Review Game Rebel Inc: Game untuk Jenius Belajar Jadi Pemimpin di Negara Penuh Konflik


PojokReview - Permainan bertajuk Rebel Inc: Escalation merupakan salah satu permainan yang dikeluarkan oleh studio game Ndemic Creations asal Inggris. Awalnya, studio game satu ini menjadi populer karena meluncurkan permainan bertajuk Plague Inc: Evolved yang membuat pemain bisa "menyebarkan" pandemi penyakit mematikan. Selanjutnya, game pertama tersebut mendapatkan perhatian dari kalangan kritikus, bahkan pecinta game dengan lebih dari 85 juta kali unduhan di PlayStore maupun di AppStore. Apalagi ketika pandemi Covid-19 di akhir tahun 2019 hingga saat ini, maka game tersebut mendapat perhatian yang lebih banyak lagi.

Tidak lama kemudian, studio game satu ini mengeluarkan game baru bertajuk Rebel Inc: Escalation. Permainan ini membuat Anda menjadi seorang gubernur atau pemimpin suatu daerah yang dipenuhi para pemberontak. 

Nah, tugas Anda jadi lebih berat karena untuk menstabilkan daerah tersebut, Anda mesti melakukan pembangunan, mulai dari infrastruktur,  ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan terpenting adalah kekuatan militer untuk mengalahkan para pemberontak. Lebih sulit lagi, Anda juga harus menjaga inflasi tetap rendah agar bisa melakukan pembangunan dengan biaya yang standar. Setiap proyek pembangunan bertambah, maka level korupsi juga akan bertambah. Jadi, jauh lebih kompleks dan rumit bukan? Itulah kenapa level yang paling sulit di game ini disebut "only for genius..."

Level terdiri dari tiga, yakni biasa (casual), sedang (normal) dan sulit (brutal). Bila Anda sudah terbiasa dengan level brutal, ada satu level lagi yakni "mega brutal" yang tingkat kesulitannya sangat tinggi. Disarankan untuk bermain di level kasual terlebih dulu agar Anda dapat mempelajari seluk beluk serta kesulitan di setiap daerah.

Dalam artikel ini akan dibahas berbagai tips umum untuk menyelesaikan level di Rebel Inc: Escalation. Sebelumnya, Anda bisa mengunduh game ini secara gratis di PlayStore dan melanjutkan berbayar untuk mendapatkan versi premiumnya. Terbaru, game ini juga sudah hadir untuk versi PC dan laptopnya. Tentunya lebih menarik untuk dimainkan.

Anda mendapatkan 7 jenis pemimpin untuk memulai permainan. Sayangnya, ketika pertama memainkan Anda hanya ada satu pilihan yakni Civil Servant alias Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bila Anda memenangkan permainan terutama di level normal, maka Anda akan membuka kunci untuk menggunakan jenis gubernur lainnya serta beberapa daerah yang sebelumnya masih terkunci.

Gubernur dan Daerah


Selain Civil Servant alias PNS tadi, ada enam tipe gubernur lainnya yang bisa Anda pilih.


  1. Pakar Ekonomi: Perbedaan utamanya adalah gajian per tahun sekitar 30-35$, sedangkan gubernur lainnya per bulan. Beberapa kelebihan lainnya adalah ekonom memiliki kemampuan untuk menekan inflasi serendah mungkin. Tapi, karena gajiannya per tahun, maka usahakan Anda tetap menyimpan uang setidaknya sekitar 10-15$ di kas.
  2. Jenderal: Perbedaan jenderal dari gubernur lainnya adalah kekuatannya di lini militer. Namun, biaya sipil cukup meningkat. Tapi, bila pada gubernur lainnya pembangunan segi militer akan terkunci sampai tahun kedua, maka jenderal sudah bisa memulainya sejak tahun pertama (tanpa terkunci) juga sudah mendapatkan bonus garison (pangkalan militer) secara gratis.
  3. Bankir: Kekurangannya, bankir mendapatkan modal awal jauh lebih rendah ketimbang gubernur lainnya, termasuk Civil Servant. Tapi, "gajian" per bulannya paling tinggi. Bankir bisa mengumpulkan uang dalam waktu cepat, bahkan bisa mencetak uang. Namun, hati-hati dengan inflasi.
  4. "Mantan" Penyeludup: Karena berasal dari dunia "hitam", maka mantan penyelundup sudah terbiasa dengan suasana "chaos". Penyelundup punya berbagai cara untuk menyelamatkan stabilitas daerah, seperti menjual senjata, menekan pers, menaikkan pajak dan sebagainya yang bisa dikatakan "cara nakal" dan tidak bisa dilakukan gubernur lain. Hati-hati dengan korupsi ketika menggunakan gubernur satu ini.
  5. Warlord (Dewa Perang): Dari namanya, dewa perang sudah terbiasa dengan perang. Bila Anda membangun tentara nasional dalam waktu yang lama (sekitar 30 bulan) dengan gubernur lainnya, maka tidak dengan dewa perang. Ia bisa membangun tentara nasional dengan sangat cepat. Lebih hebat lagi, biaya tentara nasional sangat murah. Tapi kekurangannya adalah, tentara nasional selalu minta kenaikan gaji setiap saat.
  6. Komandan Tank: Nyaris sama seperti jenderal. Tapi, komandan tank akan menjadikan Anda memiliki tank di setiap daerah yang Anda pilih. Kelebihannya juga bisa meningkatkan kemampuan tentara menggunakan kendaraan perang untuk menghancurkan pemberontak.

