close

Tuesday, March 12, 2024

author photo
Usia anak belajar puasa
Usia berapa anak sebaiknya belajar puasa?


Pojok Review - Bulan Ramadhan telah tiba, tentunya sudah waktunya untuk beribadah puasa. Orang tua juga ingin anaknya mulai belajar berpuasa.


Namun, ada yang harus diperhatikan untuk anak agar bisa berpuasa tanpa mengganggu perkembangan dan tumbuh kembangnya. Pertumbuhan yang dimaksud tidak hanya tubuh bagian luar, tapi juga organ dalam, termasuk di dalamnya otak.


Anak sebaiknya mulai "belajar" berpuasa itu di atas usia 9 tahun. Tapi, masih ada syarat yang harus dipenuhi anak sebelum ia mulai berpuasa penuh. Hal itu dikatakan oleh ahli endokrinologi yang juga dokter spesialis anak, Prof. Dr. dr. Aman Pulungan, Sp.A(K)FAAP.


Usia tersebut terkait dengan metabolisme tubuh anak. Metabolisme tubuh anak akan mulai berangsur normal seperti tubuh manusia dewasa ketika telah melewati masa pubertas. Karakteristik metabolik seorang manusia didorong oleh munculnya senyawa perfluorinasi dan fenotip klinis, seperti diungkap dalam penelitian Jinxia Wu dkk dari universitas Xiamen, Fujian, China pada tahun 2023. Senyawa tersebut yang memengaruhi pubertas pada seorang anak. Karena itu, pubertas seorang anak menandai mulai normalnya metabolisme tubuhnya.


Metabolisme adalah proses di dalam tubuh di mana ada pembakaran kalori dan jaringan lemak agar aktivitas sehari-hari menjadi lancar. Di awal-awal, anak-anak harus tetap terpenuhi cairan tubuhnya, serta konsumsi makanan sehat, agar metabolisme tubuh bisa berjalan lancar.


Gangguan metabolisme bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu menguah karbohidrat galaktosa menjadi glukosa. Juga tidak mampu mengubah asam amino fenilalanin menjadi tirosin. Paling parahnya, tidak bisa mengubah/memecah fruktosa di dalam tubuh. Hasilnya adalah, anak sangat berisiko terkena diabetes di usia muda.


Jadi, pastikan anak Anda sudah mengalami pubertas (kurang lebih di usia 9 tahun) untuk mulai belajar berpuasa. Itupun asalkan memenuhi syarat-syarat tertentu.


  • Syarat pertama, anak tidak dalam keadaan stunting, atau kekurangan gizi. 
  • Syarat kedua, anak memiliki berat badan yang ideal (tidak terlalu kurus).
  • Syarat ketiga, pertumbuhan anak berjalan dengan baik.


Apabila anak Anda memenuhi ketiga syarat tersebut dan usianya sudah 9 tahun ke atas (kira-kira kelas 3 SD), serta telah melewati pubertas, maka anak Anda sudah memenuhi syarat untuk "belajar puasa". Itupun berarti masih jangan terlalu penuh, misalnya mereka akan pecah puasa pada pukul 2 siang di hari ini, puasa penuh di keesokan harinya.


Demikian penjelasan tentang berapa usia anak sebaiknya mulai berpuasa. Selamat berpuasa bagi umat Islam yang menjalankannya. 

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post