close

Thursday, August 17, 2023

author photo
Bagaimana Cara Mengukur Ukuran Sepatu Dr Kevin?


Pojok Review - Saat membeli sepatu secara offline, tentunya Anda bisa langsung mencoba sepatu yang dimaksud di kaki Anda. Dengan demikian, Anda bisa memilih sepatu yang paling tepat ukurannya, serta nyaman digunakan.


Tapi, bagaimana bila membeli secara online? Tentunya, Anda sudah terbiasa memilih ukuran sepatu Anda dengan tepat, bukan?


Setiap brand sepatu memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran sepatu ditentukan dengan penomoran sesuai dengan standar dari sepatu yang digunakan. 


Standar Ukuran Sepatu Dunia


Untuk standar Eropa menggunakan sistem pengukuran Prancis yang biasanya dimulai dari angka 35 sampai yang paling besar 48,5. Meski demikian, Inggris memiliki standar penomoran yang berbeda. Di Inggris, ukuran dimulai dari nomor 3 sampai yang paling besar 13,5.


Perbedaan mencolok ditemukan di Jepang, di mana penomoran sepatu dimulai dari 21 hingga paling besar 31,5. Ukuran lain yang digunakan adalah sentimeter atau mondopoin yang dimulai dari 22,8 sampai paling tinggi 29,2. 


Ada juga yang menggunakan ukuran Inci, yang dimulai dari 9 sampai paling besar 11,5. Meksiko memiliki standar ukuran sendiri yang cukup unik yakni dimulai dari 0 sampai paling besar 12,5.


Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.


Ukuran sepatu Dr Kevin



Menentukan Ukuran Sepatu 


Cara menentukan ukuran sepatu Anda adalah dengan mengukur ujung kaki paling depan atau di depan jempol, sampai ke tumit paling belakang.


Caranya, letakkan kaki Anda di atas kertas. Kemudian buat garis dari titik paling depan kaki Anda (depan jempol) sampai ke paling belakang (belakang tumit). Baru kemudian, ukur jarak antara garis ke garis tersebut menggunakan penggaris.


Ukuran sepatu Dr Kevin

Maka Anda akan mendapatkan ukuran insole (sol dalam) dari sepatu Anda. Perlu diingat bahwa ukuran ini adalah ukuran sol dalam, bukan ukuran sol luar. Perhatikan dengan seksama petunjuk dari sepatu tersebut, apakah ukuran yang disebutkannya adalah ukuran sol dalam atau sol luar.


Ukuran Sepatu Dr Kevin


Untuk ukuran sepatu Dr Kevin, standar ukurannya menggunakan sistem Eropa. Dengan demikian, penomorannya dimulai dari 35 sampai 48. Namun, khusus untuk Indonesia, ukuran sepatu Dr Kevin laki-laki dimulai dari 36 sampai 43.


(Tentang brand Dr Kevin dan review penggunaannya bisa Anda baca di artikel berjudul: Apakah Brand Dr Kevin Bagus? Ini Review Pemakaian Sneakers Dr Kevin)


  1. Nomor sepatu 36 berarti ukuran insole kaki Anda mulai dari 21,35 cm hingga 22,02 cm. 
  2. Nomor sepatu 37, berarti ukuran dalam centimeter adalah 22,02 hingga 22,69 cm. 
  3. Nomor sepatu 38, ukuran 22,69 cm hingga 23,36 cm.
  4. Nomor sepatu 39, ukuran 23,36 hingga 24,03 cm.
  5. Nomor sepatu 40, ukuran 24,03 hingga 24,70 cm.
  6. Nomor sepatu 41, ukurannya 24,70 cm hingga 25,37 cm.
  7. Nomor sepatu 42, ukurannya 25,37 cm hingga 26,04 cm.
  8. Nomor sepatu 43, yang merupakan ukuran paling besar yang biasa ditemukan untuk ukuran sepatu Dr Kevin, ukurannya 26,04 cm hingga 26,71 cm.


Tips Pengukuran Sepatu


Untuk hasil yang lebih akurat, biasanya ketebalan sole luar adalah 10 - 20 mm. Ada yang lebih tipis dari itu, tapi juga ada yang lebih tebal, meski tidak begitu banyak.


Jadi, bila Anda mengukur kaki Anda, dan menemukan sepatu yang akan Anda beli ternyata ukurannya adalah ukuran sol luar, maka tambahkan ukuran kaki Anda dengan 20 mm.


Misalnya, setelah Anda ukur kaki Anda ternyata ukurannya 25,30 cm. Seharusnya, ukuran tersebut berarti nomor sepatunya 41.


Namun, karena nomor sepatu yang dimaksud adalah ukuran sol luar, maka Anda perlu menambahkan lagi 20 mm di ukuran sepatu Anda. Dengan demikian, ukuran tadi 25,30 cm ditambah dengan 20 mm menjadi 25,50 cm. Itu berarti, ukuran yang nyaman untuk kaki Anda adalah nomor 42.


Tips yang kedua, biasakan mengukur di malam atau sore hari. Saat itu, Anda sudah banyak berjalan dan beraktivitas. Kaki Anda ada kemungkinan "mengembang" ketimbang ukuran di pagi hari. Bisa jadi ada selisih hingga 5 mm ketimbang ukuran di pagi hari.


Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengetahui ukuran sepatu Dr Kevin. Simak artikel yang memuat rekomendasi sepatu Dr Kevin terbaik untuk Anda di pranala berikut: rekomendasi sepatu Dr Kevin.

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post