Itu tadi para gubernur yang bisa Anda pilih. Di tahun pertama para pemberontak belum muncul. Para pemberontak baru akan memulai kekacauan di daerah-daerah yang belum stabil pada akhir tahun kedua. Jadi, sebelum itu sebiasanya sudah membangun tentara Anda. Di militer, ada biaya untuk tentara koalisi, setidaknya siapkan dua tentara koalisi untuk menanggulangi gelombang pertama pemberontakan.

Sedangkan daerah-daerah yang ada antara lain:   


  1. Saffron Fields: Ini adalah tanah yang begitu lapang dengan beberapa perkotaan yang harus dijaga. Sisanya, adalah pegunungan dan daerah gurun yang kerap kali menjadi markas para pemberontak. Ada sebuah kota di sudut kanan peta yang paling riskan menjadi bulan-bulanan para pemberontak. Akan sangat pas bila Anda membangun "ibukota" di bagian tengah dan menyiapkan militer untuk menjaga kota-kota (khususnya di sudut kanan peta) dari serbuan pemberontak.
  2. Mountain Pass: Ada dua buah kota besar, satu di puncak gunung, dan satu di lembah. Sangat sulit untuk menjaga keduanya berbarengan. Wilayah yang penuh perbukitan tentunya akan menyulitkan tentara mengejar para pemberontak. Akan sangat pas bila Anda membangun ibukota justru di pertengahan agar mampu mengontrol dua kota besar itu dalam waktu bersamaan.
  3. Southern Dessert: Yah seperti namanya, kebanyakan wilayah adalah gurun dan sebagian lainnya adalah wilayah sungai Akan sangat baik bila Anda membangun wilayah di dekat sungai dan terus memantau kota-kota besar agar bisa terlindungi dari serangan pemberontak.
  4. Pistachio Forest: Ini cukup sulit, karena sebagian besar dari wilayah ini adalah hutan. Ada beberapa kota yang terpisahkan oleh hutan dan sungai. Posisi terbaik adalah di tengah-tengah agar mampu menjaga kedua sisi lainnya dan menekan pemberontak berlari ke hutan-hutan.
  5. Distant Steppe: Ada sebuah kota paling besar yang mesti dijaga sebisa mungkin. Nah, kota tersebut bisa Anda jadikan ibukota sambil tetap membangun pangkalan militer serta menyebarkan tentara di berbagai kota lainnya.
  6. Black Caves: Kesulitan daerah ini adalah adanya "caves" alias goa yang kerap jadi tempat persembunyian para pemberontak. Ketika sedang tidak siap, mereka keluar lagi dan menyerang perkotaan. Akan sangat baik bila secepatnya membeli kemampuan "penyerangan goa" untuk tentara Anda.
  7. Azzura Dam: Ada dua misi penting, yakni memastikan pembangunan dam tetap selesai yang berarti Anda mesti menjaga material yang diantar dari luar daerah bisa sampai ke dam. Sedangkan yang kedua, Anda juga mesti menjaga stabilitas daerah seperti daerah lainnya. Nah, pastikan keamanan dam serta jalur pengantaran material tetap terjamin selama bertarung dengan para pemberontak.

Cara Bermain Rebel Inc: Escalation


Ada 4 tab dan jenis pembangunan yang bisa dilakukan (dengan cara klik kas uang atau "operation) antara lain:

  1. Overview: Bagian ini digunakan untuk melihat satu kota yang kita bangun. Ada tangkapan kamera bagaimana keadaan kota saat ini.
  2. Civilian: Bagian ini berisikan pembangunan untuk rakyat. Mulai dari pembangunan sosial (seperti air, sanitasi, pendidikan, dan kesehatan). Juga ada insfrastruktur (jalan, telepon dan listrik) serta ada penyediaan lapangan pekerjaan (mulai dari permodalan, pelatihan ternak, tani dan sebagainya). Anda bisa melihat setiap daerah dan mendapatkan informasi apa yang paling diinginkan warga di setiap kota. Ingat, setiap pembelian satu proyek, maka korupsi dan inflasi akan meningkat.
  3. Goverment: Di bagian ini ada media/pers, pembangunan intel setiap daerah, polisi, antikorupsi dan berbagai hal lainnya yang bisa diambil untuk menstabilkan daerah.
  4. Military: Ini bagian pembangunan militer. Anda bisa membangun tentara koalisi (yang jangka waktunya lebih pendek, tapi lebih cepat dibangun) serta tentara nasional (yang jangka waktunya selamanya, tapi lebih lama dibangun). Tentara nasional awalnya memang lebih lemah, tapi ada peningkatan senjata, dan sebagainya yang bisa membuatnya lebih kuat. Juga ada dukungan dari drone (untuk mempermudah mempelajari wilayah dan menangkap lokasi markas musuh) serta pesawat tempur (yang akan membombardir markas musuh).

Di awal-awal akan sangat baik bila Anda membangun "civilian" terlebih dulu sampai support level Anda cukup tinggi untuk menstabilkan satu per satu kota di daerah Anda.

Nah, apakah Anda sering tersangkut di level brutal game Rebel Inc? Bisa dikatakan level brutal sangat penting diselesaikan agar bisa membuka gubernur "Komandan Tank" serta membuka lain-lainnya. Nah, untuk tips dan saran memenangkan game Rebel Inc di level "brutal", Anda bisa membacanya di PojokReview pada postingan berikutnya. Bila ada tips, saran atau pertanyaan terkait cara bermain game ini, bisa ditanyakan di kolom komentar.

No comments:

Powered by Blogger.