, maka coba mulai pelajari lagi SEO yang lainnya untuk meningkatkan kesempatan blog Anda di muncul mata mesin pencari.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post